Topik Terkait: Gerakan Sujud

  • Doa Sujud Syukur dengan Bahasa Arab, Terjemahan serta Dalilnya
    Tips
    Senin, 09 Oktober 2023 - 19:09 WIB
    Doa sujud syukur ini penting dipahami dan dianjurkan untuk diamalkan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah subhanahu wa taala. Kenapa harus sujud syukur? Apa Dalilnya?
  • Tuntunan Praktis Sujud Syukur, Cara dan Bacaan Arab serta Artinya
    Tips
    Rabu, 16 Februari 2022 - 15:48 WIB
    Sujud syukur merupakan salah satu cara bersyukur atas nikmat Allah, bagi yang melakukannya menandakan bahwa ia adalah hamba yang selalu ingat kepada Allah Subhanahu wa taala. Bagaimana tata cara dan bacaan sujud syukur ini?
  • Keutamaan Sujud dalam Shalat dan Dalil-dalilnya
    Tips
    Senin, 06 September 2021 - 12:19 WIB
    Keutamaan sujud dalam shalat banyak sekali. Sujud seorang hamba pada Tuhannya adalah amal yang paling luar biasa dan semulia-mulia pengabdian yang dilakukan makhluk terhadap Khaliknya.
  • Tata Cara Sujud Sholat yang Benar untuk Perempuan
    Tips
    Senin, 18 Oktober 2021 - 19:24 WIB
    Meski syarat sujud antara laki-laki dan perempuan sama, namun terdapat perbedaan mengenai tata cara pelaksanaan sujud sholat antara laki-laki dan perempuan.
  • 3 Doa Sujud Terakhir dalam Sholat Sesuai Sunnah
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Juni 2022 - 18:20 WIB
    Memperbanyak doa ketika sujud termasuk anjuran Rasulullah shollallohu alaihi wasallam. Sebab ketika sujud, jarak antara seorang hamba dengan Allah sangatlah dekat.
  • Tanda Bekas Sujud dalam Surat Al-Fath Ayat 29, Begini Maksudnya
    Hikmah
    Kamis, 09 Desember 2021 - 22:10 WIB
    Salah satu ciri orang beriman adalah sering rukuk dan bersujud sebagaimana disebut dalam Al-Quran Surat Al-Fath ayat 29. Berikut makna tanda bekas sujud di wajah mereka.
  • Sejumlah Hadis yang Menjadi Dasar Wajibnya Sujud Sahwi
    Tausyiah
    Kamis, 21 Januari 2021 - 13:10 WIB
    Secara istilah, sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan di akhir salat untuk menutupi cacat dalam salat karena meninggalkan sesuatu yang diperintahkan.
  • Hati-hati, 2 Gerakan Ini Bisa Membuat Kita Jadi Pencuri Sholat
    Tips
    Rabu, 23 Maret 2022 - 15:02 WIB
    Pada umumnya, istilah mencuri yang kita tahu adalah mencuri barang orang lain tanpa sepengetahuannya seperti uang, motor, mobil dan lain-lain. Lantas mengapa ada si pencuri sholat dan untuk apa dia mencurinya?
  • Perbaiki Cara Salat Anda, Ada 7 Syarat Sah Sujud
    Tausyiah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 17:14 WIB
    Sujud merupakan salah satu rukun salat yang wajib dipenuhi. Meninggalkannya atau melakukannya dengan tidak memenuhi syarat-syaratnya menyebabkan ibadah salat tidak sah.
  • Yuk Hafalkan! 8 Permintaan Ketika Duduk di Antara Dua Sujud
    Tausyiah
    Rabu, 06 September 2023 - 15:21 WIB
    Duduk di antara dua sujud termasuk rukun sholat yang tidak boleh ditinggalkan. Berikut doa yang dibaca ketika duduk di antara dua Sujud. Ada 8 permintaan dalam posisi ini.
