Kumpulan Artikel: Rasulullah SAW (halaman 8)

  • 5 Olahraga yang Pernah Dilakukan Rasulullah SAW
    Dunia Islam
    Sabtu, 28 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Olahraga dalam Islam adalah sesuatu yang halal dan dibolehkan selama tidak disertai perkara-perkara terlarang. Berikut lima olahraga yang pernah dilakukan Rasulullah SAW.
  • Kisah Jibril Membelah Tenggorokan sampai Ulu Hati Nabi SAW sebelum Isra dan Mikraj
    Hikmah
    Kamis, 26 Januari 2023 - 11:14 WIB
    Sebelum Rasulullah SAW diperjalankan dalam Isra dan Mikraj, Jibril membelah bagian antara tenggorokan sampai bagian ulu hati beliau. Jibril lalu mencuci isi dada dan perut beliau dengan memakai air zamzam.
  • Tafsir Al-Mulk Ayat 29: Bantahan Rasulullah yang Membuat Kaum Kafir Tak Berkutik
    Hikmah
    Senin, 16 Januari 2023 - 22:05 WIB
    Surat Al-Mulk ayat 29 ini menceritakan kebesaran Allah Yang Maha Pengasih. Nabi Muhammad SAW diperintahkan oleh Allah untuk membantah ucapan dan tindakan kaum kafir Mekkah.
  • Hikmah di Balik Pertemuan Nabi Musa dengan Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 15:39 WIB
    Kisah pertemuan Nabi Musa alaihissalam dengan Nabi Muhammad SAW saat Isra Miraj menyimpan hikmah dan pelajaran berharga. Simak kisahnya berikut ini.
  • Sejarah Perang Khandaq: 3.000 Muslim Pukul Mundur 10.000 Pasukan Kafir
    Hikmah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 14:46 WIB
    Sejarah Perang Khandaq menorehkan citra positif bagi umat Islam, kala itu. Perang ini juga dikenal sebagai Pertempuran Al-Ahzab dan Pertempuran Konfederasi.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Hikmah Agama Menurut Nurcholish Madjid
    Tausyiah
    Senin, 09 Januari 2023 - 14:49 WIB
    Nurcholish Madjid mengatakan tujuan seorang Rasul diutus kepada umat manusia antara lain untuk mengajarkan Kitab Suci dan hikmah kepada mereka. Lalu, apa itu hikmah?
  • Kisah Nabi Muhammad SAW Beli Tanah Anak Yatim untuk Bangun Masjid Nabawi
    Dunia Islam
    Jum'at, 06 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Kisah Nabi Muhammad SAW membeli tanah dua anak Yatim untuk membangun Masjid Nabawi menarik diketahui. Masjid Nabawi merupakan tempat suci kedua bagi umat Islam.
  • Dua Pusaka yang Ditinggalkan Nabi Muhammad SAW untuk Umatnya
    Tausyiah
    Selasa, 03 Januari 2023 - 17:11 WIB
    Ada dua pusaka berharga yang merupakan peninggalan terbaik Nabi Muhammad SAW untuk umatnya. Siapa yang berpegang teguh kepada keduanya, maka ia tidak akan tersesat.
  • Asbabun Nuzul Surat Saba yang Jarang Diketahui
    Hikmah
    Sabtu, 31 Desember 2022 - 16:27 WIB
    Surat Saba merupakan surah ke-34 dalam Al Quran terdiri dari 54 ayat, diturunkan sesudah surat Luqman. Berikut Asbabun Nuzul (sebab turunnya) Surat ini.
  • Kisah Tragedi Hari Kamis, saat Rasulullah SAW Sakit Keras
    Hikmah
    Kamis, 29 Desember 2022 - 15:22 WIB
    Peristiwa Nabi gagal menyampaikan wasiat itu konon terjadi pada hari Kamis, sehingga Ibnu Abbas yang meriwayatkan hadis di atas menyebutkannya sebagai tragedi hari Kamis.
