Kumpulan Artikel: Akhlak (halaman 4)

  • Pentingnya Memberi Nasehat Pasangan yang Berperilaku Buruk
    Muslimah
    Rabu, 14 Desember 2022 - 14:58 WIB
    Memiliki pasangan yang berakhlak mulia menjadi dambaan semua keluarga. Suami dan istri bisa mengingatkan pasangan yang khilaf dengan saling memberi nasehat.
  • Rasulullah Suka Bercanda dan Tertawa tetapi Tidak Melampaui Batas
    Hikmah
    Sabtu, 10 Desember 2022 - 13:12 WIB
    Islam membolehkan jamaaah muslimin untuk bercanda dan tertawa, tentu saja dalam batas yang wajar, tidak berlebih-lebihan, dan tidak bercanda yang mengandung unsur dusta.
  • Sering Dianggap Sepele, Berkeluh Kesah Ternyata Mengundang Murka Allah
    Muslimah
    Senin, 28 November 2022 - 10:40 WIB
    Bagi sebagian kaum muslimah, berkeluh kesah ketika ditimpa masalah atau musibah masih sering dianggap hal biasa atau sepel.Padahal sikap tersebut tidak terpuji dan akan mendapatkan kemurkaan dari Allah Taala.
  • Teladan Rasulullah : Memilih Waktu yang Tepat dalam Menasehati
    Hikmah
    Minggu, 20 November 2022 - 05:15 WIB
    Salah satu ajaran dalam agama Islam adalah saling memberi nasehat. Bahkan derajatnya sama dengan fardhu ain (wajib dilakukan setiap orang Islam). Disebut dalam hadis Rasulullah Shallallahu Alaihi, agama itu adalah nasehat.
  • Jagalah Hak Allah Niscaya Dia Akan Menjagamu
    Tausyiah
    Jum'at, 18 November 2022 - 10:48 WIB
    Ada satu nasihat indah disampaikan Nabi shollalohu alaihi wasallam kepada sahabat kecil beliau Abdullah bin Abbas. Jagalah hak Allah, niscaya Allah akan menjagamu.
  • Mengapa Memiliki Rasa Malu pada Malaikat Dianjurkan? Ini Penjelasan Ulama
    Tausyiah
    Senin, 14 November 2022 - 10:16 WIB
    Di antara bentuk rasa malu yang mesti kita miliki adalah malu kepada malaikat, makhluk-makhluk ghaib yang wajib kita imani dan merupakan salah satu cabang dari iman.
  • Hak-hak Istri yang Wajib Ditunaikan Suami
    Muslimah
    Rabu, 09 November 2022 - 10:41 WIB
    Dalam Islam, pernikahan adalah tempat untuk mempertemukan kecenderungan dua jenis manusia dalam lembaga yang kokoh. Diharapkan orang-orang yang berkumpul di dalamnya merasa nyaman, tenang, dan tenteram.
  • Muslimah Ingin Berkarier? Inilah Syarat-syaratnya Berdasarkan Syariat
    Muslimah
    Rabu, 02 November 2022 - 12:34 WIB
    Menjadi wanita karier menjadi dambaan banyak kaum muslimah, saat ini. Wanita karier adalah wanita yang memasuki dunia usaha atau pekerjaan dan menghabiskan lebih banyak waktunya di luar rumah. Berkarier memiliki tujuan utama, misalnya mencari nafkah keluarga, menyalurkan bakat, dan mengaplikasikan ilmu serta keahlian yang dimilikinya.
  • Inilah Barometer Kecantikan Muslimah Dunia Akhirat
    Muslimah
    Sabtu, 29 Oktober 2022 - 12:30 WIB
    Setiap wanita pasti menginginkan kecantikan yang hakiki. Namun ada barometer utama dalam menghiasi kecantikan seorang wanita ini terutama kaum wanita muslimah. Apakah itu? Dialah sifat tawadhu.
  • Keutamaan Mencintai Sesama Muslim Seperti Mencintai Diri Sendiri
    Tausyiah
    Kamis, 27 Oktober 2022 - 22:51 WIB
    Mencintai sesama muslim termasuk wujud dari kesempurnaan iman seseorang. Rasulullah SAW menggamabrkan seorang mukmin dengan mukmin lainnya laksana satu tubuh.
