Topik Terkait: Minuman Keras

  • Akibat Miras, Seorang Ahli Ibadah Berzina dan Membunuh Bayi Tak Berdosa
    Hikmah
    Senin, 01 Maret 2021 - 09:48 WIB
    Menolak peredaran minuman keras (miras) bukanlah semata-mata karena kepentingan agama, namun dampaknya yang merusak kehidupan manusia. Mari kita simak kisah berikut.
  • Kisah Wali yang Gemar Beli Miras dan Mendatangi Pelacur
    Hikmah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 12:23 WIB
    Kisah Wali yang gemar membeli minuman keras (miras) dan mendatangi tempat pelacur pernah terjadi di masa kepemimpinan Sultan Turki Utsmani Murad Ahmad atau Murad IV (1612-1640).
  • Peringatan Allah Terhadap Orang yang Hatinya Keras Seperti Batu
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Oktober 2021 - 23:46 WIB
    Salah satu tanda orang yang hatinya keras seperti batu yaitu tidak menerima kebenaran. Apabila mendapat nasihat, ia berpaling dan kerap marah.
  • Makanan dan Minuman Setan dalam Penjelasan Hadis serta Al-Quran
    Hikmah
    Senin, 01 Mei 2023 - 11:02 WIB
    Makanan dan minuman setan atau jin ternyata banyak dijelaskan dalam hadis dan Al-Quran. Apakah setan dan jin memerlukan makanan dan minuman itu atau hanya kiasan penggambarannya?
  • Inilah Minuman Favorit Rasulullah, Cocok Dikonsumsi di Bulan Ramadhan
    Tips
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 18:11 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam patut dicontoh dalam urusan makan dan minum. Sebab apa yang dikonsumsi beliau adalah hidangan paling berkah dan sehat.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Haram Hukumnya, Duduk-Duduk dengan Orang yang Minum Arak
    Tausyiah
    Sabtu, 14 November 2020 - 13:32 WIB
    Setiap muslim diperintah untuk menghentikan kemungkaran kalau menyaksikannya. Tetapi kalau tidak mampu dia harus menyingkir dan menjaga masyarakat dan keluarganya.
  • Pakaian dan Minuman yang Bersih Penghuni Surga Menurut Surat Al-Ihsan Ayat 21
    Hikmah
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 18:40 WIB
    Mereka berpakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan memakai gelang terbuat dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih (dan suci).
  • Bolehkah Berzikir dengan Suara Keras? Ini Penjelasan UAS
    Tausyiah
    Sabtu, 16 September 2023 - 20:37 WIB
    Bolehkah berdzikir bersuara keras? Hal ini kerap menjadi pertanyaan beberapa umat muslim. Berikut penjelasan Ustaz Abdul Somad (UAS).
  • 4 Minuman yang Ada di Surga, Salah Satunya Air Jahe dari Mata Air Salsabil
    Muslimah
    Minggu, 18 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Penghuni surga akan dimanjakan dengan kenikmatan-kenikmatan yang tiada tara, salah satunya adalah minuman dan makanan yang tidak pernah habis.
  • Waspadai Kerasnya Hati, Itu Tanda Allah Jauh Darimu
    Muslimah
    Minggu, 04 Juli 2021 - 14:43 WIB
    Hati manusia memegang peranan penting bagi kehidupan jiwanya dan kebaikan akhlaknya. Ulama mengatakan, jika Allah Taala menghukum atau jauh dari seseorang, maka dia akan diberi kekerasan hati sehingga tidak bisa menikmati lezatnya ibadah.
  • Larangan Memata-matai dan Mengorek-ngorek Informasi
    Muslimah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 08:01 WIB
    Perbuatan memata-matai atau mengorek-ngorek informasi tentang seseorang atau sesama saudara muslim sangat ditentang Rasulullah. Apalagi, jika perbuatan memata-matai ini dimaksudkan untuk membongkar aib.
  • Ketika Sayyidah Aisyah Tak Diberi Minuman Oleh Rasulullah
    Hikmah
    Rabu, 11 November 2020 - 22:43 WIB
    Semua orang pasti mendambakan rumah tangga yang sakinah, dirahmati dan penuh berkah. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam adalah sosok terbaik yang mengajarkan kita bagaimana memuliakan perempuan.
  • Makanan Olahan: Setiap yang Memabukkan Adalah Haram
    Tausyiah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 07:00 WIB
    Khamr terambil dari kata khamara yang menurut pengertian kebahasaan adalah menutup. Karena itu, makanan dan minuman yang dapat mengantar kepada tertutupnya akal dinamai juga khamr.
  • Benarkah Kerasnya Hati adalah Hukuman dari Allah?
    Tips
    Selasa, 17 Mei 2022 - 17:26 WIB
    Ulama mengatakan, jika Allah Taala menghukum atau jauh dari seseorang, maka dia akan diberi kekerasan hati sehingga tidak bisa menikmati lezatnya ibadah.
  • Semua Makanan Pada Asalnya Halal, Makanan Haram Hanya 4?
    Tausyiah
    Kamis, 18 Maret 2021 - 16:04 WIB
    Al-Imam asy-Syafii berkata: Asal hukum makanan dan minuman adalah halal kecuali apa yang diharamkan oleh Allah dalam Quran-Nya atau melalui lisan Rasulullah SAW.
  • Hati-hati! Banyaknya Peminum Khamr Tanda Kiamat Sudah Dekat
    Tausyiah
    Minggu, 10 Desember 2023 - 21:31 WIB
    Nabi Muhammad SAW mengabarkan dalam Hadis Nubuwah bahwa di antara tanda-tanda Kiamat adalah diminumnya khamr, minuman memabukkan yang merusak akal.
  • Tidak Puasa bagi Para Pekerja Keras
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 10:02 WIB
    Umat Islam wajib menjalankan ibadah puasa Ramadan, lalu bagaimana dengan kaum muslim yang meniti karir sebagai atlet sepakbola profesional atau atlet apapun itu terkait dengan kewajiban puasa?
  • Minuman Surga Zanjabil Disebut dalam Surat Al-Ihsan Ayat 17, Jahe Produksi Indonesia?
    Tausyiah
    Kamis, 04 Agustus 2022 - 17:05 WIB
    Salah satu rempah-rempah yang diproduksi di Indonesia, Jahe, disebut dalam Al-Quran pada surat Al-Insan 76 ayat 17-18. Di situs jahe disebut dengan nama zanjabil
  • Ancaman Keras Bagi yang Tidak Membayar Zakat
    Tausiyah
    Senin, 03 Juni 2019 - 03:30 WIB
    Zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan setiap muslim. Dalam Alquran Al-Karim, Allah selalu menggabungkan antara salat dan zakat.
  • Jabir Ibn Hayyan, Ilmuwan Muslim Penemu Air Keras
    Hikmah
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 17:23 WIB
    Ramai perbincangan air keras menyusul keluarnya tuntutan 1 tahun penjara bagi pelaku penyiraman air keras penyidik KPK Novel Baswedan. Apa sebenarnya definisi air keras dan siapa penemunya?