Topik Terkait: Istriistri Ali Bin Abi Thalib

  • 25 Mutiara Nasihat Ali bin Abi Thalib Penuh Ibrah dan Manfaat
    Tausyiah
    Senin, 24 Juli 2023 - 19:53 WIB
    Sayyidina Ali bin Abi Thalib karramallahu wajhah (599-661) adalah sahabat terkemuka Rasulullah ? yang memiliki 11 keistimewaan. Berikut 25 mutiara nasihat beliau yang penuh ibrah.
  • Kisah Pembangkangan Muawiyah kepada Khalifah Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Jum'at, 22 Januari 2021 - 18:43 WIB
    Memecat Muawiyah tidaklah mudah. Ia relatif lama menjadi penguasa di Syam. Ia bukan hanya membangkang, bahkan menentang kekhalifahan Ali secara terang-terangan.
  • Muawiyah Menangis Mendengar Kesaksian Dhirar bin Dhamrah tentang Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Minggu, 19 Desember 2021 - 07:16 WIB
    Dalam politik Muawiyah adalah rival Ali bin Abi Thalib. Meski begitu, Muawiyah yang akhirnya menjadi pemenang tak bisa menahan air matanya ketika mendengar tentang kebaikan Ali bin Abi Thalib.
  • Ini Mengapa Rasulullah Memberi Julukan Si Tanah kepada Ali Bin Abi Thalib
    Hikmah
    Sabtu, 07 November 2020 - 11:59 WIB
    Menurut Al Bashri, nama Abu Turab ini di kemudian hari oleh orang-orang Bani Umayyah dijadikan bahan ejekan guna merendahkan martabat Khalifah Ali RA.
  • Mari ke Surga..! Slogan Khawarij Saat Perang Melawan Pasukan Ali bin Abu Thalib
    Hikmah
    Selasa, 09 Februari 2021 - 07:28 WIB
    Jumlah anggota pasukan Khawarij lebih kurang 1.500 orang, termasuk anggota pasukan penunggang kuda. Kebanyakan mereka tewas dan tinggal 400 orang begitu perahg usai.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Kisah Heroik Ali bin Abi Thalib dengan Pedang Zulfikar di Perang Khandaq
    Hikmah
    Kamis, 12 November 2020 - 11:07 WIB
    Dengan mengenakan baju besi dan menghunus pedangnya yang tersohor dengan nama zulfiqar, Ali maju dengan ayunan langkah yang tegap dan diiringi doa Rasululah SAW.
  • Kisah Lahirnya Ali bin Abi Thalib di Bulan Rajab: Nama Sebelumnya Bermakna Singa
    Hikmah
    Jum'at, 03 Februari 2023 - 10:18 WIB
    Pada saat dilahirkan, ibunda Ali memberinya nama Asad yang bermakna singa. Sang ibu memberinya nama tersebut karena itu nama ayahnya, Asad ibn Hasyim.
  • Kisah Lelaki Yahudi Berusia 600 Tahun Berkat Doa Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Senin, 29 April 2019 - 16:59 WIB
    Kisah ini merupakan kisah nyata yang dialami seorang tokoh ulama di Hadramaut (Yaman) bernama Habib Idrus bin Husien Al-Alaydarus yang diakui kewaliannya.
  • 11 Keutamaan Ali bin Abi Thalib, Sepupu yang Juga Menantu Rasulullah SAW
    Hikmah
    Selasa, 06 Desember 2022 - 21:17 WIB
    Sayyidina Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu (599-661) adalah khalifah keempat dari Khulafa Ar-Rasyidin. Berikut 11 keutamaan Ali bin Abi Thalib yang jarang diketahui.
  • Biografi Ali bin Abi Thalib, Khalifah Bergelar Karramallahu Wajhah
    Hikmah
    Kamis, 17 Oktober 2019 - 18:57 WIB
    Ali bin Abi Thalib radhiallahu anhu (599-661) adalah Khalifah keempat (terakhir) dari Khulafa Ar-Rasyidun yang berkuasa sekitar 4-5 tahun.
