Topik Terkait: Mandi Besar (halaman 2)

  • Mandi dan Keramas Menjelang Ramadhan, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Kamis, 25 Maret 2021 - 14:15 WIB
    Di Indonesia, biasanya ada suatu kebiasaan khusus yang dilakukan oleh masyarakat sebelum memasuki bulan Ramadhan yakni salah satunya adalah mandi besar atau istilahnya mandi keramas. Bagaimana hukumnya?
  • Larangan-larangan Bagi yang Berhadas Besar
    Tips
    Selasa, 28 September 2021 - 13:49 WIB
    Ada larangan-larangan bagi orang-orang yang berhadas besar, seperti tengah haid, keluar sperma atau junub. Larangan ini berlaku selama ia belum bersuci dari hadasnya, baik hadas besar maupun kecil.
  • 10 Amalan yang Berpahala Besar dan Berat di Timbangan Akhirat
    Tips
    Rabu, 08 Desember 2021 - 19:04 WIB
    Dalam Islam, seluruh amal manusia di akhirat akan ditimbang dalam timbangan amal (mizan). Jika timbangan amal baiknya lebih berat, maka pertanda ia akan selamat . Sebaliknya, jika timbangan amal buruknya yang lebih berat, maka pertanda ia akan celaka.
  • Hukum Mendengarkan Musik di Kamar Mandi, Bolehkah?
    Tausyiah
    Selasa, 20 Desember 2022 - 00:36 WIB
    Hukum mendengarkan musik di kamar mandi perlu diketahui kaum muslim. Seperti kebiasaan banyak orang sering bernyanyi di kamar mandi atau mendengarkan musik.
  • Doa Saat Buang Hajat dan Keluar dari Kamar Mandi
    Tips
    Rabu, 27 September 2023 - 11:46 WIB
    Saat akan buang hajat dan memasuki kamar mandi, setiap muslim dianjurkan berdoa terlebh dahulu. Begitupun setelah selesai dan mau keluar dari tempat buang hajat tersebut dianjurkan berdoa kembali.
  • Ghibah Termasuk Dosa Besar, Begini Penjelasan Habib Quraisy Baharun
    Tausyiah
    Kamis, 15 Oktober 2020 - 19:00 WIB
    Di antara kemaksiatan atau dosa lisan adalah berdusta dan ghibah. Kedua perkara ini (ghibah dan dusta) termasuk kategori dosa-dosa besar yang wajib dijauhi setiap muslim.
  • Proyek Besar Dajjal (1): Begini Cara Dajjal Menguasai Tatanan Dunia
    Hikmah
    Selasa, 23 Maret 2021 - 15:13 WIB
    Proyek besar Dajjal adalah melakukan konspirasi yang terjadi di dunia. Ia memulainya dengan banyak cara dan tipuan dengan memperdaya manusia sehingga tunduk dan mengikutinya.
  • Tata Cara Mandi Wajib yang Penting Diketahui
    Tips
    Jum'at, 15 September 2023 - 11:02 WIB
    Inilah tata cara mandi wajib yang perlu diketahui setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh. Mandi wajib atau disebut juga mandi janabah (junub) adalah perintah syariat untuk mensucikan diri dari hadas besar.
  • Doa Mandi Haid dan Manfaatnya Bagi Muslimah
    Muslimah
    Senin, 20 Juni 2022 - 16:30 WIB
    Bagi kaum muslimah, doa mandi haid ini penting diperhatikan. Doa yang diamalkan ketika akan mandi setelah selesai mengalami siklus bulanan tersebut, ternyata juga mengandung manfaat luar biasa yang bernilai ibadah.
  • 40 Amalan Kecil Berpahala Besar (2/Tamat)
    Tausyiah
    Kamis, 03 Juni 2021 - 15:05 WIB
    Syekh Ali Jumah dan Syekh Yusri Rusydi menjelaskan Hadis 40 Amalan, paling tinggi Manihatul Anzi karangan Syekh Maulana Syekh Abdullah Al-Ghumari. Berikut amalannya.
