Kumpulan Artikel: Rasulullah SAW (halaman 10)

  • Bukti Rasulullah SAW Tidak Mengetahui Perkara Gaib
    Hikmah
    Sabtu, 22 Oktober 2022 - 15:02 WIB
    Rasulullah SAW tidaklah mengetahui perkara gaib kecuali yang telah dikabarkan oleh Allah SWT kepada beliau. Berikut 2 peristiwa sebagai bukti bahwa Rasulullah SAW tidak menguasai ilmu gaib.
  • Berikut ini Contoh Bersikap Ghuluw terhadap Rasulullah SAW
    Hikmah
    Sabtu, 22 Oktober 2022 - 14:40 WIB
    Sikap berlebih-lebihan, melampaui batas, atau ghuluw tidak dibenarkan dalam Islam. Allah SWT berfirman: Janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu.
  • Kisah Abdul Muthalib Pernah Bernazar Menyembelih Ayah Rasulullah SAW
    Hikmah
    Jum'at, 21 Oktober 2022 - 22:57 WIB
    Abdul Muthalib merupakan kakek Rasulullah SAW dari pihak ayahnya, yakni Abdullah. Terdapat sebuah kisah menarik, Abdullah (ayah Rasulullah SAW) nyaris disembelih oleh ayahnya sendiri.
  • Muhammad Sang Mutiara: Teladan Terbaik Menentang Segala Bentuk Kezaliman
    Tausyiah
    Jum'at, 21 Oktober 2022 - 17:24 WIB
    Mekkah saat itu penuh dengan ragam kegelapan atau kezaliman. Situasi ini menjadikan Muhammad SAW tampil untuk mengubah Mekkah menjadi negeri bercahaya yang penuh keadilan.
  • Sahabat Paling Mirip dengan Rasululah SAW Baik Fisik Maupun Perangainya
    Hikmah
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 19:08 WIB
    Sahabat paling mirip dengan Rasululah SAW baik fisik maupun perangainya adalah Jafar bin Abi Thalib. Beliau adalah sepupu Rasulullah SAW, dengan nasab yaitu bin Abi Thalib bin Abdul Manaf bin Abdul Muthalib.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Muhammad SAW Sang Mutiara: Pemimpin Paling Berpengaruh yang Diakui Dunia Barat
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Oktober 2022 - 16:44 WIB
    Tak terpungkiri bahwa Nabi Muhammad SAW dihadirkan menjadi manusia terbaik. Penulis Barat menempatkan Muhammad sebagai pemimpin dunia paling berpengaruh.
  • Muhammad SAW Sang Mutiara: 6 Kewajiban Umat kepada Baginda Rasulullah
    Tausyiah
    Kamis, 13 Oktober 2022 - 10:01 WIB
    Salah Satu hal yang biasa dipahami secara tidak proporsional tentang Rasulullah SAW adalah bagaimana relasi dan kewajiban umat ini kepada beliau. Ada 6 kewajiban kita kepada beliau.
  • Kisah Penduduk Mekkah Meminta Rasulullah SAW Menjadikan Shafa Bukit Emas
    Hikmah
    Rabu, 12 Oktober 2022 - 17:10 WIB
    Orang-orang musyrik Mekkah pernah meminta Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam mengubah Bukit Shafa menjadi emas agar mereka mau beriman. Ini jawaban Rasulullah.
  • Muhammad SAW Sang Mutiara, Bersholawatlah Kepadanya dan Keluarganya!
    Tausyiah
    Rabu, 12 Oktober 2022 - 14:26 WIB
    Terlepas dari perdebatan tentang Maulid atau kelahiran Rasulullah SAW mungkin ada baiknya kita sekali melihat siapa dan bagaimana harusnya kita menempatkan Rasulullah SAW.
  • Dialog Rasulullah SAW dengan Abu Dzar Al-Ghifari tentang Jumlah Nabi sampai Ayat Kursi
    Hikmah
    Rabu, 12 Oktober 2022 - 11:24 WIB
    Dialog Rasulullah SAW dengan Abu Dzar ini dinukil Ibnu Katsir tatkala menafsirkan Surat An-Nisa ayat 163-165. Kisah ini merupakan hadis dari Abu Dzar yang berisi dialog Nabi dengan dirinya tentang banyak hal.
