Topik Terkait: Kehidupan Bumi

  • 4 Tahap Kehidupan Manusia Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Senin, 13 Februari 2023 - 05:15 WIB
    Imam al-Ghazali menyebut perjalanan manusia di dunia ini bisa dikelompokkan dalam empat tahap - yang inderawi, eksperimental, instingtif dan rasional. Apa maksudnya?
  • Di Balik Gempa Bumi dan Polemik Azab Allah Taala
    Hikmah
    Rabu, 10 Mei 2023 - 19:16 WIB
    Banten kembali diguncang gempa.. Setiap terjadi gempa, di Banten maupun di jagad lainnya, muncul spekulasi di tengah masyarakat: apakah ini sebagai ujian, ataukah sabagai azab?
  • Mengenal Bangsa Jin dan Kehidupan
    Muslimah
    Minggu, 13 Juni 2021 - 15:44 WIB
    Makhluk ciptaan Allah Subhanahu wa taala dapat dibedakan antara yang bernyawa dan tak bernyawa. Di antara yang bernyawa adalah jin. Bagaimana sebenarnya wujud jin tersebut?
  • 5 Fase Kehidupan Manusia Sesuai Sabda Nabi
    Hikmah
    Rabu, 08 September 2021 - 17:58 WIB
    Dalam satu riwayat, Nabi shallallahu alaihi wasallam menerangkan bahwa manusia akan mengalami lima fase sebelum datangnya hari Kiamat besar.
  • Gempa Bumi Bukanlah Azab, Berikut Penjelasan Gus Baha
    Tausyiah
    Kamis, 09 Februari 2023 - 17:34 WIB
    Ketika terjadi gempa di satu daerah, jangan langsung mengatakan Allah telah menurunkan azab kepada penduduk di daerah tersebut. Berikut penjelasan Gus Baha.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Syaikh Al-Qardhawi: Orang Beriman Itu Memiliki Rasa Keindahan terhadap Alam
    Tausyiah
    Selasa, 18 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Sesungguhnya Al-Quran itu ingin menanamkan di dalam pikiran setiap mukmin dan di dalam hatinya rasa keindahan yang terbentang di seluruh penjuru dunia, baik dari atas, dari bawah maupun dari sekelilingnya.
  • Gempa Bumi dalam Perspektif Al-Quran, Berikut 3 Hikmahnya
    Hikmah
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 20:50 WIB
    Musibah gempa bumi juga pernah terjadi di zaman para Nabi. Pada masa Umar Bin Khattab, gempa bumi pernah melanda Madinah. Berikut pesan Al-Quran tentang musibah.
  • Langit dan Bumi Dulunya Satu Sebelum Terpisah, Ini Penjelasan Al-Quran (2/Tamat)
    Hikmah
    Selasa, 28 Desember 2021 - 10:41 WIB
    Dalam Surat Al-Anbiya Ayat 30 dijelaskan bahwa langit dan bumi dulunya menyatu, kemudian keduanya dipisahkan dan segala sesuatu yang hidup berasal dari air.
  • Sufisme Pengaruhi Kehidupan Mistik di India
    Hikmah
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 16:58 WIB
    Pengaruh sufisme terhadap kehidupan mistik di India sangat kuat sehingga beberapa mazhab mistik yang dianggap sebagai produk Hinduisme kuno dinyatakan oleh para peneliti bersumber pada ajaran sufi.
  • Hikmah dan Manfaat Sikap Husnuzan dalam Kehidupan
    Muslimah
    Minggu, 16 Agustus 2020 - 20:33 WIB
    Islam adalah sumber dari segala sumber pendidikan akhlak terpuji baik terhadap Allah, sesama manusia dan juga pada makhluk yang lain yang diciptakan oleh Allah di muka bumi ini.
  • Perkawinan, Pendorong Sekaligus Penghalang dalam Kehidupan Keagamaan (1)
    Tausyiah
    Kamis, 09 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Umar bertanya kepada Nabi tentang hal-hal yang paling penting untuk dicari di dunia ini. Beliau menjawab: Lidah yang selalu berzikir kepada Allah, hati yang penuh rasa syukur dan istri yang amanat.
  • Doa Orang Tua untuk Kehidupan Anaknya agar Diberkahi
    Tips
    Minggu, 14 Januari 2024 - 12:25 WIB
    Doa orang tua untuk anak-anaknya agar mendapat kehidupan terbaik dan diberkahi ini, diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.Bahkan doa ini bukan hanya untuk anak kandung tetapi juga untuk murid.
  • Bikin Binasa Kehidupan, Gara-Gara Memperturutkan Hawa Nafsu
    Tausyiah
    Selasa, 12 Mei 2020 - 17:06 WIB
    Sayyidina Ali berkata, barang siapa yang mengikuti hawa nafsunya, maka hawa nafsunya itu akan membutakannya, menulikannya, menghinakannya dan menyesatkannya.
  • Aa Gym: 5 Hikmah Dibalik Kehidupan New Normal
    Tausyiah
    Rabu, 10 Juni 2020 - 14:53 WIB
    Tidak ada satu pun kejadian di muka bumi yang terjadi secara kebetulan atau sia-sia tanpa hikmah. Begitu juga wabah yang Allah Taala takdirkan saat ini.
  • Mulailah Persiapkan Bekal untuk Kesuksesan di Akhirat
    Muslimah
    Rabu, 06 Januari 2021 - 17:01 WIB
    Kesuksesan manusia benar-benar bisa dilihat ketika sudah berada di akhirat. Sekaya apapun, sepintar apapun, atau sekuasa apapun seseorang di dunia, bila kekal di neraka, apa gunanya?!
  • 3 Kisah Mimpi yang Berbekas Dalam Kehidupan Selanjutnya
    Hikmah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 14:23 WIB
    Nafi. Dia seorang qari mengaku pernah bermimpi bertemu Nabi SAW, dan beliau membacakan ayat Al-Quran di mulutnya. Semenjak saat itu tercium bau ini di mulutnya.
  • Belajar Kehidupan dari Sosok Hindun binti Utbah
    Muslimah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 16:08 WIB
    Selain meneladani kisah nabi, sebagai muslimah juga dianjurkan untuk meneladani para shahabiyah (sahabat nabi perempuan atau perempuan-perempuan hebat dan agung pada zaman Rasulullah). Sosok Hindun binti Utbah, salah satunya.
  • Doa Bila Terjadi Gempa Bumi dan Ketika Selamat dari Musibah Itu
    Tips
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 19:07 WIB
    Berikut adalah doa ketika terjadi gempa bumi dan doa untuk mereka yang terkena musibah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Mari kita amalkan pada saat musibah itu terjadi.
  • Mohamed Elneny: Bukti Hidup Jalankan Puasa Selaras Kehidupan Pesepakbola
    Dunia Islam
    Senin, 01 April 2024 - 02:00 WIB
    Mohamed Elneny adalah bukti hidup, bernapas, dan tersenyum bahwa menjalankan puasa Ramadan bisa selaras dengan kehidupan seorang pesepakbola Premier League.
  • Siapakah Pasangan Abadi Kita di Akhirat Kelak? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Minggu, 07 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Tentang kehidupan akhirat kelak, sungguh sangat misteri termasuk tentang siapa pasangan kita di kehidupan abadi nanti. Berpasangan di dunia, belum tentu juga merupakan pasangan di akhirat.