Kumpulan Artikel: Syaikh Yusuf Alqardhawi (halaman 2)

  • Para Ibu yang Diabadikan Al-Quran Alkarim
    Hikmah
    Senin, 18 September 2023 - 14:30 WIB
    Di antara taujih Al Quran adalah bahwa Al Quran telah meletakkan di hadapan orang-orang yang beriman berbagai contoh teladan dari para ummahat shalihat.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Hak Ibu Itu Lebih Kuat daripada Hak Ayah
    Tausyiah
    Sabtu, 16 September 2023 - 08:47 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan sejarah tidak pernah mengenal adanya agama atau sistem yang menghargai keberadaan wanita sebagai ibu yang lebih mulia daripada Islam.
  • Arti Berpakaian Tetapi Telanjang Menurut Syekh Yusuf Al-Qardhawi
    Muslimah
    Jum'at, 15 September 2023 - 10:42 WIB
    Salah satu tanda kiamat akan segera datang, yakni munculnya orang-orang yang berpakaian tetapi telanjang. Apa dan bagaimana maksud berpakaian tapi telanjang ini?
  • Soal Pewarisan, Mengapa Bagian Perempuan Lebih Sedikit? Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 13 September 2023 - 05:15 WIB
    Perbedaan di dalam masalah waris antara laki-laki dan wanita, ini akibat dari perbedaan antara keduanya dalam beban dan kewajiban yang berkaitan dengan harta.
  • 4 Penyebab Timbulnya Pikiran Ekstrim, Mudah Mengafirkan Sesama Muslim
    Tausyiah
    Senin, 11 September 2023 - 12:15 WIB
    Mereka itu umumnya adalah orang-orang baik, kuat agamanya dan tekun ibadatnya, tetapi mereka dapat digoncang oleh hal-hal yang bertentangan dengan Islam dan yang timbul pada masyarakat Islam.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Begini Persamaan Kedudukan Perempuan dan Lelaki dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 11 September 2023 - 05:15 WIB
    Perempuan dan laki-laki, misalnya, memiliki kedudukan yang sama dalam kebebasan kewajiban beragama dan beribadah. Di dalam masalah takalif agama dan sosial yang pokok, Al Quran juga menyamakan antara keduanya
  • Syaikh Al-Qardhawi: Islam Menghargai Perempuan sebagai Manusia yang Terhormat
    Muslimah
    Minggu, 10 September 2023 - 16:46 WIB
    Merupakan izzah dan kemuliaan Islam, karena dia telah memuliakan wanita dan menegaskan eksistensi kemanusiaannya serta kelayakannya untuk menerima taklif (tugas) dan tanggung jawab, pembalasan, dan berhak pula masuk surga
  • Jenis Permainan yang Dilarang oleh Islam Menurut Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Jum'at, 08 September 2023 - 09:30 WIB
    Islam tidak melarang permainan dengan berbagai macam jenisnya. Akan tetapi Islam melarang sebagian dari jenis permainan yang ada karena dianggap bertentangan dengan tujuannya dan menyimpang dari segi tata caranya.
  • Jenis Permainan yang Diperbolehkan Islam Menurut Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Jum'at, 08 September 2023 - 09:20 WIB
    Islam tidak melarang permainan dengan berbagai macam jenisnya, bahkan Islam melihat itu sesuatu yang diperlukan oleh seseorang , kalaupun tujuannya untuk bersenang-senang.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Islam Tidak Melarang Bersenda Gurau
    Tausyiah
    Rabu, 06 September 2023 - 13:54 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan tertawa dan bersenda gurau itu sesuatu yang diperbolehkan di dalam Islam. Sebagaimana dinyatakan oleh nash-nash qauliyah maupun sikap dan perilaku Rasulullah SAW.
  • Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Ahlul Badar Ini Pandai Melawak
    Tausyiah
    Selasa, 05 September 2023 - 16:15 WIB
    Ibnu Abdil Barr dalam kitabnya Al Istiiaab berkata, Suwaibith ra adalah seorang tukang melawak, berlebihan dalam bermain-main dan ia memiliki kisah menarik dengan Nuaiman dan Abu Bakar As-Siddiq ra.
  • Hukum Seni Lawak, Al-Qardhawi: Islam Adalah Agama Fitrah
    Tausyiah
    Sabtu, 02 September 2023 - 05:58 WIB
    Sesungguhnya tertawa itu termasuk tabiat manusia. Tertawa itu datang setelah memahami dan mengetahui ucapan yang didengar atau suatu sikap dari gerakan yang dilihat, sehingga ia tertawa karenanya.
  • Hukum Seni Lawak dan Humor: Rasulullah SAW Saja Sering Bergurau
    Tausyiah
    Sabtu, 02 September 2023 - 04:06 WIB
    Rasulullah SAW kadang juga bergurau dan beliau tidak berbicara sesuatu kecuali yang haq. Beliau juga hidup bersama para sahabatnya dengan kehidupan yang fitri dan wajar
  • Syaikh Al-Qardhawi: Larangan Melukis Tidak Jadi Penyebab Terpuruknya Seni Islam
    Tausyiah
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 14:10 WIB
    Dilarangnya melukis dan memahat (makhluk hidup) tidak menjadi penyebab terpuruknya dunia seni Islam. Bahkan menjadikan seni Islami memiliki ciri khas yang menarik dan keindahan tersendiri.
  • Beberapa Model Penakwilan Hadis yang Mengharamkan Gambar
    Tausyiah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 12:10 WIB
    Di antara para ulama, ada sebagian yang mencoba menakwilkan hadis-hadis sahih tentang haramnya gambar dan mengambilnya agar mereka bisa mengatakan itu semua diperbolehkan, sampai yang berbentuk sekalipun.
  • 9 Tingkatan Dosa Haramnya Lukisan dan Pelukisnya Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 11:45 WIB
    Jenis lukisan (gambar) yang paling berat dosanya adalah gambar sesuatu yang disembah selain Allah. Ini menjadikan pelukisnya (pemahatnya) menjadi kafir apabila dia mengetahui tujuannya.
  • Hukum Gambar Fotografi, Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 16:23 WIB
    Fotografi yang diambil dengan kamera termasuk barang baru yang di masa Rasulullah SAW belum ada, juga di masa salafus shalih. Apakah itu juga termasuk larangan?
  • Hukum Menjadikan Lukisan sebagai Kemewahan Menurut Syaikh Yusuf Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 13:06 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan menjadikan lukisan atau gambar sebagai sarana kemewahan, adalah terlarang dalam Islam. Hal ini sebagaimana pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW di rumahnya.
  • Hukum Menggambar Sesuatu yang Menunjukkan Syiar Agama Lain
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 11:48 WIB
    Bagaimana hukum menggambar salib? Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan setiap gambar yang berbentuk salib itu diharamkan, dan wajib bagi seorang muslim menghilangkannya.
  • Hukum Melukis Menurut Sunah Nabi Muhammad SAW
    Tausyiah
    Jum'at, 25 Agustus 2023 - 11:00 WIB
    Sebagian besar hadis mencela gambar dan orang-orang yang menggambar, bahkan sebagian hadis-hadis itu sangat keras dalam melarang dan mengharamkan serta memberikan ancaman kepada mereka