Topik Terkait: Panduan Bermuhasabah

  • Ayat-ayat Al-Quran tentang Anjuran Muhasabah Diri
    Muslimah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 19:30 WIB
    Allah Subhanahu wa taala memerintahkan hamba-hambanya untuk selalu mawas diri dan menjauhi larangan-laranganNya. Caranya dengan selalu melakukan muhasabah diri
  • Panduan Berteman untuk Seorang Muslim
    Muslimah
    Kamis, 12 Agustus 2021 - 06:17 WIB
    Jika kita ingin menjadi orang shaleh, hendaklah berusaha berkawan dan berkumpul dengan orang-orang shaleh. Itulah panduan seorang muslim dan muslimah dalam berteman.
  • Panduan Lengkap Puasa Ramadhan Berikut Keutamaan dan Niatnya
    Tausyiah
    Minggu, 20 Maret 2022 - 15:24 WIB
    Sebelum memasuki Ramadhan 1443 Hijriyah yang insya Allah jatuh Sabtu 2 April 2022, ada baiknya kita mengkaji kembali Bab tentang puasa Ramadhan. Berikut panduannya.
  • Panduan Lengkap Puasa Ramadan, Keutamaan, Amalan dan Doa Berbuka
    Tips
    Kamis, 23 Maret 2023 - 07:30 WIB
    Ramadan adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya adalah surga. Berikut ini panduan lengkap puasa Ramadan, keutamaan, amalan dan doa berbuka.
  • Panduan Pelaksanaan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri di Kota Surabaya
    Tips
    Rabu, 14 April 2021 - 22:22 WIB
    Pemkot Surabaya Jawa Timur mengeluarkan Surat Edaran Panduan pelaksanaan ibadah dan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Bermuhasabah Diri dan Meneladani Sifat Rasulullah dalam Berbangsa
    Dunia Islam
    Senin, 10 Oktober 2022 - 05:14 WIB
    Ketua Pengurus Besar Al-Washliyah, Mahmudi Affan Rangkuti menilai pentingnya bermuhasabah sebagai refleksi diri dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.
  • Muhasabah Bukan Teori, Segera Lakukan
    Tausyiah
    Rabu, 11 Januari 2023 - 10:24 WIB
    Bagi seorang hamba, melakukan muhasabah terhadap dirinya harus dilakukan setiap hari. Waktu yang terbaik untuk muhasabah adalah di kala hening dan sepi seusai Sholat Tahajud.
  • Pentingnya Mengerti Fiqih sebagai Panduan Ibadah dan Muamalah
    Tausyiah
    Selasa, 11 Oktober 2022 - 12:18 WIB
    Konsekuensi tidak mengerti fiqih adalah ibadah bisa saja menjadi tidak sah. Karena salah dalam pelaksanannya. Karena itu sangat penting memahami ilmu fiqih bagi generasi muslim
  • Panduan Lengkap Cara Salat Tarawih Sendiri di Rumah
    Tips
    Senin, 11 Maret 2024 - 14:50 WIB
    Cara salat tarawih sendiri di rumah penting diketahui umat Muslim. Meski lebih dianjurkan untuk melaksanakannya secara berjamaah, tarawih juga bisa dikerjakan sendiri di rumah.
  • Panduan Syariat agar Tetap Istiqamah dalam Berhijrah
    Muslimah
    Rabu, 24 Mei 2023 - 15:47 WIB
    Ketika memutuskan berhijrah, seringkali yang sulit adalah menjaga keistiqamahan hijrah tersebut. Salah satu alasannya, adalah soal pertemanan.
  • Panduan Salat Tarawih dan Witir beserta Tata Caranya
    Tips
    Minggu, 10 Maret 2024 - 09:19 WIB
    Panduan salat tarawih dan witir ini perlu diketahui umat muslim yang akan melaksanakan salat tarawih baik berjamaah di masjid atau salat sendiri di rumah.
  • Cara Menghitung Fidyah Puasa Ramadan serta Kategori Orang yang Harus Membayarnya
    Tips
    Senin, 26 Februari 2024 - 13:03 WIB
    Cara menghitung fidyah puasa Ramadan ini penting diketahui umat muslim. Fidyah puasa Ramadan, berarti tebusan yang dibayar karena melakukan larangan atau tidak berpuasa Ramadan.
  • Panduan Khutbah Singkat Idul Fitri dari Lembaga Dakwah PBNU
    Tips
    Jum'at, 15 Mei 2020 - 16:49 WIB
    Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengeluarkan panduan singkat khutbah Idul Fitri untuk keluarga di rumah. Khutbah Idul Fitri ini bisa dibaca oleh keluarga di rumah.
  • Fatwa MUI Terkait Panduan Ibadah Ramadhan di Tengah Pandemi
    Dunia Islam
    Senin, 12 April 2021 - 16:05 WIB
    Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa Nomor 24 Tahun 2021 tentang panduan penyelenggaraan ibadah bulan Ramadhan dan Syawal 1442 Hijriah.
  • Kitab Kuning Beri Panduan Pelaksanaan Ibadah Muslim
    Hikmah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 02:19 WIB
    Guru Besar Bidang Kajian Keislaman UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Hj Sri Mulyati menyatakan persoalan wabah sudah dibahas oleh ulama-ulama terdahulu.
  • Panduan Salat Malam di Bulan Ramadhan dan Bacaannya
    Tips
    Selasa, 12 Mei 2020 - 20:45 WIB
    Qiyamul Lail adalah salat malam yang dikerjakan setelah salat fardhu Isya hingga terbit fajar. Di bulan Ramadhan, salat malam ini disebut dengan istilah Qiyam Ramadhan .
  • Niat Puasa Ramadan 2024 Lengkap dengan Niat Harian dan Niat Sebulan Penuh
    Tips
    Sabtu, 02 Maret 2024 - 12:30 WIB
    Niat puasa Ramadan 2024 lengkap dan artinya untuk niat puasa harian dan niat puasa sebulan penuh. Untuk diketahui, berniat sebelum melaksanakan puasa merupakan salah satu rukun puasa Ramadan
  • Inilah Panduan Khusus agar Hijrah Tidak Gagal
    Muslimah
    Minggu, 16 Agustus 2020 - 09:15 WIB
    Secara bahasa istiqamah artinya lurus dan secara istilah adalah suatu perbuatan dan sifat yang senantiasa mengikuti jalan yang lurus yakni jalan yang diridhai Allah Taala.
  • 4 Kriteria Teman dalam Islam, Salah Satunya Jangan Pilih Orang Jahil
    Tausyiah
    Rabu, 09 Agustus 2023 - 10:58 WIB
    Dalam Islam, berteman merupakan hubungan yang mendatangkan pahala karena mengarah kepada ibadah muamalah dalam wujud ukhuwah (persaudaraan) islamiyah
  • Begini Panduan Rasulullah Saat Bermimpi Baik atau Mimpi Buruk
    Hikmah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 16:30 WIB
    Mimpi dialami semua manusia, dari anak kecil hingga orang tua. Dalam Islam, tidak boleh sembarangan menakwilkan mimpi. Tidak boleh asal menerka makna sebuah mimpi.