Topik Terkait: Ingkar Janji Atau Ghadar

  • Bolehkah Menebar Janji? Bagaimana Hukumnya dalam Islam?
    Tausyiah
    Rabu, 31 Januari 2024 - 10:14 WIB
    Di masa kampanye pemilihan calon presiden dan wakil-wakil rakyat, banyak orang menebar janji-janji untuk menarik simpatisannya. Bolehkah menabar janji dalam Islam? Bagaimana hukumnya?
  • Salah Satu Musuh Allah Ta’ala  Adalah Mereka yang Ingkar Janji
    Tausyiah
    Selasa, 19 Januari 2021 - 15:58 WIB
    Jangan mudah berjanji, karena janji adalah utang yang harus dibayar. Islam memandang bahwa kewajiban menunaikan janji adalah perkara yang mutlak.
  • Bicara yang Baik Atau Diam!
    Tausyiah
    Kamis, 02 Desember 2021 - 08:09 WIB
    Rasulullah SAW sendiri bahkan menjamin surga bagi siapa yang mampu menjaga lisannya. Ini sekaligus menandakan urgensi berhati-hati dalam berkata atau berbicara.
  • Ketika Ditimpa Musibah, Ujian atau Hukuman?
    Muslimah
    Jum'at, 25 Juni 2021 - 09:49 WIB
    Bila seseorang mendapatkan musibah, pasti ada pertanyaan yang menyelinap di dalam hati. Apakah musibah yanh menimpa tersebut adalah ujian atau hukuman bagi seseorang tersebut? Hal ini juga dipertanyakan kepada diri kita sendiri.
  • Peristiwa di Alam Barzakh,  Azab atau Nikmat Kubur?
    Muslimah
    Minggu, 07 Februari 2021 - 08:08 WIB
    Allh Azza wa Jalla memberikan pemberitaan umum kepada seluruh makhluk, bahwa setiap jiwa akan merasakan kematian. Hanya Allh Yang Maha Hidup, tidak akan mati.
  • 22 Sifat Bani Israil dalam Al-Quran, Mulai Ingkar Janji Hingga Menyembunyikan Kebenaran
    Hikmah
    Jum'at, 13 Oktober 2023 - 14:58 WIB
    Sifat Bani Israel telah disampaikan Allah melalui wahyu-Nya dalam Al-Quran. Mereka digambarkan sebagai umat yang zalim, menyembunyikan kebenaran, kerap membuat kerusakan dan lainnya.
  • Pengucapan Insya Allah Sering Disalahpahami, Begini Makna Sebenarnya
    Hikmah
    Senin, 19 Juni 2023 - 14:48 WIB
    Insya Allah secara harfiah berarti jika Allah menghendaki, dan digunakan sebagai ungkapan harapan, niat, atau janji yang terkait dengan kejadian masa depan. Akan tetapi dalam prakteknya, kalimat ini kerap kali diucapkan untuk janji yang potensial dilanggar.
  • Penjelasan Gus Baha: Sholat Berjamaah Dulu atau Melanjutkan Pekerjaan?
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Juni 2022 - 05:10 WIB
    Penjelasan Gus Baha tentang sholat berjamaah dulu atau melanjutkan pekerjaan menarik untuk disimak. Mana yang harus didahulukan? Simak penjelasan beliau berikut.
  • Lebih Afdhal Mana, Kurban Sapi Atau Kambing? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 13 Juni 2022 - 07:30 WIB
    Umat muslim di Indonesia biasanya berkurban dengan sapi, kambing dan domba. Pertanyaannya, lebih afdhal mana kurban sapi atau kambing? Simak penjelasannya.
  • Inilah Sikap Terbaik Ketika Dighibahi atau Dizalimi
    Muslimah
    Sabtu, 03 Juli 2021 - 10:19 WIB
    Ketika kita mendapat perlakukan tidak baik, dighibahi atau dizalimi orang lain, pasti kita merasa sakit hati dan marah. Tapi, ternyata sikap yang baik ketika kita dizalimi adalah istighfar dan melakukan muhasabah.
