Topik Terkait: Cendekiawan Muslim

  • DMI dan Pimpinan Pesantren Siapkan 70% Pemimpin Muda dari Cendikiawan Muslim di 2030
    Dunia Islam
    Sabtu, 05 Februari 2022 - 20:18 WIB
    Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen Pol (Purn) Syafruddin menggelar silaturahim dengan para kiai pengasuh pondok pesantren modern dan tradisional.
  • 7 Ilmuwan Muslim Paling Terkenal yang Muncul di Zaman Dinasti Abbasiyah
    Dunia Islam
    Selasa, 21 Februari 2023 - 14:30 WIB
    Ilmuwan Muslim dalam sejarahnya ternyata telah sedikit banyak memberi pengaruh terhadap dunia pengetahuan. Beberapa dari ilmuwan muslim yang terkenal berada dalam Dinasti Abbasiyah.
  • Al Tusi, Ahli Matematika dan Filsafat Pelopor Pendirian Observatorium Astronomi Terbesar di Dunia
    Dunia Islam
    Kamis, 23 November 2023 - 13:15 WIB
    Al Tusi adalah seorang cendikiawan muslim yang berkontribusi besar dalam sejarah keilmuan Islam. Ia juga salah satu penulis produktif pada zaman Islam periode pertengahan.
  • Muslim AS Takkan Pilih Biden Lagi pada Pemilu Mendatang
    Dunia Islam
    Selasa, 13 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Wali Kota Dearborn, Abdullah Hammoud, telah bersumpah Arab-Amerika tak akan memilih kembali Joe Biden pada pemilu mendatang, kecuali sebagai Presiden AS itu mengakhiri dukungannya terhadap Israel.
  • UU Anti-Muslim: Orang Islam Dianggap Orang Pakistan Bukan India
    Dunia Islam
    Minggu, 17 Maret 2024 - 18:05 WIB
    Tujuan utama diterapkannya UU Anti-Muslim adalah untuk tetap fokus pada Muslim atau Islam dengan cara yang paling licik dengan memilih tiga negara mayoritas Muslim di mana penganiayaan agama terjadi.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • 7 Tokoh Ulama dan Cendekiawan yang Lahir dari Bumi Uzbekistan
    Dunia Islam
    Senin, 05 Desember 2022 - 06:30 WIB
    Ulama dan cendekiawan Muslim yang lahir dari bumi Uzbekistan terbilang banyak. Di antaranya ada beberapa ulama yang sangat masyhur dan berjasa bagi umat Islam.
  • Sering Diabaikan, Inilah 6  Hak Muslim Terhadap Muslim Lainya
    Muslimah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 07:16 WIB
    Islam selalu mengajurkan kepada kehormatan, kemuliaan dan kedamaian kepada umatnya, serta selalu mengadakan hubungan antara sesama mereka. Untuk menjalin hubungan ini, selain kewajiban terdapat hak atas setiap pribadi muslim terhadap muslim lainnya..
  • Alhazen, Fisikawan Muslim Penemu Ilmu Optik yang Spektakuler
    Dunia Islam
    Senin, 20 November 2023 - 09:40 WIB
    Alhazen yang dikenal di dunia Barat, adalah ilmuwan muslim cerdas yang menguasai banyak ilmu khususnya bidang fisika dan matematika. Penemuannya yang spektakuler adalah gelombang cahaya atau optik.
  • Musik Blues: Jejak Muslim Afrika yang Diperbudak di Amerika
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Juni 2023 - 10:13 WIB
    Akar musik blues dapat ditemukan di field holler lagu solo, non-instrumental, lambat dengan kata-kata memanjang, jeda, dan melisma, semua elemen konstitutif dari gaya nyanyian dan bacaan Islami.
