Kumpulan Artikel: Nabi Musa (halaman 3)

  • Kisah Tukang Sihir Firaun Bertaubat dan Beriman kepada Allah
    Hikmah
    Minggu, 11 Juni 2023 - 22:55 WIB
    Ketika Nabi Musa mengajak Firaun untuk menyembah Allah, Firaun menolak dan menghujat Nabi Musa. Beda dengan tukang sihirnya yang bertaubat dan beriman kepada Allah.
  • Kisah Nabi Musa Mendakwahi Firaun dengan Lembut, Begini Ucapannya
    Hikmah
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 05:10 WIB
    Nabi Musa alaihissalam diutus oleh Allah untuk mendakwahi Firaun, raja Mesir yang zalim. Beliau diperintahkan berbicara kepada Firaun dengan kelembutan.
  • Penyebab Firaun Berkuasa Hingga 400 Tahun, Ini Rahasianya
    Hikmah
    Kamis, 11 Mei 2023 - 17:47 WIB
    Firaun dikenal sebagai raja zalim yang umurnya ditangguhkan Allah hingga 400 tahun lebih. Berikut rahasia mengapa Firaun dibiarkan berkuasa hingga 400 tahun.
  • Kisah Nabi Khidr, Nabi yang Memiliki Pengetahuan Sangat Luas
    Hikmah
    Kamis, 04 Mei 2023 - 12:22 WIB
    Nabi Khidr adalah seorang nabi yang memiliki pengetahuan yang sangat luas yang diberikan oleh Allah SWT kepadanya. Kisah nabi Khidr terdapat dalam surah Al-Kahfi ayat 60-82.
  • Kisah Nabi Musa Bertanya Siapa yang Menemaninya di Surga Kelak
    Hikmah
    Kamis, 04 Mei 2023 - 05:05 WIB
    Dalam satu kajian Gus Musa Muhammad diceritakan sebuah kisah Nabi Musa yang sarat hikmah. Nabi Musa pernah bertanya kepada Allah tentang siapa yang menemaninya di surga kelak.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Kisah Nabi Musa Tak Sengaja Membunuh Orang Mesir dan Menikahi Putri Nabi Syuaib
    Hikmah
    Rabu, 03 Mei 2023 - 06:30 WIB
    Salah satu kisah Nabi Musa yang fenomenal yaitu ketika beliau tak sengaja membunuh orang Mesir dan kemudian menikah dengan putri Nabi Syuaib dalam masa pelariannya.
  • Kisah yang Sangat Menyentuh, Ketika Allah Menutupi Aib Hamba-Nya
    Hikmah
    Selasa, 02 Mei 2023 - 17:33 WIB
    Kisah ini menjadi pelajaran besar bagi kita bahwa Allah selalu menutupi aib hamba-Nya selama hamba tersebut tidak menceritakannya kepada orang lain.
  • Bukan Salat dan Puasa, Inilah Amalan Paling Disukai Allah dari Nabi Musa
    Hikmah
    Minggu, 02 April 2023 - 04:00 WIB
    Salat dan puasa memiliki kedudukan sangat agung dalam Islam. Tapi taukah Anda, ada satu amalan paling dicintai Allah dari Nabi Musa. Mari simak kisah berikut ini.
  • Kisah Zatu Anwat dalam Perang Hunain, Ketika Umat Islam Meniru Umat Nabi Musa
    Hikmah
    Rabu, 15 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Di balik perang Hunain ada beberapa peristiwa yang menarik. Salah satunya, kisah tentang zatu anwat yang membuat umat Islam kelakuannya mirip kaum Nabi Musa as.
  • Tobat Nabi Adam dan Nabi Musa Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Selasa, 07 Maret 2023 - 18:48 WIB
    Al-Quran telah mengungkap tentang tobat para nabi dan orang-orang yang saleh atas perbuatan salah mereka. Berikut ini contoh tobat dua nabi, yakni Nabi Adam dan Nabi Musa.
