Topik Terkait: Mengkhatamkan Alquran Di Bulan Ramadhan

  • 5 Golongan yang Merugi di Bulan Ramadhan, Nomor Terakhir Menyepelekan Dosa yang Telah Lewat
    Muslimah
    Senin, 04 April 2022 - 10:04 WIB
    Bagi orang beriman, berjumpa dengan bulan Ramadhan adalah sebuah kebahagiaan yang tiada terkira, tapi sebaliknya pasti ada pula orang-orang yang mengangggapnya biasa-biasa saja, dan sungguh betapa meruginya orang yang semacam ini.
  • Kenapa Ramadhan Disebut Sebagai Bulan Al-Quran?
    Tausyiah
    Senin, 26 April 2021 - 23:52 WIB
    Selain Syahrus Shiyam (bulan berpuasa), Ramadhan juga disebut sebagai Syahrul Quran atau Bulan Al-Quran. Pertanyaannya, mengapa Ramadhan disebut sebagai bulan Al-Quran?
  • Haruskah Mengkhatamkan Al-Quran di Bulan Ramadan?
    Tausyiah
    Minggu, 26 Maret 2023 - 16:41 WIB
    Salah satu amalan di bulan Ramadan yang banyak dilakukan umat Islam adalah tadarus atau membaca kitab suci Al-Quran dengan harapan meraih pahala yang berlimpah.
  • Mereka yang Mendapat Rukhsah Tidak Puasa di Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 15:52 WIB
    Setidaknya ada tiga golongan yang mendapatkan rukhsah atau pengecualian untuk tidak melakukan ibadah puasa Ramadhan. Salah satunya adalah orang yang sedang sakit.
  • Keutamaan Mengkhatamkan Al-Quran di Bulan Ramadan
    Muslimah
    Selasa, 04 April 2023 - 10:53 WIB
    Hari-hari di bulan suci Ramadan, setiap muslim berlomba-lomba mengkhatamkan Al-Quran di bulan suci ini. Tadarus (membaca Al Quran) menjadi pemandangan biasa, baik di rumah ataupun di masjid-masjid.
  • Jangan Tinggalkan Amalan Ini di Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Minggu, 10 April 2022 - 23:18 WIB
    Bulan Ramadhan tak dapat dipisah dari amalan yang satu ini. Bahkan Allah dengan sifat Rahmah-Nya memberi pahala berlipat kepada orang yang menghidupkan amalan ini.
  • Mereka yang Tidak Diampuni di Bulan Ramadhan
    Muslimah
    Kamis, 06 Mei 2021 - 10:10 WIB
    Bulan Ramadhan adalah bulan ampunan. Bulan di mana Allah Subhanahu wa Taala mengampuni hamba-hambaNya di dalam bulan Ramadhan. Namun ternyata ada juga orang-orang yang tidak diampuni. Siapa saja mereka?
  • Benarkah Perbuatan Buruk di Bulan Ramadhan, Dosanya Dilipatgandakan?
    Muslimah
    Senin, 11 April 2022 - 20:07 WIB
    Berbagai amalan kebaikan yang dilakukan di bulan Ramadhan, pahalanya akan dilipatgandakan. Bagaimana dengan hal sebaliknya? Benarkan perbuatan buruk yang dilakukan di bulan suci ini, dosanya pun dilipatgandakan?
  • 3 Peristiwa Besar Bersejarah pada Bulan Ramadhan
    Hikmah
    Selasa, 05 April 2022 - 08:05 WIB
    Pada bulan suci Ramadhan terdapat banyak peristiwa besar bersejarah. Ada tiga peristiwa besar yang patut diketahui umat Islam. Apa saja?
  • Ramadhan Bulan Penghapusan Dosa, Ini Dalil-dalilnya
    Tausyiah
    Selasa, 26 April 2022 - 10:26 WIB
    Bulan Ramadhan adalah bulan ampunan, bulan di mana Allah Subhanahu wa Taala mengampuni hamba-hambaNya di dalam bulan Ramadhan.
