Kumpulan Artikel: Nabi Yusuf

  • Hadis yang Memperingatkan kepada Mereka yang Mengejar Jabatan
    Hikmah
    Kamis, 15 Februari 2024 - 23:16 WIB
    Pemilihan umum legislatif dan pemilihan presiden adalah pertunjukan bagaimana orang-orang berebut jabatan. Begitu presiden terpilih, maka rebutan berlanjut.
  • 3 Doa Nabi Yusuf saat Mengatasi Problem Kehidupan
    Tips
    Minggu, 12 November 2023 - 14:13 WIB
    Ada beberapa doa yang dipanjatkan Nabi Yusuf untuk mengatasi berbagai peristiwa dalam hidupnya. Berdoa dan memohon kepada Allah SWT dalam setiap problem yang dihadapinya.
  • Mengapa Nabi Yaqub Minta Dimakamkan di Hebron? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Kamis, 02 November 2023 - 16:56 WIB
    Nabi Yaqub meminta kepada Nabi Yusuf agar dimakamkan dekat dengan ayah dan kakeknya. Yusuf pun membawa jenazah Yaqub ke Syam dan dimakamkan di sebuah gua.
  • Tafsir Israiliyyat: Menyoal Unsur Romantis Narasi Yusuf dan Zulaikha
    Hikmah
    Senin, 23 Oktober 2023 - 15:05 WIB
    Beberapa kritikus mengklaim narasi Yusuf dan Zulaikha sebenarnya hanyalah kisah cinta, sehingga mereka tidak menganggap surat Yusuf sebagai kanonik karena mengandung unsur romantis.
  • Doa Nabi Yusuf saat Bersyukur kepada Allah Taala yang Memberi Kedudukan Tinggi
    Tips
    Rabu, 27 September 2023 - 10:36 WIB
    Nabi Yusuf segera berdoa memohon kepada Allah SWT supaya dilipatgandakan pahalanya di akhirat kelak sebagaimana dilipatgandakan karunia yang diterimanya di dunia.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Doa Nabi Yusuf ketika Pilih Penjara Ketimbang di Istana yang Penuh Godaan Wanita
    Tips
    Selasa, 26 September 2023 - 10:46 WIB
    Keteguhan hati dan kekuatan iman Yusuf yang tidak mempan segala bujukan dan rayuan, begitu juga semua kata-kata untuk melunakkan hati Yusuf yang keluar dari mulut perempuan-perempuan yang menggodanya.
  • Doa yang Diajarkan Malaikat Jibril ketika Nabi Yusuf Dipenjara
    Tips
    Senin, 18 September 2023 - 16:30 WIB
    Ketika Nabi Yusuf dipenjara beliau memanjatkan doa sehingga membuatnya terbebas. Doa ini bersumber dari sebuah riwayat yang disebutkan oleh Ibnu Abi al-Dunya dalam kitabnya al-Faraj bada al-Syiddah.
  • Doa Pembuka Aura Wajah yang Bersumber dari Surat Yusuf
    Tips
    Senin, 28 Agustus 2023 - 16:18 WIB
    Doa pembuka aura wajah atau tubuh ini bersumber dari Al-Quran terutama Surat Yusuf. Doa ini banyak diamalkan, karena Nabi Yusuf Alaihissalam diberi kemuliaan wajah yang tampan rupawan oleh Allah SWT.
  • Peristiwa Muharam: Nabi Yusuf Bebas dari Penjara Lalu Diangkat Menjadi Menteri Keuangan
    Hikmah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 12:40 WIB
    Pada bulan Muharam Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara lalu diangkat menjadi menteri keuangan. Kisah tentang perjalanan hidup Nabi Yusuf ini diceritakan secara panjang lebar dalam Surah Yusuf
  • 3 Doa Nabi Yusuf yang Bisa Diamalkan untuk Kehidupan Sehari-hari
    Tips
    Minggu, 09 Juli 2023 - 15:39 WIB
    Ada beberapa doa yang dipanjatkan Nabi Yusuf alaihissalam untuk mengatasi berbagai peristiwa dalam hidupnya. Doa-doa Nabi Yusuf ini bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Perencanaan dan Penyiapan SDM Menuju Kemandirian Umat Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 05:56 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan ada beberapa hal yang harus dipenuhi agar umat dapat memenuhi kebutuhannya dan bisa mandiri, antara lain adalah membuat planning atau perencanaan.
