Topik Terkait: Hukum Berenang Saat Puasa

  • Apakah Berenang Membatalkan Puasa? Bagaimana Hukumnya?
    Tips
    Rabu, 05 Mei 2021 - 10:01 WIB
    Agar tubuh tetap fit saat berpuasa kita juga dianjurkan tetap rajin berolahraga. Salah satu olahraga favorit adalah berenang. Namun, apakah aktivitas berenang membatalkan puasa?
  • Bolehkah Berenang Saat Puasa Ramadhan? Begini Penjelasannya
    Tips
    Rabu, 30 Maret 2022 - 16:43 WIB
    Bolehkah berenang saat berpuasa Ramadhan dan benarkah olahraga tersebut bisa membatalkan puasa? Pertanyaan ini muncul, karena banyak muslim yang menggemari olahraga berenang dalam aktivitas hariannya
  • Hukum Mendengarkan Musik Saat Puasa Ramadhan
    Tips
    Senin, 11 April 2022 - 22:17 WIB
    Hukum mendengarkan musik saat puasa Ramadhan terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama. Ada yang mengharamkan dan ada yang membolehkan.
  • Hukum Puasa bagi Musafir Menurut Jumhur Ulama
    Tips
    Sabtu, 01 April 2023 - 14:56 WIB
    Musafir mendapat keringanan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadan. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 185. Lalu apa syarat musafir yang dapat keringanan itu?
  • Hukum Puasa Setelah Malam Nisfu Syaban
    Tips
    Senin, 06 Maret 2023 - 15:56 WIB
    Terdapat beda pendapat mengenai hukum puasa setelah malam nisfu Syaban, atau pada tanggal 16 Syaban dan seterusnya. Ulama mazhab Syafii mengharamkan.
  • Hukum Balas Dendam saat Berbuka Puasa
    Tips
    Senin, 03 April 2023 - 17:33 WIB
    Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan saat sedang puasa adalah balas dendam ketika berbuka. Makan terlalu banyak, tidak bisa mengontrol diri, karena tubuh terlalu lemas dan lapar saat siang hari.
  • Hukum bagi yang Belum Membayar Qadha Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Senin, 29 Januari 2024 - 09:45 WIB
    Bulan suci Ramadan akan segera tiba, dan semua umat Islam wajib melaksanakan puasa Ramadan tersebut. Lantas bagaimana yang masih belum membayar qadha puasa Ramadan sebelumnya dan apa hukumnya?
  • Manfaat Puasa Saat Hamil : Sehat dan Bergelimang Pahala
    Muslimah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 10:53 WIB
    Salah satu manfaat terbesar puasa adalah agar setiap orang Islam mendapat predikat muttaqin, yakni orang yang bertakwa. Karena dengan ketakwaanlah seseorang akan mendapat ridha Allah dan pahala surganya Allah Taala.
  • Hukum Puasa Tanpa Makan Sahur, Simak Penjelasan Berikut
    Tips
    Minggu, 03 April 2022 - 02:00 WIB
    Salah satu kenikmatan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan adalah makan di waktu sahur. Lalu, bagaimana hukum berpuasa tanpa makan sahur? Berikut penjelasannya.
  • Hukum Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil
    Muslimah
    Kamis, 24 Maret 2022 - 08:08 WIB
    Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban seluruh umat Islam yang sudah baligh dan mampu melaksanakannya, tak terkecuali kepada wanita hamil.
  • Hikmah di Balik Hukum Wajib Puasa Ramadan
    Hikmah
    Rabu, 06 Maret 2024 - 14:19 WIB
    Bagi umat Islam menjalankan puasa Ramadan adalah wajib. Mengapa demikian? Karena di balik hukum wajibnya puasa Ramadan, terkandung banyak hikmah yang sangat agung.
  • Puasa Nazar dan Bacaan Niatnya Lengkap Huruf Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Minggu, 20 Agustus 2023 - 13:15 WIB
    Puasa Nazar adalah puasa yang wajib dilakukan oleh seseorang karena nazar atau janji yang dilakukan. Sehingga, jika nazar atau janjinya terpenuhi ia wajib berpuasa, tetapi jika janji atau nazarnya tidak terpenuhi maka tidak wajib berpuasa.
  • Keutamaan Menyegerakan Berbuka Puasa saat Magrib Tiba
    Tausyiah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 16:15 WIB
    Ternyata ada kebaikan bila kita menyegerakan berbuka puasa. Karena menyegerakan berbuka puasa adalah sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Kenapa demikian?
  • Puasa Tapi Tidak Sholat, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Rabu, 14 April 2021 - 13:32 WIB
    Ada satu hal yang seringkali luput dari perhatian, yakni melaksanakan puasa tetapi tidak menjalankan sholat. Bagaimana syariat menghukuminya perihal tersebut?
  • Tips Menahan Hawa Nafsu dan Amarah Saat Puasa Ramadhan
    Tips
    Jum'at, 08 April 2022 - 11:01 WIB
    Hawa nafsu dan amarah yang tidak terkontrol selama puasa walaupun tidak membatalkan puasa secara langsung layaknya makan dan minum, namun tetap saja hal ini dapat mengurangi nilai dan pahala dalam ibadah puasa kita
  • Hal-hal yang Boleh Dilakukan Ketika Puasa Ramadhan
    Muslimah
    Jum'at, 02 April 2021 - 15:22 WIB
    Dalam melaksanakan puasa wajib seperti di bulan Ramadhan nanti, sebagi muslim kita harus memperhatikan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Dan bagaimana pula hukumnya?
  • Hukum Menggendong Anak Saat Sholat, Bolehkah?
    Tips
    Sabtu, 13 November 2021 - 06:30 WIB
    Banyak di antara orangtua punya pengalaman anak balitanya (di bawah 5 tahun) menaiki bahu orangtuanya ketika sholat. Bolehkah menggendong anak saat sholat?
  • Hukum Menggunakan Siwak dan Pasta Gigi Saat Puasa Ramadhan
    Tips
    Rabu, 29 April 2020 - 15:00 WIB
    Salah satu amalan yang disukai Nabi shallallahu alaihi wa sallam adalah bersiwak (menggosok gigi) setiap waktu. Bagaimana hukum bersiwak (menggosok gigi) ketika puasa Ramadhan?
  • 6 Hal Makruh Dilakukan Saat Puasa Ramadan, Nomor Terakhir Gosok Gigi Siang Hari
    Tips
    Kamis, 30 Maret 2023 - 11:51 WIB
    Di saat berpuasa Ramadan, ada hal-hal atau perkara yang makruh dilakukan. Meskipun hal makruh merupakan perbuatan yang tidak menimbulkan dosa, namun mengurangi nilai dari ibadah itu sendiri.
  • Muhammadiyah Tegaskan Vaksinasi Tak Membatalkan Puasa, Ini Penjelasannya
    Dunia Islam
    Jum'at, 01 April 2022 - 14:57 WIB
    Pelaksanaan vaksinasi ini dalam rangka membentuk kekebalan komunitas agar memutus pandemi. Lalu, apakah vaksinasi saat berpuasa dapat membatalkan puasa?