Kumpulan Artikel: Rukun Puasa

  • Bacaan Niat Puasa Ramadan 2024 Lengkap
    Tips
    Senin, 11 Maret 2024 - 10:35 WIB
    Bacaan niat puasa Ramadan 2024 ini penting diketahui kaum muslim yang akan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Berikut lafaz niat puasa Ramadan 2024 lengkap-bacaan latin dan artinya.
  • Perhatikan 4 Hal Ini Terkait Niat Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Minggu, 10 Maret 2024 - 09:04 WIB
    Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan terkait niat puasa Ramadan yang akan kita jalankan, agar puasa Ramadan benar-benar bernilai ibadah.
  • 8 Hal yang Membatalkan Puasa Beserta Dalilnya
    Tips
    Sabtu, 30 September 2023 - 08:21 WIB
    Ada hal-hal yang dapat membatalkan puasa beserta dalilnya yang penting diketahui, karena terkait pelaksanaaan ibadah puasa baik puasa wajib mauapun puasa sunah yang dilakukan kaum muslim.
  • Bagaimana Hukum Bagi yang Tidak Melaksanakan Puasa Ramadan?
    Tausyiah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 08:25 WIB
    Salah satu yang termasuk dosa besar adalah meninggalkan dengan sengaja Puasa Ramadan. Sebab Puasa Ramadan adalah bagian dari tegaknya syariat Allah Taala di muka bumi.
  • Hukum Mandi Besar Sebelum Puasa Ramadan? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Maret 2023 - 09:54 WIB
    Ada kebiasaan di masyarakat kita jika menjelang atau memasuki bulan Ramadan, selalu melakukan ritual mandi besar atau istilahnya mandi keramas
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Berikut 6 Lafal Niat Puasa Ramadhan
    Tips
    Senin, 04 April 2022 - 04:05 WIB
    Salah satu rukun puasa adalah niat yang waktunya ditentukan yaitu setelah masuknya waktu Maghrib sampai sebelum masuknya waktu Subuh. Berikut 6 versi lafal niat puasa Ramadhan..
  • Jangan Sepelekan Dua Rukun Puasa Ramadhan Berikut Ini
    Tips
    Senin, 04 April 2022 - 03:00 WIB
    Rukun puasa Ramadhan ada dua. Pertama, al-imsak yakni menahan diri dari hal yang membatalkan puasa. Kedua, niat yang waktunya ditentukan yaitu setelah Maghrib sampai Subuh.
  • Jenis-Jenis Puasa Sunnah, Syarat Sah, dan Rukun Puasa
    Tausyiah
    Senin, 01 Februari 2021 - 19:47 WIB
    Definisi rukun adalah: Sesuatu yang jika ia tidak ada maka suatu amalan dianggap tidak ada. Namun dengan adanya dia, belum tentu suatu amalan dianggap ada, yang ia terletak di dalam amalan.