Topik Terkait: Bilal Bin Rabah

  • Adzan Terakhir Bilal Bin Rabah dan Dialog Jelang Sakaratul Maut
    Hikmah
    Senin, 22 November 2021 - 15:02 WIB
    Ada dua versi perihal kisah Adzan terakhir Bilal bin Rabah. Versi pertama Adzan di Damaskus atas permintaan Umar bin Khattab. Versi kedua di Madinah atas perminaan Hasan dan Husein.
  • Bilal bin Rabah, Budak yang Disebut Pemimpin Kita oleh Umar bin Khattab
    Hikmah
    Rabu, 10 November 2021 - 16:27 WIB
    Bilal bin Rabah awalnya hanyalah seorang budak. Tatkala ia menjadi muadzin pertama dalam Islam, Umar bin Khattab menyebutnya sebagai pemimpin kita.
  • Kisah Abu Bakar dan Bilal yang Dikarantina karena Terkena Wabah
    Hikmah
    Sabtu, 16 April 2022 - 14:19 WIB
    Wabah sempat menyerang kaum muhajirin di Madinah tak lama setelah era Rasulullah SAW dan para sahabat tinggal di kota tersebut. Abu Bakar, Amir bin Fuhairah, dan Bilal bin Rabah pun dikarantina.
  • Ketika Bilal bin Rabah Tak Mampu Lagi Mengumandangkan Adzan
    Hikmah
    Kamis, 18 November 2021 - 19:40 WIB
    Bilal bin Rabah tak mampu lagi mengumandangkan Adzan pascawafatnya Rasulullah SAW. Bilal tak sanggup lagi meneruskan Adzannya tatkala sampai pada kalimah Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah.
  • Kisah Ketika Bilal Bin Rabah Adzan di Atas Reruntuhan Berhala saat Fathu Makkah
    Hikmah
    Rabu, 17 November 2021 - 15:42 WIB
    Kisah Bilal menyenandungkan Adzan di atas reruntuhan berhala pada saat Fathu Makkah sungguh mengharukan. Berhala-berhala ittu sebelumnya dijadikan tuhan oleh orang-orang Quraisy.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Nasihat Tabiin Ar-Rabi bin Khutsaim yang Menyentuh Hati
    Hikmah
    Sabtu, 16 April 2022 - 14:02 WIB
    Ar-Rabi bin Khutsaim adalah salah satu ulama tabiin yang utama dan satu di antara delapan orang yang dikenal paling zuhud. Beliau adalah murid dari Abdullah bin Masud, sahabat Rasulullah SAW.
  • Kisah Bilal dan Adzan Terakhir yang Menggetarkan Madinah
    Hikmah
    Minggu, 06 Oktober 2019 - 11:04 WIB
    Bilal bin Rabbah RA, sahabat Nabi berkulit hitam dari Habsyah (Ethiopia) yang memeluk Islam ketika menjadi budak. Beliau dimerdekakan Sayyidina Abu Bakar saat disiksa kafir Quraisy.
  • Kisah Kekalahan Ali bin Abi Thalib dari Utsman bin Affan dalam Pemilihan Khalifah
    Hikmah
    Minggu, 24 Desember 2023 - 05:49 WIB
    Sumber kedua mengatakan bahwa setelah Abdur-Rahman membaiat Utsman, Ali berkata kepadanya: Anda merangkak untuk selamanya. Ini bukan yang pertama kali Anda memperlihatkan kekuatan Anda kepada kami.
  • Begini Cara Abdurrahman bin Auf Tetapkan Utsman sebagai Pengganti Umar bin Khattab
    Hikmah
    Jum'at, 22 Desember 2023 - 07:27 WIB
    Sesudah mereka keluar dari tempat Umar, Ali berkata kepada jemaah dari Banu Hasyim: Kalau ada dari kalian yang mau mendengarkan pendapat saya, janganlah sekali-kali mencalonkan pengganti.
  • Siasat Licik Amr bin Al-Ash Membuat Terjadinya Pembelotan Pasukan Ali bin Abu Thalib
    Hikmah
    Jum'at, 05 Februari 2021 - 16:52 WIB
    Saat itu tidak ada orang lain yang memberi perlindungan kepada Ali bin Abu Thalib kecuali dua orang puteranya sendiri Al Hasan dan Al Husein serta Abdullah Ibnu Abbas dan beberapa orang lain.