  • Sujud Syukur, Sunnah yang Sering Terlupakan
    Muslimah
    Minggu, 18 Juli 2021 - 11:31 WIB
    Ungkapan rasa syukur ketika mendapat nikmat biasanya dengan mengucapkan kata alhamdulillah. Selain hal tersebut, ada sunnah lain yang dianjurkan yakni sujud syukur. Sayangnya, sunnah ini sudah jarang ditemui atau bahkan nyaris terlupakan.
  • Melihat Penderitaan Orang Lain Boleh Sujud Syukur, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Minggu, 07 Agustus 2022 - 18:29 WIB
    Sujud syukur dapat dilakukan saat melihat penderitaan orang lain dengan membandingkan keadaannya dengan keadaan orang yang sujud. Tentu saja sujud tersebut tidak dilakukan dihadapan si penderita.
  • Cara Sujud Syukur dan Bacaan Doanya
    Tausyiah
    Minggu, 18 Februari 2024 - 07:45 WIB
    Sujud syukur karena mendapat kabar gembira, misalnya menang pemilihan presiden, tak bisa dilakukan sembarangan. Syarat sujud syukur sama saja dengan sembahyang.
  • Hitamnya Dahi Bekas Sujud, Apakah Pertanda Orang Saleh?
    Tausyiah
    Kamis, 16 November 2023 - 18:09 WIB
    Mungkin ada yang mengira bahwa hitamnya dahi (jidat hitam) merupakan tanda kesalehan seseorang, karena dianggap sering sholat. Pertanyaannya, mengapa timbul bekas hitam tersebut?
  • Sujud Syukur Menurut Syaikh Muhamamd Arsyad Al-Banjari
    Tausyiah
    Minggu, 21 Mei 2023 - 08:43 WIB
    Maulana Syaikh Muhammad Arsyad Al-Banjari di dalam kitab beliau yang monumental Sabilal Muhtadin membahas kajian Sujud Syukur. Berikut penjelasannya.
  • Tata Cara Sujud Sahwi, Lengkap Bacaan dan Waktunya
    Tips
    Kamis, 08 Desember 2022 - 21:04 WIB
    Sujud Sahwi merupakan ibadah yang disunnahkan apabila seseorang ragu atau lupa dalam gerakan sholat. Terdapat beberapa riwayat yang menjelaskan tentang tata cara sujud sahwi ini.
  • 5 Doa Ketika Sujud Sesuai Sunnah Nabi, Tinggal Pilih yang Disukai
    Tausyiah
    Jum'at, 22 September 2023 - 22:07 WIB
    Doa ketika Sujud dalam sholat cukup banyak. Rasulullah ? mengajarkan lebih dari satu doa. Kita tinggal memilih doa mana yang kita sukai. Berikut bacaan doanya.
  • Gerakan Teosofi Budi Utomo: Terbuka untuk Semua Agama, tapi Tidak dengan Islam
    Dunia Islam
    Rabu, 22 November 2023 - 14:41 WIB
    Prof Reeve sebagai akademisi yang pernah meneliti Gerakan Teosofi, menyatakan, Perkumpulan Teosofi mengaku terbuka untuk semua agama, namun tampaknya mereka menjalin sangat sedikit persentuhan dengan Islam,
  • Masjid Abu Dzar al-Ghifari di Madinah dan Sujud Syukur Rasulullah SAW
    Dunia Islam
    Selasa, 30 Mei 2023 - 08:36 WIB
    Masjid Abu Dzar al-Ghifari terletak 900 meter di utara Masjid Nabawi. Itu juga dikenal sebagai Masjid al-Sajdah. Dinamakan demikian karena Rasulullah SAW pernah sujud syukur di tempat itu.
  • Masya Allah! Gerakan Salat Tarawih Bisa Sehatkan Jantung
    Dunia Islam
    Selasa, 19 Maret 2024 - 11:04 WIB
    Bulan Ramadan menjadi kesempatan muslim dan muslimah untuk meningkatkan ibadah wajib dan sunah. Salah satunya shalat sunah yang dianjurkan yaitu tarawih dan witir.