Kumpulan Artikel: Ilmu Islam (halaman 3)

  • Inilah Rentetan Peristiwa Menjelang Hari Kiamat Besar
    Tausyiah
    Rabu, 03 Juni 2020 - 08:15 WIB
    Setiap muslim wajib mengimani datangnya hari Kiamat besar sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran dan Hadis Nabi. Berikut tanda-tanda terjadinya Kiamat dikutip dari berbagai sumber.
  • Cara Mengetahui Kedudukan Kita di Sisi Allah
    Tausyiah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 20:51 WIB
    Setiap manusia memiliki maqom (kedudukan) di sisi Allah Taala. Lalu bagaimana melihat kedudukan kita di sisi Allah? Berikut penjelasan dari Imam Ibnu Athoillah.
  • 5 Kemuliaan Fakir Miskin yang Tidak Dimiliki Orang Kaya
    Tausyiah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 08:00 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan umatnya untuk berlaku baik dan mencintai orang-orang yang fakir dan miskin. Berikut 5 kemuliaan mereka.
  • Ciri Orang yang Mempunyai Kedalaman Ilmu Agama
    Tausyiah
    Kamis, 14 Mei 2020 - 06:48 WIB
    Sayyidina Ibnu Abbas radhiyallahuanhuma menyatakan bahwa keutamaan Ahlul ilmi (ahli ilmu) dibandingkan kaum mukminin adalah sebesar 700 kali lipat lebih utama.
  • Ingin Jadi Orang Kaya Sebenarnya? Ini Doa yang Diajarkan Nabi
    Tausyiah
    Jum'at, 08 Mei 2020 - 20:32 WIB
    Manusia menjadi kuat dan kaya itu adalah berkat rahmat dan kasih sayang Allah. Lalu siapa sebenarnya orang kaya dalam pandangan syariat? Simak penjelasannya.
  • Nasihat Rasulullah SAW kepada Ibnu Umar
    Tausyiah
    Kamis, 07 Mei 2020 - 07:30 WIB
    Filosofi hidup untuk memahami hidup ini, sejatinya kita tak membutuhkan filosof Yunani, filosof Barat maupun Timur. Cukup satu Hadis Nabi Muhammad SAW.
  • Inilah Tanda-tanda Kiamat Besar dan Kiamat Kecil
    Hikmah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 07:45 WIB
    Ulama dari Mesir Syeikh Ahmad Al-Misri menjelaskan hadis tanda-tanda Hari Kiamat dalam kajian online di Masjid Raya Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, belum lama ini.
  • Ibu Hamil dan Menyusui, Bayar Fidyah atau Qadha Puasa?
    Tips
    Selasa, 05 Mei 2020 - 03:30 WIB
    Masalah ibu hamil dan menyusui ketika puasa Ramadhan sudah sering dibahas di berbagai kajian ilmu. Namun sampai hari ini, tema ini termasuk paling banyak ditanya.
  • Pergeseran Makna Imsak yang Perlu Diluruskan
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 17:00 WIB
    Indonesia memiliki karakter unik yang tidak dimiliki negara berpenduduk muslim lainnya. Salah satunya memaknai istilah imsak yang bergeser dari makna sebenarnya.
  • Prof Haedar: Islam Agama Pencerahan yang Terangi Jiwa, Hati, dan Pikiran
    Tausyiah
    Senin, 27 April 2020 - 18:14 WIB
    Islam merupakan agama yang menyeluruh karena dia merupakan wahyu akhir zaman. Islam punya dan memiliki kandungan dan prinsip-prinsip akidah, ibadah, akhlak juga muamalah duniawi bahkan lebih dari itu.
  • Membaca Misi Suci Nabi Musa AS
    Hikmah
    Sabtu, 25 April 2020 - 17:05 WIB
    Ketika kita membaca Al-Quran, paling tidak kita akan menemukan penyebutan Firaun tidak kurang dari 74 kali tersebar di Surah Al-Baqarah, Thaha, Al-Anbiya, Al-Qasash dan beberapa surah lainnya.
  • Bolehkah Memakai Hand Sanitizer yang Mengandung Alkohol?
    Tausyiah
    Kamis, 23 April 2020 - 16:36 WIB
    Penggunaan Hand Sanitizer di saat musibah pandemik saat ini sudah tidak asing lagi. Muncul pertanyaan, bagaimana hukumnya jika Hand Sanitizer mengandung alkohol?
  • Rukun dan Tata Cara Niat Puasa Ramadhan
    Tips
    Rabu, 22 April 2020 - 20:01 WIB
    Rukun puasa ada dua rukun yaitu pertama, menahan diri dari yang membatalkan puasa sejak terbit Fajar hingga tenggelam matahari. Kedua, niat untuk puasa. Niat dilakukan paling lambat sebelum terbit Fajar.
  • Beginilah Tawakkal yang Diajarkan Habib Jindan (2)
    Tausyiah
    Jum'at, 17 April 2020 - 17:12 WIB
    Dikisahkan, suatu hari Nabi Muhammad SAW pulang berjihad beliau berteduh di bawah pohon. Lalu ada orang mengambil pedangnya Rasulullah dan menodongkannya kepada beliau.
  • Salat Jumat Di-Lockdown, Lakukan Ini Agar Berkah Jumat Tetap Didapat
    Tausyiah
    Jum'at, 17 April 2020 - 11:32 WIB
    Salat Jumat bagi seorang muslim bukan sekadar Faridhah Usbuiyah (kewajiban pekanan) atau Mukaffirah Adz-Dzunb (penghapus dosa), tetapi Jumat juga merupakan Mahatthatul Hayh (terminal kehidupan).