Kumpulan Artikel: Hari Kiamat (halaman 3)

  • Kisah Kedatangan Nabi Isa pada Akhir Zaman versi Islam dan Nasrani
    Hikmah
    Rabu, 11 Januari 2023 - 15:14 WIB
    Kisah kedatangan Nabi Isa pada akhir zaman versi Islam dan Nasrani hampir sama. Rasulullah SAW menyatakan, sesungguhnya menjelang hari kiamat nanti, Isa akan turun kembali ke bumi.
  • Arab Saudi Menghijau, Benarkah Pertanda Kiamat Sudah Dekat?
    Dunia Islam
    Senin, 09 Januari 2023 - 22:57 WIB
    Pegunungan Arab Saudi menghijau dipenuhi tumbuhan menjadi perbincangan hangat muslim di Tanah Air. Banyak mengaitkan fenomena ini pertanda Kiamat sudah dekat. Benarkah demikian?
  • Sudah 2023 Kok Belum Juga Kiamat? Ini Hikmahnya
    Tausyiah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 22:14 WIB
    Sudah Tahun 2023 belum juga Kiamat. Lalu, apa hikmah di balik ini? Mari kita simak paparan pengasuh Rumah Fiqih Indonesia Ustaz Ahmad Sarwat Lc MA berikut ini.
  • Tafsir Al-Mulk Ayat 27: Keadaan Kaum Kafir Ketika Hari Kiamat Sudah Dekat
    Tausyiah
    Jum'at, 06 Januari 2023 - 22:42 WIB
    Dalam tafsir Surat Al-Mulk ayat 27 diceritakan keadaan kaum kafir ketika Hari Kiamat sudah dekat. Wajah mereka menjadi muram ketika melihat azab yang mereka dustakan.
  • Tafsir Al-Mulk Ayat 24-25: Teguran untuk Kaum Kafir yang Mengingkari Hari Kebangkitan
    Hikmah
    Selasa, 03 Januari 2023 - 23:58 WIB
    Allah menceritakan sikap kaum kafir Mekkah yang ingkar terhadap hari kebangkitan. Mereka menganggap hal itu mustahil dan bertanya kepada Nabi Muhammad SAW dengan bahasa memperolok-olok.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Ayat Al-Quran yang Mengisahkan Nabi Isa akan Turun Kembali pada Hari Kiamat
    Tausyiah
    Selasa, 27 Desember 2022 - 09:24 WIB
    Ayat Al-Quran yang mengisahkan Nabi Isa alaihissalam akan turun kembali pada Hari Kiamat secara spesifik terdapat pada Surat An-Nisa ayat 159.
  • Kisah Ngerinya Hari Kiamat pada Surah Al-Qariah
    Hikmah
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 18:02 WIB
    Kisah ngerinya hari Kiamat pada Surah Al-Qariah perlu ditadabburi umat muslim sebagai peringatan untuk menyiapkan bekal iman dan takwa. Berikut gambarannya.
  • Keutamaan Membaca Al-Quran Surat Al-Qariah
    Tips
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 13:46 WIB
    Surat Al Qariah menceritakan kejadian-kejadian pada hari kiamat, yang tentu menjadi mengingat kita untuk mempersiapkan bekal akhirat nanti.
  • Jelang Kiamat Akan Muncul Al-Qathani, Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Sabtu, 26 November 2022 - 14:25 WIB
    Di akhir zaman akan muncul seorang laki-laki dari Qahthan, orang-orang taat kepadanya, dan berkumpul padanya. Hal itu terjadi ketika zaman telah berubah.
  • Kiamat Sudah Dekat: Orang-Orang Hina Diangkat Sebagai Pemimpin
    Hikmah
    Jum'at, 25 November 2022 - 10:06 WIB
    Di antara tanda-tanda kiamat sudah dekat adalah orang-orang hina diangkat sebagai pemimpin. Urusan masyarakat berada di tangan orang-orang bodoh, pandir, dan hina.