  • Legenda 3 Pemain NBA Muslim Terpopuler dan 5 Pemain yang Berlaga di NBA 2021-2022
    Dunia Islam
    Selasa, 14 Desember 2021 - 15:05 WIB
    Legenda 3 pemain NBA muslim terpopuler boleh jadi adalah Kareem Abdul-Jabbar, Hakeem Olajuwon, dan Rasheed Wallace. Kini mereka sudah pensiun, namun namanya tetap diingat publik basket.
  • Perkuat Kerja Sama, Delegasi Muslim Rusia Kunjungi Indonesia
    Dunia Islam
    Selasa, 14 Juni 2022 - 18:04 WIB
    Cendekiawan muslim Indonesia, Din Syamsuddin menerima kunjungan delegasi tokoh muslim Federasi Rusia di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/6/2022).
  • Cinta dan Patah Hati dalam Puisi Arab dan Muslim
    Dunia Islam
    Kamis, 03 Agustus 2023 - 11:52 WIB
    Nyatanya, patah hati adalah akhir yang lebih umum daripada bahagia selamanya di sebagian besar epos berbahasa Arab, dengan kekasih sering dipisahkan karena persaingan suku dan status sosial.
  • Allah Taala Mencintai Muslim yang Saling Menasehati
    Muslimah
    Minggu, 11 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala mengingatkan agar seorang muslim dapat saling memberi nasehat tentang kebenaran syariat Islam. Allah Taala juga mencintai sesama muslim yang saling menasehati.
  • Hadis Arbain: Tidak Halal Darah Seorang Muslim
    Tips
    Kamis, 16 November 2023 - 09:58 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-14 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis
  • Syarat Sempurnanya Iman dengan Mencintai Sesama Saudara Muslim
    Muslimah
    Rabu, 13 Januari 2021 - 11:16 WIB
    Sesama kaum muslimin harus saling mencintai, bukan saling menjatuhkan, bukan saling merongrong, tetapi menyeru kepada Allah Subhanahu wa Taala, menyeru kepada iman dan Islam yang haq
  • Prinsip Ahlus Sunnah wal Jama’ah: Tidak Mengafirkan Sesama Muslim
    Tausyiah
    Rabu, 28 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Di antara prinsip-prinsip akidah Ahlus Sunnah wal Jamaah adalah mereka tidak mengafirkan seseorang dari kaum muslimin kecuali apabila dia melakukan perbuatan yang membatalkan keislamannya.
  • Inilah Ilmuwan Muslim Penemu Virus Corona
    Hikmah
    Selasa, 28 Januari 2020 - 11:56 WIB
    Ada satu hal yang tidak diketahui banyak orang terkait fenomena virus Corona. Ternyata, orang yang pertama kali menemukan virus Corona (CoV) ini adalah seorang ilmuwan muslim.
  • Kisah Mualaf Alexander Russell: Dari Kristen Orthodox Sekte Presbitarian Menjadi Muslim
    Dunia Islam
    Jum'at, 09 Desember 2022 - 16:33 WIB
    Russell Webb adalah seorang penulis, penerbit. Ia sempat menjadi Konsul Amerika Serikat untuk Filipina. Selama menjalankan tugas itulah ia mempelajari Islam.
  • Biografi Ibnu Khaldun, Bapak Sosiologi dan Ilmu Sejarah dari Islam
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Mei 2023 - 10:48 WIB
    Ibnu Khaldun merupakan tokoh terkemuka yang berhasil mengembangkan filosofi sejarah nonreligius pertama di dunia. Namun sebagian besar mengenalnya sebagai bapak sosiologi dan ilmu sejarah dari Islam.
  • Sentimen Anti-Muslim di AS Meningkat 3 Kali Lipat Sejak 1995
    Dunia Islam
    Sabtu, 06 Mei 2023 - 13:02 WIB
    CAIR mengungkap keluhan tentang sentimen anti-Muslim di Amerika Serikat telah meningkat tiga kali lipat sejak 1995, dibandingkan setelah serangan teror 9/11.