  • Hukum Mandi Besar Sebelum Puasa Ramadan? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Maret 2023 - 09:54 WIB
    Ada kebiasaan di masyarakat kita jika menjelang atau memasuki bulan Ramadan, selalu melakukan ritual mandi besar atau istilahnya mandi keramas
  • Benarkah Dosa Syirik Kecil Lebih Dahsyat dari Dosa Besar?
    Tausyiah
    Kamis, 19 Mei 2022 - 12:23 WIB
    Sebagian ulama menyatakan bahwa dosa syirik kecil lebih dahsyat daripada dosa kemaksiatan yang tercakup dalam dosa-dosa besar (al-kabaair). Mengapa demikian?
  • Tata Cara Mandi Haid yang Penting Diketahui Muslimah
    Muslimah
    Kamis, 07 September 2023 - 17:46 WIB
    Setelah selesai masa mestruasi atau haid kaum muslimah diwajibkan mandi wajib (mandi haid). Bagaimana tata cara mandi haid ini dan bagaimana dalilnya?
  • Hati-hati, Menghina dengan Sebutan Nama Binatang Masuk Kategori Dosa Besar Lho!
    Muslimah
    Rabu, 20 Januari 2021 - 15:03 WIB
    Orang yang mendapatkan cacian dan hinaan akan sakit hati. Apalagi menghina dengan sebutan binatang atau ujaran kalimat kasar tentu akan membuat pihak yang dihina sakit hati. Paling tidak, dongkol.
  • Tata Cara Mandi Junub Bagi Seorang Wanita, Lengkap dengan Bacaan Niatnya
    Muslimah
    Selasa, 01 Agustus 2023 - 16:52 WIB
    Tata cara mandi junub bagi seorang wanita wajib dilakukan usai haid. Mandi junub menjadi hal yang wajib dilakukan guna menyucikan diri dari hadas besar yang bisa membatalkan kegiatan beribadah.
  • Hukum Memakai Sandal Ketika Masuk ke Kamar Mandi
    Tips
    Rabu, 15 Juni 2022 - 09:47 WIB
    Bagaimana hukumnya memakai sandal ketika masuk ke kamar mandi? Mengingat saat ini, banyak sekali kita jumpai sandal-sandal yang disediakan khusus untuk ke kamar mandi, baik di masjid, di mal dan tempat-tempat lainnya.
  • Perhatikan! Mandi Wajib Tidak Harus Pakai Sabun dan Sampo
    Tausyiah
    Senin, 17 Juli 2023 - 18:20 WIB
    Mandi wajib merupakan hal yang wajib dipelajari setiap muslim. Banyak orang awam mungkin melakukan mandi wajib dengan menciduk air langsung pakai sabun atau sampo.
  • Keramas Saat Haid Menurut Islam. Bolehkah? Ini Tipsnya
    Muslimah
    Kamis, 16 Desember 2021 - 20:35 WIB
    Keramas saat haid menurut Islam tidak dilarang, sebab tidak ada dalil yang jelas menyebutkan larangan tersebut selama wanita muslimah mengalami siklus bulanan itu.
  • Menghina dengan Sebutan Nama Binatang, Termasuk Dosa Besar yang Ancamannya Mengerikan
    Tausyiah
    Selasa, 23 Januari 2024 - 10:54 WIB
    Penggunaan media sosial saat ini, sudah banyak disalahgunakan. Orang-orang dengan bebas mengeluarkan uneg-unegnya, bahkan bebas mencaci, mengumpat atau menghina sesamanya dengan bahasa binatang sekalipun!
  • Bolehkah Mandi Junub dalam Keadaan Telanjang?
    Tausyiah
    Selasa, 17 November 2020 - 15:12 WIB
    Islam sangat perhatian dengan urusan thaharah atau bersuci dari hadas karena merupakan syarat yang wajib dipenuhi sebelum beribadah. Bolehkah mandi junub dalam kondisi telanjang?