Topik Terkait: Khalifah Utsman Bin Affan

  • Kisah Teladan Utsman bin Affan, Khalifah Ketiga Khulafaur Rasyidin
    Hikmah
    Jum'at, 08 September 2023 - 20:59 WIB
    Utsman bin Affan radhiyallahu anhu adalah sahabat Nabi yang juga khalifah ketiga dalam Khulafaur Rasyidin. beliau diangkat sebagai khalifah ketiga menggantikan Umar bin Khattab.
  • 8 Keutamaan Utsman bin Affan, Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga
    Hikmah
    Rabu, 31 Mei 2023 - 15:40 WIB
    Sayyidina Utsman bin Affan radhiyallahu anhu termasuk salah satu di antara sahabat Nabi yang dijamin masuk surga sebagaimana sabda Rasululullah SAW. Berikut 8 keutamaannya.
  • Bernarkah Khalifah Utsman bin Affan Dikorbankan Bani Umayyah?
    Hikmah
    Kamis, 07 Januari 2021 - 13:57 WIB
    Banyak para sahabat Rasulullah yang heran menyaksikan tindakan-tindakan Khalifah Utsman r.a. Sebab mereka tahu, ia terkenal sebagai seorang sahabat terdekat Nabi Muhammad.
  • Kisah Khalifah Utsman Menghentikan Pengusutan Kasus Terbunuhnya Umar bin Khattab
    Hikmah
    Selasa, 26 Desember 2023 - 14:33 WIB
    Khalifah Utsman bin Affan memutuskan tidak memperpanjang pengusutan kasus pembunuhan Umar bin Khattab oleh Abu Luluah dengan dalih pembunuhnya sudah mati bunuh diri.
  • Kisah Kekalahan Ali bin Abi Thalib dari Utsman bin Affan dalam Pemilihan Khalifah
    Hikmah
    Minggu, 24 Desember 2023 - 05:49 WIB
    Sumber kedua mengatakan bahwa setelah Abdur-Rahman membaiat Utsman, Ali berkata kepadanya: Anda merangkak untuk selamanya. Ini bukan yang pertama kali Anda memperlihatkan kekuatan Anda kepada kami.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Kisah Utsman bin Affan Didoakan Rasulullah SAW karena Kedermawanannya
    Hikmah
    Senin, 05 Juni 2023 - 22:31 WIB
    Kisah Utsman bin Affan radhiyallahu anhu didoakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam (SAW) salah satu kisah penuh ibrah. Nabi mendoakan Utsman karena kedermawanannya.
  • Biografi Utsman bin Affan, Khalifah Ketiga Pemilik Dua Cahaya
    Hikmah
    Rabu, 16 Oktober 2019 - 13:23 WIB
    Setelah Abu Bakar RA wafat, kekhalifahan Islam dipegang oleh sahabat Nabi bernama Utsman bin Affan. Beliau merupakan Khulafaur Rasyidin dengan masa kekuasaan terlama (644-656).
  • Keluhan Khalifah Utsman bin Affan dan Kritik Pedas Ali bin Abu Thalib
    Hikmah
    Senin, 18 Oktober 2021 - 20:38 WIB
    Gerakan oposisi yang masif membuat Khalifah Utsman bin Affan patah arang. Ia mengeluh, dan berkata: Aku rendahkan bahuku dan aku tahan tangan dan lidahku dari menyakiti kalian, tapi kalian jadi berani dan bersikap lancang kepadaku!
  • Begini Sidang Majelis Syuro Saat Menetapkan Utsman bin Affan Menjadi Khalifah
    Hikmah
    Jum'at, 18 Desember 2020 - 20:12 WIB
    Sesuai dengan wasiat Khalifah Umar r.a. maka 50 orang Anshar lengkap dengan pedangnya rnasing-masing, ditugaskan menjaga pintu-pintu rumah. Kepada 6 orang itu dipersilakan berunding.
  • 3 Karomah Utsman Bin Affan, Sahabat Berjuluk Dzun Nurain
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 21:21 WIB
    Utsman bin Affan selain dikenal karena kedermawanannya, beliau adalah orang yang berjasa dalam merangkum Al-Quran menjadi mushaf yang kita baca saat ini. Berikut tiga karomah beliau.
