Topik Terkait: Kisah Menarik Penuh Ibrah

  • Kisah Lucu Penuh Ibrah, Seorang Arab Badui Tak Hafal Rakaat Sholat
    Hikmah
    Senin, 07 Agustus 2023 - 06:45 WIB
    Kisah seorang Arab Badui yang tak mampu menghafal jumlah rakaat sholat termasuk kisah lucu yang penuh ibrah. Kisah ini diketengahkan dalam buku 100 Kisah Menarik Penuh Ibrah.
  • KIsah Penuh Ibrah: Usia Lanjut  Nikahi Gadis Belia, Wafat Saat Jima
    Hikmah
    Jum'at, 05 Maret 2021 - 16:16 WIB
    Ashim bin Kulaib menuturkan, Suwaid bin Ghaflah menikahi seorang gadis muda padahal umurnya sudah mencapai 116 tahun. Beliau wafat pada umur 128 tahun pada tahun 81 H.
  • Rebutan Calon Istri, Sahabat Nabi Mughirah bin Syu’bah Diperdaya Anak Muda
    Hikmah
    Selasa, 16 Maret 2021 - 17:28 WIB
    Mughirah bin Syubah membatalkan pernikahannya karena ada seorang pemuda yang mengabarkan bahwa dirinya melihat calon istrinya itu pernah dicium lelaki.
  • Kisah Penuh Ibrah: Perusakan Hajar Aswad Jadi Sasaran Musuh Islam
    Hikmah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 08:37 WIB
    Upaya perusakan batu hitam ternyata tidak hanya sekali itu saja. Kedengkian musuh-musuh Allah dan usaha mereka untuk menghancurkan syiar-syiar Allah salah satunya dengan menjarah Hajar Aswad.
  • Kisah Izrail Menyamar sebagai Pengemis dan Orang yang Sibuk Mengumpulkan Harta
    Hikmah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 11:13 WIB
    Bagi para pecinta harta akan membenci semuanya kala ajal akan menjemput. Harta memang bisa mengangkat derajat seseorang di dunia namun harta tak ada nilainya jika kita mati.
  • Kisah Menarik Penuh Ibrah: Alangkah Berharganya Wajah Wanita
    Hikmah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 09:05 WIB
    Sang istri kemudian membalas, Saya juga bersaksi kepada hakim bahwa saya telah merelakan mahar saya dan memberikannya kepada suami saya dan dia telah lepas beban dunia dan akhirat.
  • Beginilah Akhir Tragis Para Penghina Rasulullah SAW
    Hikmah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Kata mereka, Kami menyambut gembira dengan kemenangan jika kami mendengar celaan mereka kepada Nabi SAW sekalipun hati kami penuh amarah dengan ucapan mereka tersebut.
  • 6 Julukan Bulan Syawal yang Penuh Keistimewaan
    Dunia Islam
    Jum'at, 06 Mei 2022 - 16:01 WIB
    Saat ini kita telah masuk di bulan Syawal dalam kalender Islam. Selain penuh dengan amalan, bulan syawal juga memiliki beragam julukan, karena keistimewaaannya tersebut. Julukan apa saja?
  • Kisah Bijak Para Sufi: Bendungan
    Hikmah
    Senin, 29 Juni 2020 - 05:55 WIB
    Cerita ini menggambarkan asal-usul pelik dari ajaran-ajaran Sufi, tetapi tampaknya datang dari tempat lain, sebab pikiran manusia tak dapat merasakan sumber yang sejati.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Warisan
    Hikmah
    Kamis, 11 Juni 2020 - 06:25 WIB
    Biarlah masyarakat mengambil bagi mereka bagian yang mereka inginkan, dan biarlah mereka memberikan bagian yang mereka inginkan kepada Arif Si Rendah Hati.
  • Kisah Kurban Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail Berdasar Al-Quran
    Tausyiah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 17:39 WIB
    Peristiwa penyembelihan Nabi Ismail dan asal-usul ibadah kurban ini dimulai dari surah as-Saffat ayat 99-100 yang berisi kisah penantian panjang Nabi Ibrahim akan kehadiran seorang anak.
  • Kisah Sufi Ibrahim Khawwas tentang Sifat Murid
    Hikmah
    Senin, 03 Januari 2022 - 12:50 WIB
    Kisah ini menggarisbawahi secara dramatis perbedaan antara apa yang calon murid pikirkan tentang hubungan yang seharusnya dengan sang guru dan seperti apa pada kenyataannya.
  • Kisah Pezina dan Sepotong Roti yang Penuh Ibrah
    Hikmah
    Senin, 01 Mei 2023 - 17:30 WIB
    Kisah pezina dan sepotong roti ini mungkin pernah kita dengar di majelis ilmu atau kajian para Dai. Kisah ini sarat dengan himah dan ibrah (pelajaran). Simak kisahnya.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Toko Lampu
    Hikmah
    Senin, 20 Juli 2020 - 06:00 WIB
    Orang itu mengaku telah diberitahu oleh para ahli bahwa di tempat itu mereka menjual alat-alat tertentu yang memungkinkan orang bisa membaca dalam gelap.
  • Kisah Kebijaksanaan Rasulullah Saat Pembebasan Makkah
    Hikmah
    Jum'at, 17 Mei 2019 - 14:37 WIB
    Dalam peristiwa Fathu Makkah ada satu kisah kebijaksanaan Rasulullah yang menyentuh hati. Kedatangan beliau ke Makkah berhasil membebaskan Makkah dari kesyirikan tanpa perlawanan dari kaum quraisy.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Isa dan Para Peragu
    Hikmah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 06:12 WIB
    Tradisi menyebutkan bahwa tokoh yang sering mengulang-ulang kisah ini adalah salah seorang dari orang-orang pertama yang menyandang gelar Sufi: Jabir bin Al-Hayyan
  • Kisah Sufi: Orang yang Mudah Marah
    Hikmah
    Sabtu, 31 Desember 2022 - 15:36 WIB
    Kisah berikut ini dinukil dari buku berjudul Tales of The Dervishes karya Idries Shah yang diterjemahkan oleh Ahmad Bahar menjadi Harta Karun dari Timur Tengah - Kisah Bijak Para Sufi.
  • Kisah Mengharukan, Detik-detik Wafatnya Rasulullah SAW
    Hikmah
    Senin, 11 Juni 2018 - 03:30 WIB
    Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) wafat pada hari Senin pagi tanggal 12 Rabiul Awal tahun 11 Hijriah atau 633 Masehi. Beliau wafat pada usia 63 tahun lebih empat hari.
  • Kisah Nabi Daud Melawan Raja Laut yang Sombong Menggunakan Ketapel
    Hikmah
    Senin, 04 September 2023 - 11:34 WIB
    Nabi Daud merupakan seorang nabi dan raja dari Bani Israil yang disebutkan dalam Al-Quran. Beliau dikenal sebagai sosok yang saleh, pemberani, dan bijaksana dalam menentukan sesuatu.
  • Kisah Salman Al-Farisi, Sempat Menjadi Penjaga Api Agama Majusi
    Hikmah
    Jum'at, 25 Maret 2022 - 17:23 WIB
    Kisah heroik perjalanan Salman meninggalkan agama nenek moyangnya bangsa Persia, masuk ke dalam agama Nasrani dan dari sana pindah ke dalam Agama Islam.