Topik Terkait: Haji Syariah Dan Thariqah

  • Konsep Puasa Syari’ah, Thariqah, dan Hakikat Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Senin, 22 Februari 2021 - 15:53 WIB
    Puasa menurut Syaikh Abdul Qdir al-Jln ada tiga macam yaitu puasa syariah, puasa thariqah, dan puasa hakikat. Masing-masing puasa ini memiliki derajat atau tingkatan tersendiri.
  • Bacaan Talbiyah Ketika Ibadah Haji dan Keutamaannya
    Dunia Islam
    Senin, 22 Mei 2023 - 16:37 WIB
    Kalimat Talbiyah ini sering kita dengar ketika musim Haji di bulan Duzhijjah. Labbaika, Allahumma Labbaika..... Salah satu keutamaan kalimat ini mengandung pujian kepada Allah.
  • Macam-Macam Haji, Niat, serta Tata Caranya
    Tips
    Sabtu, 21 Mei 2022 - 17:35 WIB
    Macam-macam haji ada tiga, yakni haji Qiran, Tamattu, dan Ifrad. Yang membedakan ketiga macam haji ini adalah pelaksanaannya. Berikut niat dan tata caranya.
  • Hukum Menabung untuk Biaya Haji atau Umrah
    Tausyiah
    Kamis, 30 November 2023 - 13:15 WIB
    Saat ini marak tabungan haji atau umrah, tabungan sebagai biaya untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah. Bolehkah hal tersebut dan apa hukumnya menurut syariat?
  • Konsep Haji Syari’ah dan Thariqah Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Selasa, 23 Februari 2021 - 22:05 WIB
    Menurut Syaikh Abdul Qdir, sebelum berangkat haji seseorang harus membersihkan qalbunya terlebih dahulu dengan cara mengambil talqin zikir dari seorang mursyid.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Doa Pulang Haji 2023 untuk Tamu Menyambut Jemaah Haji
    Tips
    Selasa, 23 Mei 2023 - 21:11 WIB
    Berikut doa pulang Haji 2023 untuk tamu yang menyambut kedatangan jemaah Haji. Ketika jamaah haji kembali ke rumahnya, kita dianjurkan menyambutnya dengan memanjatkan doa.
  • Bacaan Niat Haji dan Urutan Tata Cara Pelaksanaannya
    Dunia Islam
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 16:54 WIB
    Bagi jemaah haji wajib mengetahui bacaan niat Haji dan urutan tata cara melaksanakannya. Sebagaimana kata Nabi, Haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga.
  • Saudi Rilis Panduan Haji dan Umrah Online dalam Bahasa Indonesia
    Dunia Islam
    Sabtu, 02 Juli 2022 - 19:05 WIB
    Kementerian Haji dan Umrah bekerja sama dengan Otoritas Umum Wakaf Arab Saudi merilis 13 Panduan Haji dan Umrah dalam 14 bahasa dunia, salah satunya bahasa Indonesia.
  • Konsep Sholat Thariqah atau Sholat Qalbu Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Senin, 15 Februari 2021 - 10:57 WIB
    Menurut Syaikh Abdul Qdir al-Jlani, pahala bagi orang yang melaksanakan salat syariah adalah surga, dan pahala bagi orang yang menjalankan shalat thariqah adalah al-Qurbah.
  • Puncak Haji Berakhir, 98 Persen Jemaah Reguler Jalani Haji Tamattu
    Dunia Islam
    Minggu, 02 Juli 2023 - 13:07 WIB
    Prosesi mabit (menginap) di Mina sudah berakhir. Seluruh jemaah haji Indonesia hari ini sudah meninggalkan Mina dan kembali ke hotel masing-masing di Makkah.
  • Ibadah Haji: Memahami Sejarah Nabi Ibrahim dan Ajarannya
    Tausyiah
    Senin, 06 Mei 2024 - 15:18 WIB
    Monoteisme Ibrahim as bukan sekadar hakikat keagamaan yang besar, tapi sekaligus penunjang akal ilmiah manusia sehingga lebih tepat, lebih teliti lagi, lebih meyakinkan
  • Doa Agar Segera ke Tanah Suci untuk Umrah dan Haji
    Tips
    Senin, 06 Juni 2022 - 18:38 WIB
    Doa agar segera ke Tanah Suci untuk umrah dan haji biasa dibaca oleh kaum muslim sebagai ikhtiar agar mendapat kelancaran untuk menunaikan rukun Islam kelima tersebut.
  • 7 Amalan Pahalanya Setara Ibadah Haji dan Umrah
    Tausyiah
    Sabtu, 12 September 2020 - 08:30 WIB
    Tahun ini 2020, tidak semua orang bisa pergi haji. Meski demikian ternyata ada beberapa hadis yang menyebutkan bahwa amalan-amalan ini pahalanya setara dengan haji.
  • Tiba di Asrama Haji Bekasi, 480 Jemaah Haji Langsung Dipulangkan ke Cianjur
    Dunia Islam
    Rabu, 05 Juli 2023 - 00:55 WIB
    Jemaah haji asal Cianjur tiba di Asrama Haji Bekasi, Selasa (4/7/2023) malam. Mereka rencananya langsung dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing.
  • Kisah Haji Tukang Sol Sepatu, Seluruh Haji Diterima Allah Berkat Amalannya
    Hikmah
    Minggu, 12 Juni 2022 - 22:00 WIB
    Tahukah Anda, ada satu kisah haji yang menakjubkan. Berkat amalan seorang tukang sol sepatu, ibadah seluruh jamaah haji tahun itu diterima Allah Taala. Berikut ceritanya.
  • Bacaan Talbiyah untuk Jemaah Haji
    Tips
    Rabu, 08 Mei 2024 - 08:45 WIB
    Bacaan talbiyah untuk jamaah haji sebagai salah satu sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan jamaah haji atau umrah yang disepakati ulama dan sesuai dengan riwayat populer dari Rasulullah SAW:
  • Syarat dan Hukum Badal Haji yang Perlu Dipahami Setiap Muslim
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Mei 2024 - 12:30 WIB
    Badal Haji adalah ibadah haji yang ditunaikan oleh seseorang atas nama orang lain yang berhalangan sehingga tidak dapat melaksanakan kewajibannya untuk datang ke Tanah Suci.
  • Hukum Badal Haji untuk Orang yang Telah Meninggal
    Tausyiah
    Kamis, 08 Juni 2023 - 19:49 WIB
    Mengetahui hukum badal haji untuk orang yang sudah meninggal perlu diketahui oleh kaum muslim. Terutama bagi mereka yang telah mendaftar haji dan terkena musibah tersebut.
  • Bertambah 10 Orang, Total 109 Jemaah Haji Indonesia Wafat
    Dunia Islam
    Kamis, 22 Juni 2023 - 22:00 WIB
    Sampai hari ini, sudah 93.364 jemah haji atau 243 kelompok terbang yang telah tiba di Tanah Suci.
  • Bacaan Doa Mengantar Orang Naik Haji Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan
    Tips
    Kamis, 09 Mei 2024 - 10:07 WIB
    Bacaan doa mengantar orang naik haji penting diketahui. Doa tersebut bisa diamalkan seorang Muslim ketika mengantar keluarga atau tetangga yang hendak berangkat menunaikan ibadah haji.