Topik Terkait: Rasa Lapar

  • Ramadhan Akan Pergi, Ini 10 Keutamaan Lapar yang Jarang Diketahui
    Tausyiah
    Selasa, 11 Mei 2021 - 03:20 WIB
    Mungkin ada yang bertanya, mengapa harus berlapar-lapar di bulan Ramadhan. Bukankah lapar hanya membuat lambung sakit? Ternyata ada keutamaan besar dibalik lapar ini.
  • Rasa Lapar dan Keutamaannya Menurut Imam Al-Ghazali
    Muslimah
    Selasa, 25 Mei 2021 - 14:33 WIB
    Setelah melaksanakan puasa Ramadhan dan puasa sunnah Syawal, banyak hikmah tentang puasa dan pentingnya menahan syahwat perut ini. Salah satunya, tentang kelaparan dan kekenyangan.
  • Menjaga Rasa Malu
    Muslimah
    Selasa, 21 September 2021 - 18:18 WIB
    Rasa malu dalam diri kaum wanita saat ini sepertinya sudah kian memudar. Bahkan seorang muslimah yang berhijab pun tidak malu-malu lagi untuk pamer auratnya dengan berjoget di sebuah aplikasi gadget, narsis dan lain-lain.
  • Renungan: Menghabiskan Umur untuk Perut, Sesekali Lapar Itu Baik
    Hikmah
    Sabtu, 17 April 2021 - 04:57 WIB
    Imam Al Ghazali memberi wejangan bahwa untuk menjadi manusia yang unggul dan dekat dengan Tuhan adalah dengan lapar. Dengan lapar, maka mata hati akan terbuka menerima kehadirat Tuhan.
  • Dua Rasa Cinta
    Muslimah
    Selasa, 03 November 2020 - 07:41 WIB
    Cinta adalah asal dan poros dari ajaran agama Islam. Maka ketika cinta seorang hamba kepada Allah sempurna, sempurnalah keislaman orang itu dan bila berkurang, berkurang pula keislaman orang itu.
  • Dilarang Mencela Demam, Ini Keajaiban di Balik Rasa Sakitnya!
    Tips
    Senin, 28 Februari 2022 - 11:18 WIB
    Rasulullah Shallallahu aliaihi wa sallam melarang umatnya untuk mencela suatu penyakit, termasuk sakit demam yang sering kali kita alami. Karena di balik rasa sakit itu selalu ada hikmah yang Allah berikan kepada hamba-hambanya.
  • Lapar Banget, Abu Nawas Membeli Semerbak Bau Masakan
    Hikmah
    Senin, 22 Juni 2020 - 08:38 WIB
    Pada saat melihat kedai yang ramai pembeli, Abu Nawas tak kuasa untuk tidak memasukinya. Dari bilik dapur terlihat asap mengepul. Itu pasti makanan yang sangat lezat.
  • Keutamaan Rasa Malu sebagai Akhlak Islam dan Dalil-dalilnya
    Tausyiah
    Kamis, 28 Juli 2022 - 11:49 WIB
    Rasa atau sifat malu dianggap sebagai sumber utama dari terciptanya akhlak terpuji lainnya.
  • Puasa Lahir Batin Menurut Imam Abul Qashim al-Qusyairi
    Tausyiah
    Selasa, 12 April 2022 - 14:52 WIB
    Puasa itu ada dua: puasa lahir dan puasa batin. Abul Qashim al-Qusyairi an-Naisaburi menjelaskan puasa lahir sebatas menahan dari segala sesuatu yang membatalkan disertai dengan niat.
  • Takut Kepada Makhluk Ghaib? Hati-hati Terjerumus Syirik
    Muslimah
    Jum'at, 09 April 2021 - 17:22 WIB
    Merasa takut terhadap makhluk ghaib seperti jin, lumrah dialami manusia. Namun, bila rasa takut itu muncul yang tidak beralasan semisal melewati jalan yang gelap, melewati kuburan atau pohon yang angker, hati-hati terjerumus ke dalam kesyirikan.
