Kumpulan Artikel: Ibnu Qayyim

  • Sikap Rasulullah SAW dalam Mempergauli Istri Menurut Ibnu Qayyim
    Tausyiah
    Senin, 25 Maret 2024 - 11:47 WIB
    Bahkan pernah ketika Aisyah sedang haidh, beliau menyuruhnya memakai sarung, lalu beliau memeluknya. Bahkan, pernah juga menciumnya, padahal beliau sedang berpuasa.
  • Puasa Itu Adalah untuk Allah, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 25 Maret 2024 - 02:01 WIB
    Semua amal seorang anak Adam (manusia adalah untuk dirinya kecuali puasa, sebab puasa itu adalah untuk-Ku, dan Aku-lah yang akan memberinya pahala.
  • Imam Ibnul Qayyim : Salat sebagai Alat Uji dan Timbangan Iman Seseorang
    Tausyiah
    Rabu, 28 Februari 2024 - 10:22 WIB
    Sesungguhnya salat merupakan alat uji keadaan (seseorang) dan timbangan iman. Dengan itu, keimanan seorang hamba ditimbang. Keadaan, kedudukan dan tingkat kedekatannya kepada Allah subahanhu wa taala dan bagian baik terwujudkan.
  • Amalan agar Diselamatkan dari Siksa Kubur
    Tips
    Jum'at, 05 Januari 2024 - 13:20 WIB
    Ada amalan penting bermanfaat yang dapat menghindarkan manusia dari siksa kubur. Amalan apa saja? Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah mengungkapkan beberapa hal yang dapat menyelamatkan dari siksa kubur.
  • 10 Nasihat Penting Ibnu Qayyim Tentang Hal yang Sia-sia, Nomor Terakhir Berharap kepada Manusia
    Tausyiah
    Kamis, 16 November 2023 - 10:30 WIB
    Ibnu Qayyim Al Jauziah atau Muhammad bin Abi Bakr, bin Ayyub bin Sad Al Zari, Al Dimashqi bergelar Abu Abdullah Syamsuddin, memberi nasihat penting akan perkara sia-sia yabg sering dilakukan manusia.
  • Pengin Hati Kita Sehat? Kenali Ciri-cirinya!
    Hikmah
    Sabtu, 23 September 2023 - 05:15 WIB
    Sangat penting bagi setiap muslim mengenali ciri-ciri hati kita sendiri. Termasuk hati sehatkah? Atau sebaliknya hati yang keras atau bahkan termasuk golongan hati yang mati.
  • Allah Itu Indah dan Mencintai Keindahan, Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Mungkin ada sebagian manusia yang mengira bahwa mencintai keindahan itu bisa mengurangi keimanan atau memasukkan seseorang ke lingkup kelalaian dan kesombongan.
  • Inilah 10 Ciri Hati yang Sehat, Nomor Terakhir Selalu Ingin Memperbaiki Amal
    Hikmah
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 20:15 WIB
    Manusia seringkali melalaikan tentang perkara hati. Padahal hati adalah penentu baik buruknya perilaku mereka.Jika hatinya lurus (sehat), maka perilakunya juga baik, begitu juga sebaliknya.
  • Bagaimana Ciri-ciri Hati yang Sehat dalam Islam? Begini Penjelasan Ulama
    Tausyiah
    Kamis, 25 Mei 2023 - 10:54 WIB
    Manusia seringkali melalaikan tentang perkara hati. Padahal hatiadalah penentu baik buruknya perilaku mereka.Jika hatinya lurus (sehat), maka perilakunya juga baik, begitu juga sebaliknya.
  • Pendapat Ibnu Qayyim tentang Penetapan Takdir Sebelum Bumi Diciptakan
    Tausyiah
    Selasa, 13 Desember 2022 - 16:04 WIB
    Salah satu prinsip dasar keimanan dari agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam adalah beriman kepada al-qadar atau mempercayai takdir Allah Subhanahu wa Taala.
  • Polemik Salafi: Benarkah Tidak Cocok dengan Tradisi Islam Indonesia?
