Kumpulan Artikel: Hukum Kafarat

  • Apa Hukum Salat Kafarat dalam Islam?
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 16:00 WIB
    Tradisi melaksanakan salat kafarat pada Jumat terakhir Ramadan dapat menghapuskan dosa-dosa salat yang ditinggalkan selama 70 tahun. Benarkah demikian dan bagaimana hukum salat kafarat ini?
  • Hukum Membayar Kafarat karena Jimak di Bulan Ramadan, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Senin, 27 Maret 2023 - 12:06 WIB
    Salah satu pembatal puasa dan merupakan dosa di bulan Ramadan adalah berjimak di siang hari. Maka, yang melakukannya wajib bertauba disamping kewajiban membayar kafarat (tebusan).
  • Begini Aturan Islam soal Sumpah dan Nazar, Serta Kafarat yang Mengikatnya
    Tausyiah
    Minggu, 04 Desember 2022 - 11:44 WIB
    Jangan gampang bersumpah dan bernazar karena jika melanggarnya ada hukumannya dalam Islam. Jika sumpahnya tidak benar atau nazarnya tidak dipenuhi maka ada kaffarah atau penebus yang harus ditunaikan.
  • Hukum Membayar Kafarat Bagi yang Membatalkan Puasa
    Tausyiah
    Jum'at, 08 April 2022 - 16:14 WIB
    Kalau seandainya ada orang yang tidak berpuasa ataupun melanggar sesuatu yang berkaitan dengan hukum-hukum puasa, maka dia membayar kafarat (penebus). Bagaimana kafarat itu diberlakukan?
  • Pengertian Puasa Kafarat dan Cara Menebusnya
    Tips
    Sabtu, 20 November 2021 - 20:52 WIB
    Pengertian puasa kafarat adalah puasa sebagai denda karena pelanggaran melakukan senggama di bulan Ramadhan. Berikut cara menebusnya.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Kafarat Bagi yang Membatalkan Puasa
    Tips
    Rabu, 05 Mei 2021 - 15:51 WIB
    Bila seandainya ada orang yang tidak berpuasa ataupun melanggar sesuatu yang berkaitan dengan hukum-hukum puasa, maka dia membayar kafarat (penebus). Bagaimana kafarat itu diberlakukan?