Topik Terkait: Peran Ayah

  • Peran Ayah dalam Pendidikan Anak Beserta Dalil-dalilnya
    Muslimah
    Senin, 03 Januari 2022 - 10:35 WIB
    Proses pendidikan bukan hanya terjadi pada kita saja, akan tetapi terjadi pula pada para Nabi dan Rasul. Bahkan, Al-Quran menyebutkan beberapa kisah ayah bersama anaknya
  • Peran Ayah dalam Pendidikan Anak yang Tercantum dalam Al Quran
    Muslimah
    Minggu, 25 Februari 2024 - 10:16 WIB
    Al Quran banyak menjelaskannya secara gamblang peran seorang ayah dalam mendidik anak-anaknya melalui kisah para nabi dan rasul
  • Ayah Berperan Besar dalam Mendidik Anak, Potret Keberhasilannya adalah Para Nabi dan Rasul
    Muslimah
    Minggu, 19 Februari 2023 - 05:15 WIB
    Seorang ayah berperan besar dalam proses pendidikan anak-anaknya. Contoh terbaik dari hasil didikan ayah ini, adalah potret para nabi dan rasul
  • Syaikh Al-Qardhawi: Hak Ibu Itu Lebih Kuat daripada Hak Ayah
    Tausyiah
    Sabtu, 16 September 2023 - 08:47 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan sejarah tidak pernah mengenal adanya agama atau sistem yang menghargai keberadaan wanita sebagai ibu yang lebih mulia daripada Islam.
  • Mengenal Abdullah, Ayah Rasulullah SAW yang Hampir Disembelih
    Hikmah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 21:14 WIB
    Abdullah adalah laki-laki sangat tampan di kalangan kaum Quraisy. Beliau dijuluki adz-Dzabih atau yang disembelih. Bagaiaman kisahnya?
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Menikah Tanpa Wali Ayah Kandung, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Sabtu, 17 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Menikah tanpa wali ayah kandung, bolehkah dilakukan? Bagaimana hukum dan status pernikahannya sendiri? Pernikahan merupakan salah satu syariat dalam Islam, juga adalah ibadah untuk menyempurnakan agama.
  • Zakat Merupakan Saudara Kandung Salat, Begini Penjelasan Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Kamis, 13 April 2023 - 16:50 WIB
    Zakat merupakan syiar kedua dalam Islam dan merupakan kekuatan pendanaan sosial dari kekuatan-kekuatan besar lainnya. Zakat merupakan saudara kandung salat di dalam Al Quran dan As-Sunnah.
  • Ayah, Bertahanlah!
    Tausiyah
    Kamis, 17 Juli 2014 - 16:33 WIB
    Sang suami seketika tersadar. Ada satu cita-cita saat menikahi istrinya yang sampai saat itu belum terlaksana. Menghafal Alquran bersama keluarga. Sungguh dunia selama ini telah melalaikannya.
  • Peran Nabi Muhammad SAW dalam Kehidupan Manusia
    Hikmah
    Jum'at, 19 Agustus 2022 - 05:30 WIB
    Peran Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan manusia menarik untuk kita pelajari dan teladani. Bagaimana peran beliau sebagai anak, ayah, suami, pedagang, panglima perang.
  • Takut Disalahkan, Sang Ayah Menyerahkan Nabi Ibrahim kepada Namrudz
    Hikmah
    Kamis, 23 April 2020 - 07:22 WIB
    Paduka, anak yang engkau khawatirkan adalah anakku. Dia telah dilahirkan tidak di rumahku dan sampai saat ini aku tidak mengetahuinya, ujar ayah Ibrahim kepada Namrudz.
  • Hawa dari Tulang Rusuk Kiri Adam Bukan Bersumber dari Al-Quran?
    Muslimah
    Senin, 10 Oktober 2022 - 09:10 WIB
    Tradisi pemahaman yang mempersepsikan Hawa dari tulang rusuk kiri Adam, bukan bersumber dari al-Quran tetapi pengaruh ajaran Kitab Suci sebelumnya.
  • Zaman Jahiliah: Begini Sikap Seorang Ayah ketika Menyambut Kelahiran Bayi Perempuan
    Hikmah
    Senin, 18 September 2023 - 15:00 WIB
    Tradisi yang mereka wariskan memperbolehkan bagi seorang ayah untuk mengubur hidup-hidup anak puterinya, karena takut miskin atau menganggapnya sebagai aib besar di mata kaumnya.
  • Kisah Perempuan Rupawan Minta Ditiduri Ayah Rasulullah SAW, Imbalan 100 Ekor Unta
    Hikmah
    Kamis, 16 Desember 2021 - 08:34 WIB
    Perempuan itu sangat cantik, masih muda, dan sangat menjaga kemuliaan dirinya. Apakah engkau mau meniduriku, dan nanti saya berikan engkau seratus ekor unta? ujarnya kepada Abdullah.
  • Puasa dan Peran Emansipatoris Agama
    Tausiyah
    Jum'at, 18 Juli 2014 - 20:04 WIB
    Perintah ibadah puasa yang diturunkan Allah SWT mengandung makna yang demikian dalam.
  • Kesaksian Shafiyah: Ini Mengapa sang Ayah yang Tokoh Yahudi Madinah Menolak Masuk Islam
    Hikmah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 16:10 WIB
    Nabi SAW melakukan kontak pertama kali dengan orang-orang Yahudi tatkala di Quba. Tokoh Yahudi yang menjumpainya membenarkan kenabihan Muhammad tapi menolak memeluk Islam.
  • Apakah Azar Ayah Nabi Ibrahim? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 09:41 WIB
    Dalam Al-Quran Surat Maryam ayat 42-45 disebutkan dialog antara Nabi Ibrahim dan Azar. Di situ Nabi Ibrahim menyebut Azar sebagai ayah. Dua ayat lainnya juga menyebut hal yang sama.
  • Anak Kebanggaan Ayah
    Tausiyah
    Selasa, 08 Juli 2014 - 14:27 WIB
    Orang yang hafal Alquran membuat kedua orang tuanya mulia di akhirat. Kedua orang tua akan mendapat mahkota dari cahaya dimana cahayanya lebih indah dari sinar mentari dunia.
  • Pengin Terlihat Cantik? 4 Doa Ini Perlu Diketahui Para Istri
    Muslimah
    Rabu, 17 Agustus 2022 - 13:55 WIB
    Meskipun tidak ada doa khusus, namun ada beberapa doa agar terlihat cantik dan bercahaya seperti wajah bidadari yang bisa dibaca dan amalkan para istri untuk suaminya.
  • Prof Haedar Nashir: Ramadhan sebagai Momen Berhijrah secara Spiritual, Intelektual dan Peran Sosial
    Dunia Islam
    Jum'at, 01 April 2022 - 16:21 WIB
    Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir, berharap umat Islam menjadikan bulan Ramadhan sebagai momen untuk berhijrah secara spiritual, intelektual, dan peran sosial.
  • Doa Istri Memohon Segala Kebaikan untuk Suami
    Tips
    Rabu, 28 Februari 2024 - 11:42 WIB
    Doa memohon segala kebaikan untuk suami tercinta ini, wajib diamalkan oleh para istri. Karena kekuatan doa seorang istri memiliki manfaat luar biasa untuk kebaikan suami dan anak-anaknya.