  • 7 Keutamaan Nabi Muhammad SAW Dibanding Nabi yang Lain
    Hikmah
    Selasa, 11 Oktober 2022 - 23:53 WIB
    Keutamaan Nabi Muhammad SAW (shollallohu alaihi wasallam) dibanding Nabi yang lain penting diketahui umat Islam. Berikut tujuh keutamaan sebagai tanda kekhususan beliau.
  • Kisah Sayyidah Aisyah Minta Didoakan Nabi Muhammad, Ini Kata Beliau
    Hikmah
    Minggu, 09 Oktober 2022 - 21:49 WIB
    Kisah Sayyidah Aisyah meminta doa dari Nabi Muhammad SAW benar-benar menyentuh hati. Begini kalimat yang keluar dari lisan mulia Nabi shollallohu alaihi wasallam.
  • Biografi Nabi Muhammad SAW dari Lahir hingga Wafat Lengkap Silsilahnya
    Hikmah
    Sabtu, 08 Oktober 2022 - 08:05 WIB
    Biografi Nabi Muhammad SAW (shollallohu alaihi wasallam) dari lahir hingga wafat lengkap silsilahnya penting diketahui umat Islam. Beliaulah manusia teragung sepanjang masa.
  • Detik-detik Kelahiran Nabi Muhammad SAW Berikut Keajaibannya
    Hikmah
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 23:32 WIB
    Detik-detik kelahiran Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam bukan peristiwa biasa. Alam semesta bersuka cita, semua penduduk langit dan bidadari Surga ikut bergembira.
  • Kisah Rasulullah SAW Merobohkan Masjid Dirar yang Dibangun Kaum Anshar
    Hikmah
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 17:24 WIB
    Kisah Rasulullah SAW memerintahkan merubuhkan Masjid Dirar setelah beliau mendapat wahyu bahwa masjid itu dibangun untuk memecah belah umat Islam. Masjid tersebut dibangun orang-orang munafik yang menyatu dengan kaum Anshar.
  • Begini Isi Khutbah Jumat Perdana Rasulullah SAW di Wadi Ranuna
    Tausyiah
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 11:19 WIB
    Sholat Jumat pertama yang dilakukan Rasulullah SAW adalah di Wadi Ranuna, sekitar satu kilometer dari Masjid Quba.Dalam sholat Jumat itu Rasulullah menyampaikan khutbah.
  • Perayaan Maulid Nabi: Di Yogjakarta Ada Grebeg, di Banjarmasin Baayun
    Dunia Islam
    Kamis, 06 Oktober 2022 - 16:06 WIB
    Tradisi Maulid Nabi di berbagai daerah di Indonesia memiliki ciri yang berbeda-beda. Maulid Nabi di Yogyakarta diperingati dengan Grebek Maulud, di Banjarmasin ada Baayun Mulud.
  • Maulid Nabi: Syair Pujian Jalaluddin Rumi kepada Rasulullah SAW
    Hikmah
    Kamis, 06 Oktober 2022 - 15:52 WIB
    Maulana Jalaluddin Rumi kerap kali melantunkan puji-pujian pada Rasulullah SAW lewat puisi dan syairnya. Dia persembahkan satu ghazal penuh untuk Nabi.
  • Maulid Nabi: Kisah Pilu saat Bunda Aminah Wafat Sepulang Ziarah dari Madinah
    Hikmah
    Kamis, 06 Oktober 2022 - 13:35 WIB
    Kisah pilu yang dialami Sayyidina Muhammad pada usia 6 tahun itu, kala Bunda Aminah wafat sepulang ziarah ke makam Abdullah, suaminya, di Madinah.
  • Masa Kecil Nabi Muhammad SAW Terdidik dengan Baik
    Hikmah
    Rabu, 05 Oktober 2022 - 21:51 WIB
    Jika ada yang mengatakan masa kecil Nabi Muhammad SAW tidak terurus itu adalah perkataan yang paling buruk. Beliaulah manusia yang dididik langsung oleh Allah Taala.