  • Banyak Terjadi Gempa Bumi, Salah Satu Tanda Kiamat Sudah Dekat
    Tausyiah
    Rabu, 23 November 2022 - 16:17 WIB
    Banyak terjadi gempa bumi ada hubungannya bahwa kiamat sudah dekat. Hal ini diinformasikan sejumlah hadis Nabi Muhammad SAW. Berikut penjelasannya.
  • Orang-Orang Saleh Tak Alami Ngerinya Kiamat, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Kamis, 17 November 2022 - 09:51 WIB
    Orang-orang saleh takkan mengalami ngerinya kiamat besar. Mengapa? Pada saat menjelang kiamat Allah SWT mewafatkan orang-orang pilihan tersebut, sehingga yang tersisa adalah orang-orang jahat.
  • Jadilah 1 di Antara 7 Golongan yang Dinaungi Allah pada Hari Kiamat
    Tausyiah
    Jum'at, 11 November 2022 - 17:44 WIB
    Rasulullah SAW mengabarkan ada 7 golongan manusia yang akan dinaungi Allah pada Hari Kiamat. Jadilah satu di antara 7 golongan yang beruntung itu.
  • Tanda-Tanda Kiamat: 3 Penenggelaman ke Dalam Bumi, Sudahkah Terjadi?
    Hikmah
    Rabu, 09 November 2022 - 14:01 WIB
    Salah satu tanda-tanda kiamat adalah terjadinya 3 penenggalaman ke bumi: penenggelaman di sebelah timur, penenggelaman di sebelah barat, dan penenggelaman di Jazirah Arab.
  • 5 Hal tentang Padang Mahsyar yang Patut Diketahui
    Hikmah
    Minggu, 06 November 2022 - 06:30 WIB
    Padang Mahsyar adalah salah satu perkara ghaib yang wajib diimani setiap muslim. Kebenaran tentang Padang Mahsyar disebutkan dalam beberapa ayat Al-Quran.
  • Tanda-Tanda Kiamat: Perang dengan Bangsa Turk, Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Kamis, 03 November 2022 - 18:37 WIB
    Rasulullah SAW mengatakan perang dengan bangsa Turk adalah salah satu tanda terjadinya kiamat. Perang itu telah terjadi dari masa Khalifah Muawiyah kemudian masa akhir Dinasti Abbasiyah.
  • Asap Jelang Kiamat, Bikin Kepala Kaum Kafir seperti Dipanggang di Atas Bara Api
    Hikmah
    Rabu, 02 November 2022 - 11:15 WIB
    Pada detik-detik menjelang kiamat akan muncul kabut dan asap yang memenuhi langit. Kabut itu tak begitu berbahaya bagi kaum mukmin. Mirip penyakit pilek saja. Namun menyakitkan bagi si kafir.
  • Datangnya Angin Lembut sang Pencabut Nyawa Jelang Kiamat
    Hikmah
    Rabu, 02 November 2022 - 05:15 WIB
    Pada saat menjelang kiamat Allah SWT mendatangkan angin yang lembut untuk mencabut roh orang-orang beriman. Setelah itu, tak ada lagi orang yang menyebut Allah ... Allah.
  • Yajuj dan Majuj: Dua Umat Bani Adam Kini Sudah Ada
    Hikmah
    Senin, 31 Oktober 2022 - 05:15 WIB
    Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin mengatakan Yajuj dan Majuj adalah dua umat dari Bani Adam yang telah ada sekarang. Lalu, di manakah mereka saat ini?
  • Gambaran Tatkala Dajjal Turun ke Bumi dan Ketika Nabi Isa Memimpin
    Hikmah
    Jum'at, 28 Oktober 2022 - 14:36 WIB
    Gambaran dunia tatkala Dajjal turun ke bumi lalu berkuasa sungguh kontras jika dibandingkan dengan begitu Nabi Isa turun, membunuh Dajjal lalu memimpin umat Islam.