Topik Terkait: Mandi Besar

  • Tata Cara Mandi Besar Menurut Ustaz Adi Hidayat
    Tausyiah
    Senin, 20 Juni 2022 - 21:32 WIB
    Cara mandi besar menurut Ustaz Adi Hidayat (UAH) perlu kita simak. beliau menjelaskan tata cara mandi junub yang bersumber dari Kitab Shahih Muslim.
  • Hukum Mandi Besar Sebelum Puasa Ramadan? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Maret 2023 - 09:54 WIB
    Ada kebiasaan di masyarakat kita jika menjelang atau memasuki bulan Ramadan, selalu melakukan ritual mandi besar atau istilahnya mandi keramas
  • Tata Cara Mandi Taubat untuk Pria dan Wanita Lengkap dengan Bacaan Niatnya
    Tips
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 17:59 WIB
    Tata cara madi taubat untuk pria dan wanita lengkap dengan bacaan niatnya penting untuk dipahami kaum muslimin. Sebab, mandi tersebut bertujuan membersihkan diri dari hadas besar atau setelah melakukan tindakan tertentu.
  • Inilah Perbedaan Mandi Besar Laki-laki dan Wanita
    Muslimah
    Kamis, 12 Mei 2022 - 19:39 WIB
    mandi besarnya wanita sama persis dengan mandi besarnya laki-laki. Hanya saja ada satu perbedaan yang menonjol yakni soal kuciran rambut wanita. Kenapa demikian dan apa alasannya?
  • Kesunnahan Mandi Jumat yang Perlu Diketahui, Yuk Amalkan!
    Tips
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 10:31 WIB
    Mandi di hari Jumat adalah salah satu contoh mandi yang dianjurkan, disunnahkan dan mendapat pahala di sisi Allah subhanahu wa taala. Mengapa demikian?
  • Doa Mandi Junub, Tatacara, Ketentuan, dan Jenis-Jenisnya
    Tips
    Rabu, 02 Juni 2021 - 13:00 WIB
    Doa mandi junub dilakukan setelah diri kita bersih alias sudah mandi wajib atau mandi junub. Lalu bagaimana ketentuan mandi junub sesuai dengan sunnah Nabi?
  • Doa Mandi Haid Wanita, Manfaat dan Tata Caranya
    Muslimah
    Senin, 07 Juni 2021 - 19:18 WIB
    Doa mandi haid wanita muslimah, penting untuk diperhatikan. Doa yang diamalkan ketika akan mandi setelah selesai mengalami siklus bulanan tersebut, ternyata juga mengandung manfaat luar biasa yang bernilai ibadah.
  • Doa Mandi Haid dan Manfaatnya bagi Wanita Muslimah
    Muslimah
    Jum'at, 27 Oktober 2023 - 15:40 WIB
    Doa mandi haid, selain sebagai doa untuk membersihkan diri selepas berhadas ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kaum muslimah. Apa saja manfaatnya?
  • Mandi Wajib Bagi Muslimah, Ini Syarat dan Tata Caranya
    Muslimah
    Minggu, 07 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Keharusan yang membuat muslimah melaksanakan mandi wajib atau mandi junub adalah karena adanya najis yang keluar dalam tubuhnya secara terus menerus hinga selesai waktunya.
  • Sudah Mandi Wajib, Perlukah Wudhu Lagi?
    Tips
    Minggu, 13 Agustus 2023 - 20:51 WIB
    Perlukah berwudhu lagi setelah melakukan mandi wajib (mandi junub)? Hal ini cukup sering ditanyakan sebagian muslim di berbagai kajian fiqih. Berikut penjelasannya.
  • Tata Cara Mandi Junub Bagi Seorang Wanita, Lengkap dengan Bacaan Niatnya
    Muslimah
    Selasa, 01 Agustus 2023 - 16:52 WIB
    Tata cara mandi junub bagi seorang wanita wajib dilakukan usai haid. Mandi junub menjadi hal yang wajib dilakukan guna menyucikan diri dari hadas besar yang bisa membatalkan kegiatan beribadah.
  • Pengganti Mandi Junub Boleh Tayamum, Begini Tata Caranya
    Tips
    Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:02 WIB
    Mandi junub adalah salah satu kewajiban bagi mereka yang memiliki hadas besar karena berhubungan badan, mimpi basah, atau setelah haid bagi perempuan.
  • Hukum Berdoa di Kamar Mandi, Boleh Atau Haram?
    Tausyiah
    Selasa, 28 Desember 2021 - 09:51 WIB
    Hukum berdoa di kamar mandi perlu diketahui kaum muslimin karena setiap hari kita tak lepas dari urusan hajat. Sebagaimana dalam Hadis shahih, doa merupakan ibadah.
  • Gus Baha Jelaskan Cara Mandi Junub yang Benar: Jangan Sampoan Dulu!
    Tausyiah
    Selasa, 02 Agustus 2022 - 21:52 WIB
    Gus Baha menjelaskan tata cara mandi wajib yang jarang dibahas di majelis taklim. Banyak orang merasa sudah mandi junub, namun sebenarnya dia belum mandi.
  • Doa Saat Buang Hajat dan Keluar dari Kamar Mandi
    Tips
    Rabu, 27 September 2023 - 11:46 WIB
    Saat akan buang hajat dan memasuki kamar mandi, setiap muslim dianjurkan berdoa terlebh dahulu. Begitupun setelah selesai dan mau keluar dari tempat buang hajat tersebut dianjurkan berdoa kembali.
  • Haram Hukumnya Mandi Terbuka Aurat di Pemandian Umum
    Hikmah
    Senin, 27 September 2021 - 17:34 WIB
    Ada sebagian daerah yang sudah menjadi kebiasaan dan menganggap hal biasa jika mandi terbuka aurat di tempat pemandian umum. Bagaimana hal ini dalam pandangan fiqih?
  • Tata Cara Mandi Wajib dan 3 Hal yang Harus Diperhatikan
    Tips
    Kamis, 29 Juli 2021 - 09:49 WIB
    Tata cara mandi wajib perlu diketahui setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh. Mandi wajib adalah perintah syariat untuk mensucikan diri dari hadas besar.
  • Niat dan Tata Cara Mandi Idulfitri dan Dalilnya
    Tips
    Selasa, 18 April 2023 - 15:23 WIB
    Niat mandi Idulfitri adalah bacaan niat yang merupakan amalan sunnah untuk membersihkan dan menyucikan badan dari kotoran maupun najis yang menempel di anggota badan. Niat ini dibaca saat melaksanakan mandi sebelum berangkat sholat Idulfitri ke masjid, musala atau tanah lapang.
  • Keutamaan Mandi di Hari Jumat, Tata Cara dan Niatnya
    Tausyiah
    Jum'at, 11 November 2022 - 05:10 WIB
    Keutamaan mandi pada Hari Jumat mungkin jarang diketahui sebagian umat muslim. Inilah amalan yang dianjurkan Rasulullah SAW sebelum berangkat menuju masjid.
  • Tata Cara Mandi Wajib yang Penting Diketahui
    Tips
    Jum'at, 15 September 2023 - 11:02 WIB
    Inilah tata cara mandi wajib yang perlu diketahui setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh. Mandi wajib atau disebut juga mandi janabah (junub) adalah perintah syariat untuk mensucikan diri dari hadas besar.