  • Menolak Jadi Khalifah, Ali bin Abi Thalib: Aku Lebih Baik Jadi Wazir
    Hikmah
    Senin, 18 Januari 2021 - 09:37 WIB
    Pada mulanya Ali bin Abi Thalib menolak dibaiat sebagai Khalifah. Dengan terus terang ia menyatakan: Aku lebih baik menjadi wazir yang membantu daripada menjadi seorang Amir yang berkuasa.
  • 4 Batasan Takwa Menurut Ali bin Abi Thalib
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Juni 2022 - 13:40 WIB
    Sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam sekaligus khalifah keempat, Ali bin Abi Thalib, memberikan tuntunan agar kita umat Islam menjadi orang yang bertakwa.
  • Gara-gara Madu, Ali bin Abu Thalib Nyaris Menghajar Husein
    Hikmah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Waktu Husein tiba di depannya, Ali bin Abu Thalib r.a. segera mengambil cambuk, tetapi Al Husein cepat-cepat berkata: Demi hak pamanku, Jafar!
  • Siasat Licik Amr bin Al-Ash Membuat Terjadinya Pembelotan Pasukan Ali bin Abu Thalib
    Hikmah
    Jum'at, 05 Februari 2021 - 16:52 WIB
    Saat itu tidak ada orang lain yang memberi perlindungan kepada Ali bin Abu Thalib kecuali dua orang puteranya sendiri Al Hasan dan Al Husein serta Abdullah Ibnu Abbas dan beberapa orang lain.
  • Kisah Syuraih Bin al-Harits: Menangkan si Kafir dalam Sengketa dengan Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Kamis, 14 April 2022 - 13:49 WIB
    Tatkala Syuraih bin al-Harits menjadi qadhi atau hakim dalam sengketa baju perang antara Ali bin Abi Thalib dan seorang kafir dzimmi dia menolak Hasan dan Husein sebagai saksi.
  • Pernyataan Pilu Ali bin Abu Thalib Setelah Pengikutnya Tinggal 50 Orang
    Hikmah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 15:50 WIB
    Selesai perang melawan kaum Khawarij dan sebelum meninggalkan Nehrawan untuk berangkat melanjutkan perang melawan Muawiyah, Ali bin Abu Thalib r.a. mengucapkan pidato di depan para pengikutnya.
  • 5 Karomah Sayyidina Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Senin, 22 Juni 2020 - 17:45 WIB
    Salah satu keistimewaan Ali bin Abi Thalib adalah orang kedua memeluk Islam, setelah Sayyidah Khadijah istri Nabi Shallallahu alahi wa sallam. Selain keistimewaan itu, ada 5 karomah Sayyidina Ali.
  • Kisah Penuntutan Balas Kematian Utsman untuk Gulingkan Khalifah Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Senin, 25 Januari 2021 - 06:39 WIB
    Kekuatan anti Ali bin Abi Thalib mempunyai tujuan ganda: menuntut balas atas kematian Utsman bin Affan dan menggulingkan Ali bin Abi Thalib dari kedudukannya sebagai Amirul Mukminin.
  • Kisah Detail Ashhabul Kahfi Berdasar Cerita Ali bin Abu Thalib
    Tausyiah
    Rabu, 21 April 2021 - 03:35 WIB
    Pendeta yang bertanya itu berdiri lagi. Lalu berkata: Hai Ali, jika yang kau katakan itu benar, coba sebutkan nama enam orang yang menjadi pembantu-pembantu raja itu!
  • Konflik Khilafah: Kisah Suram Putra Ketiga Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Jum'at, 04 September 2020 - 15:24 WIB
    Tidak lama ketika rasa binggung menggelayuti pikiran Muhammad Al-Hanafiyah di tempat ia tinggal, atas kehendak Allah, Hajjaj bin Yusuf membunuh Abdullah bin Zubair.