Topik Terkait: Rumah Sakit

  • Sejarah Unik Dunia Islam sebagai Pelopor Rumah Sakit Moderen
    Dunia Islam
    Selasa, 22 Agustus 2023 - 18:34 WIB
    Apa yang oleh orang Persia dan Arab disebut bimaristan, atau darushifa dalam bahasa Turki, adalah lahirnya sebuah institusi dan gagasan yang merevolusi pengobatan dan perawatan kesehatan.
  • Perbanyak 4 Zikir Ini Ketika Diuji Sakit
    Tips
    Kamis, 04 Mei 2023 - 13:37 WIB
    Ketika kita diuji dengan rasa sakit, dianjurkan membaca zikir dan doa agar Allah Subhanahu wa taala segera mengangkat dan menyembuhkan sakit kita. Allah-lah Yang Maha Menjaga makhluk-Nya, Ia Mahakuasa atas segala sesuatu
  • 5 Nikmat yang Didapat Ketika Sakit, Nomor 1 Diampuni Dosa-dosanya
    Tips
    Jum'at, 15 Juli 2022 - 17:25 WIB
    Bagi seorang muslim, ketika diberi ujian sakit sebenarnya merupakan kenikmatan yang memiliki keutamaan. Kenapa demikian? Karena ternyata banyak keutamaan dari sakit yang tengah diderita itu sebagai karunia Allah Subhanahu wa taala.
  • Doa-Doa Pendek yang Jadi Amalan Zikir Saat Sakit
    Tips
    Senin, 27 Februari 2023 - 11:32 WIB
    Setiap manusia pasti akan mendapat ujian dari Allah Subhanahu wa taala. Salah satunya ketika diuji dengan sakit, entah sakit yang ringan atau sakit yang cukup berat. Nah, ketika diuji dengan rasa sakit ini , kita dianjurkan membaca zikir dan doa.
  • Fadhilah Sakit, Demam Sehari Hapuskan Dosa Selama Setahun
    Tausyiah
    Sabtu, 18 Juni 2022 - 15:34 WIB
    Jangan pernah mencela penyakit atau mengeluhkannya, sebab demam sehari dapat menghapuskan dosa-dosa selama setahun. Berikut hikmah dan fadhilah sakit.
  • Ketika Allah Taala Sakit dan Minta Dijenguk, Begini Takwilnya
    Tausyiah
    Senin, 19 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Menjenguk si sakit ini memberi perasaan kepadanya bahwa orang di sekitarnya menaruh perhatian kepadanya, cinta kepadanya, menaruh keinginan kepadanya, dan mengharapkan agar dia segera sembuh.
  • Menderita Sakit Parah, Bolehkah Mengharap dan Meminta Mati Saja?
    Tausyiah
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Ada sebagian manusia yang mengharapkan hadirnya kematian. Misalnya orang yang tengah sakit parah, lantaran sakitnya itu ia meminta segera mati. Bolehkah permintaan yang demikian itu?
  • Tak Disangka Sakit pun Memberi Kenikmatan, Nomor Terakhir Jadi Penyemangat Menambah Bekal Akhirat
    Tausyiah
    Jum'at, 09 September 2022 - 16:56 WIB
    Bagi seorang muslim, ketika diberi ujian sakit sebenarnya merupakan kenikmatan yang memiliki keutamaan. Kenapa demikian? Karena ternyata banyak keutamaan dari sakit yang tengah diderita itu sebagai karunia Allah Subhanahu wa taala.
  • 5 Bacaan Doa dan Zikir Ketika Sedang Sakit, Nomor 2 Meniru Doa Nabi Yunus
    Tips
    Minggu, 26 Juni 2022 - 11:32 WIB
    Sakit merupakan salah satu karunia yang Allah Subhanahu wa taala berikan pada kita. Karenanya, ketika kita diuji dengan kondisi sakit, dianjurkan berzikir dan membaca doa agar Allah Taala menyembuhkan sakit kita.
  • Begini Gambaran Jenis Pengobatan di Rumah Sakit pada Era Kejayaan Islam
    Dunia Islam
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Operasi mata (terutama katarak) adalah salah satu kisah sukses pengobatan Islam terbesar, dengan polymath Andalusia Abu Al Qasim Al Zahrawi (Albucasis), dianggap sebagai bapak operasi modern.
  • Hukum Orang Sakit Mengharap Kematian
    Tips
    Senin, 26 Desember 2022 - 18:58 WIB
    Orang yang sakit diperbolehkan mengeluhkan penderitaannya. Namun, tidaklah baik baginya mengharapkan kematian atau meminta kematian karena penderitaan yang dialaminya.
  • Hukum Menjenguk Ahli Maksiat yang Sedang Sakit
    Tips
    Minggu, 11 Desember 2022 - 13:32 WIB
    Menjenguk orang nonmuslim yang sedang sakit dibenarkan syariat, bahkan kadang-kadang bernilai qurbah dan ibadah. Lalu bagaimana hukum menjenguk muslim yang ahli maksiat?
  • Doa untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah dan Adabnya
    Tips
    Selasa, 08 Maret 2022 - 15:54 WIB
    Doa untuk orang sakit sesuai sunnah perlu diketahui umat muslim sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW. Sejumlah riwayat menyebutkan beberapa doa berikut.
  • Begini Doa Saat Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Jum'at, 11 Desember 2020 - 06:00 WIB
    Ada suatu keanehan sebagaimana dikemukakan dalam al-Fath (Fathul-Bari), yaitu adanya sebagian orang yang menganggap musykil mendoakan kesembuhan si sakit. Mengapa?
  • Doa Sakit Gigi dan Cara Mengamalkannya
    Tips
    Selasa, 19 September 2023 - 20:17 WIB
    Doa sakit gigi ini diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, dan bagaimana cara mengamalkannya penting untuk diketahui.
  • Surat At-Tahrim Ayat 8, Doa saat Pemulihan dari Sakit
    Hikmah
    Jum'at, 18 Agustus 2023 - 09:35 WIB
    Surat At-Tahrim ayat 8, misalnya, dapat dijadikan doa atas wasilah agar dibantu dalam pemulihan kondisi orang yang baru sembuh dari sakit. Adapun caranya yaitu dengan membaca ayat tersebut.
  • Yuk, Amalkan Doa Ini Ketika Sedang Mengalami Sakit
    Tips
    Selasa, 09 November 2021 - 07:50 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan doa yang dapat dibaca oleh kita yang merasakan nyeri sambil memegang bagian tertentu pada tubuhnya yang sakit tersebut.
  • Doa Ampuh Saat Sakit Hati, Yuk Amalkan!
    Tips
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 12:40 WIB
    Apabila sakit hati masih mengayomi isi hati dan pikiran, lebih baik membaca doa supaya dijauhkan dari perbuatan yang dapat merusak keimanan kita sebagai seorang muslim.
  • Ikhtiar dan Doa ketika Sakit Sesuai Sunah Nabi Muhammad SAW
    Tips
    Sabtu, 03 Juni 2023 - 09:43 WIB
    Selain berobat, Nabi Muhammad SAW juga mengajari umatnya untuk berdoa ketika sakit. Khususnya ketika demam yang menjadi gejala dari sakit flu tersebut.
  • Keutamaan Membaca Surat Al-Mujadilah, Salah Satunya Dapat Meredakan Sakit
    Tips
    Jum'at, 13 Januari 2023 - 16:46 WIB
    Surat Al-Mujadilah memiliki beberapa keutamaan yang perlu diketahui kaum muslim. Surat yang diturunkan setelah Surat Al-Munafiqun ini memiliki arti wanita yang mengajukan gugatan.