  • Inilah Perkara-perkara yang Tidak Diampuni di Bulan Ramadan
    Tausyiah
    Sabtu, 08 April 2023 - 05:15 WIB
    Bulan Ramadan adalah bulan ampunan. Namun, ternyata ada perkara-perkara yang justru tidak akan mendapat ampunan bila dilakukan di bulan Ramadan. Perkara apa saja itu?
  • Mustajabnya Berdoa di 4 Waktu Bulan Ramadhan Ini
    Muslimah
    Rabu, 14 April 2021 - 06:29 WIB
    Di bulan Ramadhan, selain puasa sholat tarawih atau sholat witir, ada amalan yang sangat dianjurkan yakni berdoa. Berdoa di bulan suci ini sangat mustajab, terutama di waktu-waktu mustajab dikabulkan doa oleh subhanahu wa taala. Di waktu kapan saja?
  • Benarkah Wafat di Bulan Ramadhan Langsung Masuk Surga?
    Muslimah
    Jum'at, 16 April 2021 - 07:45 WIB
    Ketika ada orang yang meninggal dunia di bulan Ramadhan, sering kali disebut wafat dengan keadaan husnul khatimah dan pasti masuk surga. Benarkah demikian? Bagaimana syariat Islam memandangnya?
  • Benarkah Meninggal di Bulan Ramadan Langsung Surga?
    Tausyiah
    Minggu, 02 April 2023 - 08:07 WIB
    Ketika ada seseorang yang meninggal dunia di bulan Ramadan, sering kali disebut wafat dengan keadaan husnul khatimah dan pasti masuk surga. Benarkah demikian?
  • 3 Golongan Manusia di Bulan Ramadhan
    Tips
    Minggu, 26 April 2020 - 03:30 WIB
    Mengingat fadhillahnya yang begitu besar, hendaknya umat Islam bertekad menjadikan Ramadhan kali ini lebih baik dari sebelumnya. Ada tiga golongan manusia dalam menyikapi bulan Ramadhan.
  • Ragam Tradisi di Daerah dalam Menyambut Bulan Ramadan
    Dunia Islam
    Senin, 04 Maret 2024 - 09:54 WIB
    Masyarakat Indonesia menyambut bulan suci Ramadan dengan beragam tradisi. Shabri Shaleh Anwar dalam buku berjudul Ramadhan Pembangkit Esensi Insan menyebutkan beberapa tradisi tersebut
  • Niat Puasa Qadha Ramadhan di Bulan Syawal dan Tata Caranya
    Tips
    Sabtu, 07 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Niat puasa qadha Ramadhan di bulan Syawal, umumnya banyak dilakukan kaum muslim yang memiliki utang puasa di bulan Ramadhan kemarin. Bagaimana bacaan doa atau niatnya? Serta bagaimana tata caranya?
  • Di Penghujung Ramadhan, Rhoma Irama Luncurkan Nafsu Serakah.
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 18:31 WIB
    Bulan Ramadhan sudah mendekati penghujung. Hari Raya Idul Fitri sudah semakin dekat. Seiring dengan itu, Rhoma Irama membuat kejutan dengan meluncurkan sebuah lagu berjudul Nafsu Serakah.
  • Semarak Tarhib Ramadhan di Masjid Nururrahman
    Dunia Islam
    Sabtu, 02 April 2022 - 15:20 WIB
    Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1443 H, Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Nururrahman menggelar Tarhib Ramadhan pada Kamis (31/3/2022) malam.
  • Madrasah Ramadhan sebagai Bulan Kesabaran
    Muslimah
    Minggu, 25 April 2021 - 08:43 WIB
    Sebagai bulan yang istimewa banyak predikat yang disematkan pada bulan Ramadhan, salah satunya adalah Ramadhan sebagai bulan kesabaran. Kenapa disebut bulan kesabaran?