  • Surga Firdaus Bagi Orang yang Menepati Janji
    Muslimah
    Jum'at, 12 Februari 2021 - 10:42 WIB
    Surga itu memiliki banyak tingkatan, dan yang paling utama adalah Firdaus. Tempat dengan keutamaan yang besar ini hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang memiliki sifat-sifat baik, di antaranya adalah menepati janji.
  • Kisah Sultan Mesir yang Ingkar Mikraj Nabi SAW ke Sidratul Muntaha
    Hikmah
    Selasa, 14 Februari 2023 - 14:27 WIB
    Seorang Sultan Mesir menganggap mikraj Nabi Muhammad SAW ke sidratul muntaha yang hanya semalam tidak masuk di akal. Sejumlah ulama mencoba menjelaskan namun dia tak puas.
  • Gus Baha: Orang yang Ingkar Mikraj adalah Siti Aisyah
    Tausyiah
    Senin, 15 Maret 2021 - 19:36 WIB
    Ada satu fatwa Aisyah yang tidak diikuti ulama seluruh dunia. Beliau menyakini tidak terjadi mikraj. Mikraj itu bahasa mubaligh. Yang ada adalah isra saja, kata Gus Baha.
  • Kurban 1 Kambing Atau Patungan Sapi 7 Orang? Ini Pendapat Gus Baha
    Tausyiah
    Sabtu, 04 Juni 2022 - 08:05 WIB
    Berikut Pendapat Gus Baha tentang mana yang lebih baik, kurban 1 kambing atau patungan sapi dibagi 7 orang. Selama ini kurban patungan sapi lazim dilakukan umat muslim.
  • Kiamat Sudah Dekat: Penyesalan Orang yang Ingkar Hari Akhir
    Tausyiah
    Selasa, 21 Desember 2021 - 12:38 WIB
    Kiamat merupakan peristiwa hancurnya dunia. Sudah banyak data yang dilampirkan perihal kiamat, tanda tandanya, bagaimana dahsyatnya. Hanya saja, tidak ada bocoran kapan waktu terjadinya.
  • Beberapa Contoh tentang Perkara Keduniaan, serta Sikap Islam Terhadapnya
    Tausyiah
    Senin, 25 Januari 2021 - 17:10 WIB
    Persiapan kekuatan semampu mungkin, bersikap waspada terhadap musuh, serta melatih umat, juga sama. Alat-alat dan perangkat dapat berubah, sementara ajaran dan tujuannya adalah tetap.
  • Apakah Hukum Air Mani Suci atau Najis?
    Tips
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 07:19 WIB
    Apakah hukum air mani suci atau najis? Para ulama berbeda pendapat tentang status air mani, ada yang berpendapat itu tergolong benda yang najis dan ada yang berpendapat itu suci.
  • Seorang Muslim Wajib Menepati Janji, Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Kamis, 28 September 2023 - 13:00 WIB
    Benarkah menepati janji adalah sebuah kewajiban bagi seorang muslim? Apakah menepati janji juga termasuk akhlak mulia? Bagaimana hukumnya bila ingkar?
  • Apakah Nikmat dan Siksa Kubur Diterima Ruh atau Jasad? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 14 Mei 2024 - 12:31 WIB
    Di alam kubur ( barzakh ), setiap insan yang meninggal akan mengalami kenikmatan dan siksaan atas segala amal perbuatannya di dunia. Lantas, apakah siksaan dan kenikmatan di alam kubur itu menimpa ruh dan jasad?
  • Imam Chirri: Kepercayaan di Dalam Islam Lebih Penting Ketimbang Janji-Janji
    Dunia Islam
    Selasa, 12 Desember 2023 - 13:25 WIB
    Beberapa pengeritik Islam mengatakan bahwa Islam menjanjikan untuk orang-orang Islam yang baik yaitu surga di mana mereka senang dan tersedia apa yang mereka inginkan, baik materiil, spirituil.