  • Dahsyatnya Gempa Bumi Turki-Suriah, Berikut Peristiwa Gempa Bumi pada Era Para Nabi
    Hikmah
    Rabu, 22 Februari 2023 - 14:01 WIB
    Gempa bumi sudah terjadi sejak dulu kala. Pada zaman para Nabi, gempa menjadi hukuman dari Allah SWT kepada suatu kaum. Al-Quran menginformasikan hal seperti itu.
  • Surat Al-Araf Ayat 145 dan 154, tentang 10 Firman dan Taurat
    Dunia Islam
    Kamis, 02 Februari 2023 - 17:32 WIB
    Ibnu Katsir dalam tafsirnya menyebut bahwa menurut suatu pendapat, luh-luh itu diberikan kepada Musa sebelum dia menerima kitab Taurat. Bagaimana dengan Bible?
  • Cak Nur: Nabi Ibrahim, Musa dan Isa Adalah Tokoh Muslim
    Tausyiah
    Selasa, 31 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Cak Nur mengatakan bahwa Nabi Ibrahim, dan demikian pula dengan semua Nabi, termasuk Musa dan Isa semuanya adalah tokoh-tokoh yang muslim dan mengajarkan islam.
  • Kisah Nabi Musa Menyalahkan Nabi Adam yang Membuat Anak Cucunya Diusir dari Surga
    Hikmah
    Sabtu, 28 Januari 2023 - 09:48 WIB
    Nabi Muhammad SAW pernah menceritakan kisah perdebatan antara Nabi Adam dan Nabi Musa. Dalam perdebatan itu, Nabi Musa menyalahkan Nabi Adam sebab karena perbuatannya menyebabkan umat manusia keluar dari surga.
  • Kisah Nabi Musa Mengaku Bani Israel Tak Sanggup Sholat Meski Kurang dari Lima Waktu
    Hikmah
    Jum'at, 27 Januari 2023 - 10:38 WIB
    Nabi Musa mengaku bahwa umatnya, yakni Bani Israil, tak sanggup mengerjakan kewajiban sholat kendati kurang dari lima waktu dalam sehari semalam.
  • Kisah Jibril Membelah Tenggorokan sampai Ulu Hati Nabi SAW sebelum Isra dan Mikraj
    Hikmah
    Kamis, 26 Januari 2023 - 11:14 WIB
    Sebelum Rasulullah SAW diperjalankan dalam Isra dan Mikraj, Jibril membelah bagian antara tenggorokan sampai bagian ulu hati beliau. Jibril lalu mencuci isi dada dan perut beliau dengan memakai air zamzam.
  • Ini Mengapa Nabi Musa Ditempatkan di Urutan 16 Tokoh Berpengaruh dalam Sejarah
    Dunia Islam
    Jum'at, 20 Januari 2023 - 15:40 WIB
    Michael H Hart memasukkan Nabi Musa as dalam urutan ke-16 sebagai tokoh berpengaruh dalam sejarah. Dia menyebut Musa sebagai nabi orang Yahudi yang dikagumi di seluruh dunia Islam maupun Kristen
  • Bila Ihsan Diwujudkan Secara Nyata dalam Tasawuf Menurut Cak Nur
    Hikmah
    Kamis, 19 Januari 2023 - 18:43 WIB
    Ihsan yang diwujudkan secara nyata dalam tasawuf, kemudian yang dipraktikkan melalui ajaran tarekat adalah sebuah wawasan tentang kebulatan, kebenaran, atau kebenaran dalam dimensinya yang utuh.
  • Semua Agama Para Nabi dan Rasul Adalah Islam, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Minggu, 15 Januari 2023 - 14:52 WIB
    Semua agama yang benar adalah agama yang mengajarkan sikap pasrah kepada Tuhan, maka tidak ada agama atau sikap keagamaan yang bakal diterima Tuhan selain sikap pasrah kepada Tuhan atau Islam itu.
  • Hikmah di Balik Pertemuan Nabi Musa dengan Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 15:39 WIB
    Kisah pertemuan Nabi Musa alaihissalam dengan Nabi Muhammad SAW saat Isra Miraj menyimpan hikmah dan pelajaran berharga. Simak kisahnya berikut ini.