  • Dahsyatnya Sedekah Utsman, Beli Sumur Yahudi Hingga Bantu Pasukan Muslim Rp120 Miliar Lebih
    Hikmah
    Sabtu, 03 Juni 2023 - 11:25 WIB
    Dahsyatnya sedekah Utsman bin Affan radhiyallahu anhu. Ketika kaum muslim mengalami kesulitan, beliau tampil terdepan mengorbankan harta kekayaannya.
  • Tragis, Abu Dzar Al-Ghifari Dibuang Khalifah Utsman karena Anti-KKN
    Hikmah
    Jum'at, 08 Januari 2021 - 17:28 WIB
    Abu Dzar dikucilkan dalam pembuangan di Rabadzah. Tak boleh ada seorang pun mengajaknya berbicara dan mengucapkan selamat jalan atau mengantarkannya dalam perjalanan.
  • Rasulullah Sudah Peringatkan Utsman bin Affan Akan Terbunuh karena Fitnah
    Hikmah
    Selasa, 17 November 2020 - 10:18 WIB
    Rasulullah SAW telah mengabarkan kepada Utsman bin Affan dan maupun kepada para sahabat secara berulang-ulang bahwa akan terjadi fitnah yang bakal menimpa Utsman.
  • Kisah Utsman bin Affan Menangis karena Kuburan, Ini Nasihatnya
    Hikmah
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Biasanya orang menangis dan ketakutan apabila mendengar cerita tentang neraka dan hari Kiamat, namun tidak demikian bagi Sayyidina Utsman bin Affan.
  • Kisah Amir bin Abdillah: Diusir Khalifah Utsman dari Bashrah karena Tidak Menikah
    Hikmah
    Rabu, 13 April 2022 - 14:35 WIB
    Amir bin Abdillah tidak menikah, tidak makan daging dan keju. Gara-gara ini beliau menjadi korban hasutan. Akibatnya, beliau dipindahkan dari Bashrah ke Syam oleh Khalifah Utsman bin Affan.
  • Putra Abu Bakar Ash-Shiddiq Terlibat Pembunuhan Khalifah Utsman?
    Hikmah
    Rabu, 13 Januari 2021 - 16:37 WIB
    Muhammad bin Abu Bakar itu hanya mengatakan: Aku memang masuk ke kamar itu dengan rencana hendak membunuh Utsman. Tetapi pada saat ia mengingatkan aku tentang ayahku, aku sadar.
  • Begini Cara Abdurrahman bin Auf Tetapkan Utsman sebagai Pengganti Umar bin Khattab
    Hikmah
    Jum'at, 22 Desember 2023 - 07:27 WIB
    Sesudah mereka keluar dari tempat Umar, Ali berkata kepada jemaah dari Banu Hasyim: Kalau ada dari kalian yang mau mendengarkan pendapat saya, janganlah sekali-kali mencalonkan pengganti.
  • Utsman Bin Affan: 9 Kemuliaan Bagi yang Shalat Tepat Waktu
    Tausyiah
    Selasa, 17 November 2020 - 08:02 WIB
    Shalat mempunyai kedudukan yang sangat penting dan mendasar hingga syariat menempatkannya sebagai rukun Islam kedua setelah bersyahadat. Berikut 9 kemuliaan shalat tepat waktu.
  • Krisis Politik: Para Sahabat Nabi Kirim Putra Mereka untuk Lindungi Khalifah Utsman
    Hikmah
    Selasa, 12 Januari 2021 - 09:01 WIB
    Tindakan pencegahan yang dilakukan oleh Ali bin Abi Thalib diikuti oleh para sahabat Nabi Muhammad yang lain. Thalhah dan Zubair juga memerintahkan putranya melindungi Khalifah Utsman.
  • Kisah Tragis Utsman bin Affan (4):  Prestasi Selama Menjadi Khalifah
    Hikmah
    Jum'at, 20 November 2020 - 12:54 WIB
    KAUM muslimin pada zaman khalifah Utsman telah banyak membuahkan hasil. Pada zaman tersebut kaum muslimin melanjutkan penaklukan-penaklukan terhadap negeri-negeri kafir di dua arah, timur dan barat.