    Dunia Islam
    Selasa, 01 November 2022 - 13:27 WIB
    Prof Mahfud MD menilai paham Wahabi dan Salafi tak cocok dengan tradisi Islam yang ada di Indonesia. Benarkah? Lalu apa sejatinya Salafi itu? Berikut penjelasan al-Qardhawi.
  • 3 Tujuan Utama Suami Istri Bersetubuh Menurut Ibnu Qayyim
    Tausyiah
    Minggu, 25 September 2022 - 14:09 WIB
    Ibnul Qayyim dalam kitabnya Zaadul Maaad Fie Haadii Khainrul Ibaad, mengenai sunnah Nabi SAW dan keterangannya dalam cara bersetubuh mengatakan setidaknya ada 3 tujuan utama dari jimak (bersetubuh).
  • 3 Kisah Mimpi yang Berbekas Dalam Kehidupan Selanjutnya
    Hikmah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 14:23 WIB
    Nafi. Dia seorang qari mengaku pernah bermimpi bertemu Nabi SAW, dan beliau membacakan ayat Al-Quran di mulutnya. Semenjak saat itu tercium bau ini di mulutnya.
  • Hari Kiamat: Ketika Roh-Roh Manusia Keluar dari Sangkakala Seperti Semut
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Juli 2022 - 16:03 WIB
    Roh-roh itu keluar dari sangkakala seperti semut yang memenuhi antara langit dan bumi. Maka setiap roh menemui jasadnya. Allah memerintahkan bumi hingga ia terbelah untuk mereka.
  • Begini Hukum Taubat Koruptor Setelah Dia Pensiun
    Tausyiah
    Rabu, 25 Mei 2022 - 16:46 WIB
    Apa hukum orang yang berbuat maksiat, jika saat bertaubat ia sudah tidak dapat lagi melakukan kemaksiatan yang ia taubatkan itu, seperti taubatnya koruptor setelah ia pensiun.
  • Ketika Hidup Mengalami Takdir Buruk, Begini 6 Pandangan Imam Ibnul Qayyim
    Tips
    Rabu, 02 Februari 2022 - 20:47 WIB
    Allah taala telah menetapkan takdir manusia di dunia, ada takdir yang baik dan takdir yang buruk.Lantas bagaimana sikap seorang muslim terhadap ketentuan takdir ini, terutama jika harus mengalami takdir yang buruk?
  • Inilah Terapi Penyakit Dimabuk Cinta
    Muslimah
    Selasa, 14 Desember 2021 - 08:21 WIB
    Ibnu Qayyim mengatakan penyakit al-isyq (penyakit cinta) akan menimpa orang-orang yang hatinya kosong dari rasa mahabbah (cinta) kepada Allah, selalu berpaling dariNya dan dipenuhi kecintaan kepada selainNya.
  • 10 Tanda Hati yang Sehat Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah
    Tips
    Rabu, 10 November 2021 - 08:02 WIB
    Manusia seringkali melalaikan tentang perkara hati. Padahal hatiadalah penentu baik buruknya perilaku mereka.Jika hatinya lurus (sehat), maka perilakunya juga baik, begitu juga sebaliknya.
  • 10 Nasehat Emas Ibnu Qayyim Tentang Perkara yang Sia-sia
    Tips
    Rabu, 03 November 2021 - 19:12 WIB
    Ada banyak sekali nasihat-nasihat dari imam Ibnu Qayyim itu yang sangat populer. Salah satu nasehatnya adalah tentang Perkara sia-sia yang paling besar dan pokok di antara hal-hal tersebut ialah menyia-nyiakan waktu dan menyia-nyiakan hati
  • 10 Sebab Sihir dan Pandangan Mata Jahat Tertolak Menurut Ibnul Qayyim
    Tips
    Jum'at, 22 Oktober 2021 - 14:00 WIB
    Sesungguhnya termasuk penyakit yang membinasakan dan keburukan yang sangat besar yang ada pada diri manusia adalah sebuah derita yang disebabkan oleh sihir, pandangan mata yang jahat dan dengki.