  • Kesaksian Amr bin Maimun Detik-Detik Syahidnya Umar bin Khattab
    Hikmah
    Sabtu, 18 Desember 2021 - 13:13 WIB
    Amr bin Maimun bercerita tentang syahidnya Khalifah Umar bin Khattab. Amr mengaku mengikuti beberapa hari sebelum Umar diserang pembunuhnya sampai pemakaman sahabat Nabi tersebut.
  • Benarkah Ahmad bin Hanbal dan Ibnu Taimiyah Mengembangkan Doktrin Takfir?
    Tausyiah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Aneh bin ajaib, bila para ulama semisal Imam Ahmad bin Hanbal, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, Muhammad bin Abdul Wahhab, Syaikh al-Albani, Syaikh Ibnu Utsaimin dianggap suka mengkafirkan manusia
  • Pertempuran Nahawand: Kisah Ali bin Abi Thalib Mencegah Umar bin Khattab Memimpin Perang
    Hikmah
    Senin, 22 April 2024 - 05:54 WIB
    Ali berkata kepada Umar: Kedudukan Anda bagi orang Arab seperti untaian mutiara yang dapat merangkai dan mengikat. Kalau lepas akan berserakan semua dan akan hilang. Sesudah itu tidak akan pernah bersatu lagi.
  • Kampanye Keji untuk Menumbangkan Kekhalifahan Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Sabtu, 23 Januari 2021 - 18:26 WIB
    Secara demonstratif sampul surat Muawiyah diperlihatkan kepada orang banyak. Semua orang ingin tahu apa yang terjadi akibat pembangkangan Muawiyah.
  • Bacaan Bilal Tarawih dan Jawaban Makmum Berikut Tabelnya
    Tausyiah
    Minggu, 21 Maret 2021 - 17:18 WIB
    Sholat tarawih menurut mazhab Ahlusunnah wal jamaah berjumlah 20 rakaat tanpa witir atau 23 rakaat beserta sholat witir. Berikut bacaan bilal dan zikir saat sholat tarawih.
  • Ujian Buat Umar bin Khattab, Ali bin Abu Thalib yang Menjawab
    Hikmah
    Selasa, 20 April 2021 - 04:24 WIB
    Kami hendak menanyakan beberapa masalah penting kepada anda. Jika anda dapat memberi jawaban kepada kami, barulah kami mau mengerti bahwa Islam merupakan agama yang benar
  • Dendam Karbala: Nasib Tragis Umar bin Saad
    Dunia Islam
    Selasa, 16 Agustus 2022 - 18:24 WIB
    Nasib Umar bin Saad bin Abi Waqqash amat tragis di akhir hayatnya. Pemimpin pasukan Ubaidillah bin Ziyad ini, tewas bersama anaknya, Hafsh bin Umar bin Saad.
  • Muawiyah Menangis Mendengar Kesaksian Dhirar bin Dhamrah tentang Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Minggu, 19 Desember 2021 - 07:16 WIB
    Dalam politik Muawiyah adalah rival Ali bin Abi Thalib. Meski begitu, Muawiyah yang akhirnya menjadi pemenang tak bisa menahan air matanya ketika mendengar tentang kebaikan Ali bin Abi Thalib.
  • Wasiat Berharga Ali bin Abi Thalib kepada Kumail bin Ziyad
    Hikmah
    Senin, 20 Desember 2021 - 11:59 WIB
    Imam Ibnul Jauzi mengungkap wasiat Khalifah Ali bin Abi Thalib kepada Kumail bin Ziyad. Wasiat tersebut sangat berharga ini disampaikan pada saat mereka sedang duduk berdua.
  • Tragis, Nyawa Khalifah Ali Dijadikan Mahar Oleh Abdul Rahman bin Muljam
    Hikmah
    Minggu, 14 Februari 2021 - 19:37 WIB
    Permintaanmu berupa uang 3.000 dirham, seorang budak lelaki dan seorang budak perempuan, aku pasti dapat memenuhinya,. Tetapi tentang membunuh Ali bin Abi Thalib, bagaimana aku bisa menjamin?