  • 3 Doa Nabi Yusuf yang Faedahnya Luar Biasa untuk Diamalkan Sehari-hari
    Tips
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 15:15 WIB
    Ketampanannya Nabi Yusuf alaihissalam menginspirasi seluruh umat muslim di dunia untuk mendapatkan keturunan seperti beliau. Salah satu caranya adalah dengan membaca atau mengamalkan surat Yusuf.
  • Surat Yusuf Ayat 111 (Tamat): Pelajaran untuk Orang-orang Berakal, Ini Hikmahnya
    Hikmah
    Minggu, 11 Juni 2023 - 17:57 WIB
    Tibalah kita di akhir Surat Yusuf. Allah mengisahkan riwayat Nabi Yusuf ini secara lengkap untuk menjadi pelajaran bagi orang-orang berakal. Berikut hikmahnya.
  • Surat Yusuf Ayat 104: Jangan Meminta Upah Ketika Berdakwah
    Hikmah
    Rabu, 10 Mei 2023 - 20:50 WIB
    Allah mengingatkan Nabi Muhammad SAW supaya tidak meminta upah kepada siapa pun, sebagai imbalan atas dakwah dan ajakan untuk menyembah Allah Tuhan yang Maha Esa.
  • Surat Yusuf Ayat 103: Penghibur Rasulullah SAW Agar Tidak Sedih
    Hikmah
    Sabtu, 06 Mei 2023 - 16:38 WIB
    Surat Yusuf ayat 103 ini menjadi salah satu ayat penghibur bagi Nabi Muhammad SAW agar tidak bersedih melihat banyaknya orang yang tidak beriman.
  • Surat Yusuf Ayat 102: Episode Akhir Kisah Nabi Yusuf Berikut Hikmahnya
    Hikmah
    Kamis, 04 Mei 2023 - 15:15 WIB
    Demikianlah kisah Nabi Yusuf alaihissalam yang penuh ibrah. Allah menceritakan kisah ini kepada Nabi Muhammad SAW agar menjadi pelajaran berharga bagi umat manusia.
  • Surat Yusuf Ayat 101: Doa Nabi Yusuf Ketika Mendapat Nikmat yang Banyak
    Hikmah
    Selasa, 02 Mei 2023 - 18:12 WIB
    Doa ini merupakan wujud syukur Nabi Yusuf setelah Allah menyelamatkannya dari dalam sumur, membebaskan dari fitnah istri al-Aziz dan perempuan-perempuan lainnya.
  • Surat Yusuf Ayat 100: Kisah Mimpi yang Menjadi Kenyataan, Ini Hikmahnya!
    Hikmah
    Minggu, 30 April 2023 - 17:54 WIB
    Mimpi Nabi Yusuf alaihissalam akhirnya terwujud tatkala keluarga besarnya datang ke Istana Kerajaan Mesir. Allah menjadikan mimpi Nabi Yusuf menjadi kenyataan. Simak kisahnya.
  • Surat Yusuf Ayat 99: Kisah Nabi Yusuf Menyambut Keluarga Besarnya di Mesir
    Hikmah
    Minggu, 30 April 2023 - 06:45 WIB
    Tibalah waktunya kebahagiaan menyelimuti keluarga besar Nabi Yakub alaihissalam. Nabi Yusuf mengundang ayahnya dan seluruh keluarga besarnya untuk datang ke Mesir.
  • Surat Yusuf Ayat 98: Sikap Nabi Yakub Mendoakan Anak-anaknya Layak Diteladani
    Hikmah
    Sabtu, 29 April 2023 - 21:15 WIB
    Sikap terpuji dari seorang ayah yang senantiasa memaafkan anak-anaknya patut kita teladani. Berikut perkataan Nabi Yakub diabadikan dalam Surat Yusuf.