  • Terhalang Masuk Surga Karena Tidak  Menjaga Rasa Aman
    Muslimah
    Jum'at, 05 Februari 2021 - 07:00 WIB
    Menjaga rasa aman dalam keluarga, termasuk pondasi kuat demi langgengnya perjalanan kehidupan rumah tanggaRasa aman ini termasuk didalamnya rasa aman pada jiwa, jasad, maupun materi.
  • Doa Berlindung dari Kelaparan dan Sifat Khianat
    Tips
    Senin, 16 Januari 2023 - 15:28 WIB
    Rasa lapar sering membuat seseorang menjadi gelisah dan tidak tenang, bahkan bisa menjadi pemicu kejahatan. Berikut doa berlindung dari kelaparan yang diajarkan Rasulullah SAW.
  • Inilah Tips Melawan Rasa Malas Beribadah
    Muslimah
    Kamis, 17 September 2020 - 06:12 WIB
    Salah satu perkara yang dapat menghambat bahkan bisa menghentikan amal saleh seseorang adalah rasa malas. Penyakit ini mudah sekali menghinggapi manusia karena memang salah satu tabiatnya.
  • Muncul Karena Hasad dan Rasa Kagum
    Muslimah
    Senin, 17 Agustus 2020 - 09:31 WIB
    Sebenarnya penyakit Ain ini, bisa menyerang siapa saja, tak hanya pada perempuan, laki-laki, dan anak-anak pun bisa kena. Ain terjadi karena adanya hasad (iri, dengki) terhadap nikmat yang ada pada orang lain.
  • Rasa Cemburu dalam Pandangan Syariat
    Muslimah
    Jum'at, 10 Juli 2020 - 07:20 WIB
    Dalam sebuah rumah tangga, rasa cemburu terhadap pasangan bisa dikatakan wajar. Jika rasa cemburu itu tidak ada, justeru menjadi hal yang sangat dikhawatirkan.
  • Puasa Ramadhan dan Rasa Syukur
    Tausiyah
    Kamis, 17 Mei 2018 - 16:43 WIB
    Orang berpuasa karena ragam motivasi. Dari sekian banyak motivasi, tidak ada yang lebih tinggi dan mulia dari sebuah kesadaran melakukannya karena rasa syukur.
  • Mengapa Manusia Tidak Boleh Takut pada Makhluk Ghaib? Ini Alasannya!
    Tausyiah
    Selasa, 22 Agustus 2023 - 09:00 WIB
    Sebagai makhluk paling mulia di muka bumi dengan kesempurnaan melebihi makhluk yang lain atas karunia dari Allah Taala, maka rasa takut manusia kepada makhluk ghaib tidak diperbolehkan.
  • Wali Allah Taala, Siapa sang Pemilik Karomah Itu?
    Hikmah
    Jum'at, 02 September 2022 - 10:31 WIB
    Dalam Surat Yunus ayat 62 disebutkan wali-wali Allah. Mereka adalah orang yang tidak ada rasa takut, tidak juga bersedih hati. Lalu, siapa sejatinya yang dimaksud wali sang pemilik karomah tersebut?
  • Permintaan Pertama: Mencabut Rasa Cinta kepada Wanita
    Hikmah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 14:17 WIB
    Alqamah bin Martsad mengatakan puncak orang yang zuhud ada delapan orang dan yang terdepan adalah Amir bin Abdillah At-Tamimi. Siapa lelaki zuhud ini?
  • Salah Satu Hikmah Puasa, Penanaman Rasa Solidaritas Sosial
    Tausyiah
    Rabu, 27 Maret 2024 - 02:00 WIB
    Cendekiawan muslim Nurcholish Madjid (19392005) mengatakan hikmah ibadah puasa sebagai sarana pendidikan Ilahi untuk menanamkan tanggungjawab pribadi.