  • Beberapa Wasiat Rasulullah SAW Kepada Muadz bin Jabal
    Hikmah
    Rabu, 28 Desember 2022 - 10:49 WIB
    Wasiat Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam kepada Muadz bin Jabal menjadi pelajaran bagi umat Nabi Muhammad pada saat sekarang.
  • Patut Ditiru, Begini Cara Rasulullah SAW Menjaga Kesehatan Jantung
    Tips
    Sabtu, 17 Desember 2022 - 21:40 WIB
    Tips sehat ala Rasulullah SAW patut diteladani semua orang termasuk cara beliau menjaga kesehatan jantung. Semasa hidup beliau hanya mengalami sakit dua kali.
  • Siapakah Nafisah binti Al Hasan, Muslimah yang Menyolatkan Jenazah Imam Syafii?
    Muslimah
    Rabu, 14 Desember 2022 - 17:01 WIB
    Nafisah binti Al Hasan adalah cucu cicit Rasulullah Shallalhu alaihi wa Sallam, seorang wanita yang ahli ibadah, zuhud, taat pada Allah, serta mudah dikabulkan doa-doanya.
  • 10 Sahabat Nabi Muhammad Berkulit Hitam Selain Bilal
    Hikmah
    Selasa, 13 Desember 2022 - 06:40 WIB
    Sahabat Nabi berkulit hitam selain Bilal bin Robah radhiyallahu anhu terbilang cukup banyak. Inilah 10 sahabat Nabi berkulit hitam berikut sekelumit kisahnya.
  • 11 Keutamaan Ali bin Abi Thalib, Sepupu yang Juga Menantu Rasulullah SAW
    Hikmah
    Selasa, 06 Desember 2022 - 21:17 WIB
    Sayyidina Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu (599-661) adalah khalifah keempat dari Khulafa Ar-Rasyidin. Berikut 11 keutamaan Ali bin Abi Thalib yang jarang diketahui.
  • 3 Panglima Perang Mutah yang Syahid Hadapi Negara Adidaya Bizantium
    Hikmah
    Selasa, 06 Desember 2022 - 19:52 WIB
    Panglima Perang Mutah yang syahid menghadapi negara adidaya Bizantium adalah Zaid bin Harithah, Jafar bin Abi Thalib, dan Abdullah bin Rawahah.
  • Ini Mengapa Rasulullah SAW Mengganti Nama Yathrib Menjadi Madinah
    Hikmah
    Senin, 05 Desember 2022 - 14:29 WIB
    Sejarah mencatat bahwa kota tempat hijrah Nabi Muhammad SAW itu bernama Yathrib. Pada era Islam, Rasulullah SAW mengganti nama kota ini menjadi Madinah. Apa sejatinya makna Madinah itu?
  • Sejarah Perang dalam Islam dan Turunnya Perintah Jihad kepada Rasulullah SAW
    Hikmah
    Kamis, 01 Desember 2022 - 05:10 WIB
    Perang dalam Islam bukanlah hal yang diada-adakan oleh Rasulullah SAW melainkan ada sebab musababnya. Berikut sejarah perang dalam Islam dan turunnya perintah jihad.
  • Kisah Sayyidah Aisyah, 10 Tahun Bersama Rasulullah SAW dan Wafat di Era Muawiyah
    Hikmah
    Senin, 28 November 2022 - 10:03 WIB
    Aisyah adalah istri Rasulullah SAW. Sepeninggal Nabi beliau hidup sangat sederhana. Tunjangan yang diberikan para khalifah disumbangkan kepada fakir miskin.
  • Asbabun Nuzul Surat Ali Imran Ayat 154 yang Jarang Diketahui
    Hikmah
    Senin, 28 November 2022 - 06:30 WIB
    Surat Ali Imran merupakan surah ketiga dalam Al-Quran terdiri 200 ayat. Berikut penjelasan Asbabun Nuzul (sebab turunnya) Surat Ali Imran ayat 154.