  • Amanah, Perkara Kecil yang Tidak Boleh Diremehkan Seorang Muslim
    Muslimah
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 11:26 WIB
    Seorang muslim diajarkan untuk menjaga amanah, bahkan Islam mewajibkan kita untuk memelihara amanah, yaitu dengan bersikap jujur dan bisa dipercaya.
  • Pentingnya Mendidik Remaja Mengikuti Generasi Salafus Shalih, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Kamis, 13 Oktober 2022 - 10:14 WIB
    Generasi salaf adalah generasi terbaik dari umau Islam. Secara istilah, yang dimaksud salaf adalah tiga generasi awal umat Islam yang merupakan generasi terbaik, yaitu para sahabat Nabi, para tabiin, dan tabiut tabiin
  • Keutamaan Wanita Menjaga Kehormatan Diri saat Jauh dari Suami
    Muslimah
    Selasa, 11 Oktober 2022 - 12:48 WIB
    Wanita shalihah adalah wanita yang beramal shalih dalam dua kondisi, yakni ikhlas karena Allah Subhanahu wa Taala dan meneladani Rasulullah shallallahualaihi wa sallam.
  • Pentingnya Mengerti Fiqih sebagai Panduan Ibadah dan Muamalah
    Tausyiah
    Selasa, 11 Oktober 2022 - 12:18 WIB
    Konsekuensi tidak mengerti fiqih adalah ibadah bisa saja menjadi tidak sah. Karena salah dalam pelaksanannya. Karena itu sangat penting memahami ilmu fiqih bagi generasi muslim
  • 2 Kiat Penting Berlomba dalam Meningkatkan Keshalihan
    Tips
    Minggu, 09 Oktober 2022 - 14:01 WIB
    Berlomba-lomba dalam hal dunia paling banyak dilakukan manusia, seperti berkompetisi meraih jabatan, harta dan kepentingan dunia lainnya. Sebaliknya, sangat jarang yang mau berlomba-lomba dalam hal akhirat.
  • Meneladani Rasulullah dalam Praktik Bernegara dan Berbangsa
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 15:15 WIB
    Ketua Program Studi Magister Ilmu Al-Quran dan Tafsir Institut PTIQ, Abdul Muid Nawawi mengatakan, Rasulullah memberikan banyak keteladan berbangsa dan bernegara.
  • Penghormatan Imam Malik kepada Nabi Muhammad SAW Layak Dicontoh
    Hikmah
    Rabu, 05 Oktober 2022 - 20:56 WIB
    Penghormatan Imam Malik (wafat 179 Hijriyah) kepada baginda Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam layak untuk kita contoh. Berikut kisahnya.
  • Mengerikan, Inilah Ancaman Dosa Orang yang Suka Adu Domba
    Muslimah
    Selasa, 27 September 2022 - 16:19 WIB
    Naminah merupakan salah satu perkara yang sering diremehkan, namun dampaknya sangat besar. Bahkan ada 3 ancaman mengerikan yang akan diterimanya di akhirat kelak.
  • 3 Keutamaan Sifat Memaafkan, Nomor 1 Lebih Mulia dari Akhlak Terpuji
    Tips
    Sabtu, 24 September 2022 - 17:23 WIB
    Sifat memaafkan orang lain banyak keutamaannya. Sebab memaafkan merupakan sifat terpuji dan bagian dari akhlak mulia yang telah diperintahkan oleh Allah Shubhanahu wa Taalla pada para nabi serta hamba -Nya.
  • 4 Tipe Kepribadian Wanita yang Digambarkan Al-Quran, Nomor Terakhir Selalu Ingkar pada Suami
    Muslimah
    Sabtu, 24 September 2022 - 05:15 WIB
    Banyak tipe wanita di dunia, bahkan sangat beragam tabiat dan kepribadiannya. Ibarat pakaian, banyak jenis dan coraknya. Tinggal memilih mana yang cocok atau sesuai dengan keinginan, mau yang baik atau yang buruk, semua ada resiko dan tanggung jawab.