Topik Terkait: Tidak Berbakti Pada Orang Tua

  • 9 Amalan untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal, Nomor 1 Jangan Dilupakan
    Tausyiah
    Selasa, 25 Oktober 2022 - 06:30 WIB
    Amalan untuk orang tua yang sudah meninggal sangat baik diamalkan sebagai wujud bakti kepada orang tua (birrul walidain). Berikut 9 amalan yang dapat kita lakukan.
  • Inilah Pentingnya Memuliakan Orang Tua
    Hikmah
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 20:36 WIB
    Secara gamblang, Al-Quran menjelaskan dua perintah yang harus berjalan seiring dan tidak bisa dipisahkan yaitu perintah menyembah Allah dan berlaku ihsan terhadap kedua orang tua.
  • Tata Cara Meminta Maaf Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal
    Tips
    Jum'at, 12 April 2024 - 15:12 WIB
    Seorang anak tetap diharuskan minta maaf kepada kedua orang tuanya meski orang tuanya telah meninggal. Sebab, hal itu menunjukkan baktinya seorang anak yang mengakui dosanya kepada orang tua ketika masih hidup.
  • Yuk, Amalkan 4 Lafadz Istighfar Terbaik untuk Orang Tua
    Tips
    Selasa, 15 Februari 2022 - 08:40 WIB
    Beristigfhar atau memohonkan ampun untuk kedua orang tua dan memintakan rahmat Allah Taala untuk keduanya, merupakan salah satu bakti seorang anak kepada orang tua mereka.
  • Allah Taala Percepat Azab bagi Orang yang Durhaka kepada Orang Tua
    Tausyiah
    Minggu, 10 September 2023 - 13:45 WIB
    Azab bagi mereka yang durhaka kepada kedua orang tuanya tidak selalu menunggu sampai di akhirat kelak. Allah mempercepat azab bagi para pendurhaka tersebut saat di dunia dan di akhirat k
  • Mana yang Harus Diutamakan, Nafkah Istri Atau Orang Tua?
    Tips
    Jum'at, 28 April 2023 - 20:58 WIB
    Seluruh ulama sepakat bahwa wajib hukumnya suami memberi nafkah kepada istrinya setelah pernikahan sah. Pertanyaannya, mana yang harus diutamakan, nafkah istri atau orang tua?
  • Rasulullah SAW Sangat Melarang Orang Tua Mengucap Sumpah Serapah pada Anak
    Muslimah
    Rabu, 18 Mei 2022 - 19:07 WIB
    Disadari atau tidak, masih banyak orang tua di masyarakat saat ini yang suka berkata kasar bahkan menyematkan sumpah serapah pada anak-anaknya
  • 5 Doa untuk Kedua Orang Tua dari yang Pendek hingga Doa Panjang
    Tips
    Senin, 18 September 2023 - 11:03 WIB
    Banyak doa untuk kedua orang tua yang bisa kita amalkan setiap hari. Berdoa untuk mereka, merupakan wujud berbakti yang diperintahkan Allah subhanahu wa taala dalam Al-Quran maupun hadis.
  • Kisah Azab Pedih dari Putri yang Durhaka
    Muslimah
    Sabtu, 20 November 2021 - 13:41 WIB
    Allah berkali-kali memerintahkan hamba-Nya untuk selalu berbakti dan menghormati kedua orangtua. Sementara bagi mereka yang berbuat durhaka, Allah telah menyiapkan azab yang amat pedih.
  • Cara Anak Meminta Maaf Kepada Orang Tua yang Meninggal
    Muslimah
    Senin, 24 Oktober 2022 - 15:28 WIB
    Seorang anak tetap diharuskan minta maaf kepada kedua orang tuanya meski orang tuanya telah meninggal. Sebab, hal itu menunjukkan baktinya seorang anak yang mengakui dosanya kepada orang tua ketika masih hidup.
  • Inilah 5 Doa untuk Orang Tua, Yuk Amalkan!
    Tips
    Rabu, 22 Desember 2021 - 10:31 WIB
    Berbakti kepada orang tua merupakan salah satu perintah Allah yang banyak disebutkan dalam Al-Quran maupun hadis. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan berdoa atau memberikan doa untuk keduanya
  • Apakah Orang Tua Menanggung Dosa Anak Kecil?
    Muslimah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 15:45 WIB
    Wahai para ibu, pernahkah terbesit di hati kita, bahwa anak kita yang masih kecil, punya perilaku nakal dan suka merugikan orang lain atau temannya bahwa dosanya akan ditanggung para ibu?
  • Agar Tidak Pikun di Usia Tua, Ini Amalannya
    Tips
    Rabu, 23 Juni 2021 - 14:38 WIB
    Semua manusia akan menua seiring perjalanan waktu yang dilaluinya. Ketika lanjut usia, seseorang akan mengalami pikun atau sering lupa. Berikut amalan agar tidak pikun.
  • Adab Orang Tua kepada Anak : Jadi Pemaaf agar Anak Selamat dari Dosa Durhaka
    Tips
    Jum'at, 04 November 2022 - 15:46 WIB
    Setiap anak harus berbhakti dan menunjukkan adab yang baik kepada orang tuanya. Sebaliknya, orang tua juga dituntut untuk bersikap yang baik terhadap anaknya. Hal itu merupakan salah satu adab terbaik orang tua kepada anak-anaknya.
  • Durhaka kepada Orang Tua adalah Dosa Besar setelah Syirik
    Tausyiah
    Minggu, 10 September 2023 - 12:50 WIB
    Durhaka kepada orangtua adalah sebesar-besar dosa yang paling besar setelah menyekutukan Allah SWT atau syirik. Itu sebabnya, tidak masuk surga anak yang durhaka.
  • Hukum Suami Lebih Mementingkan Keluarga daripada Istrinya
    Tausyiah
    Minggu, 26 Desember 2021 - 19:01 WIB
    Hukum suami lebih mementingkan keluarganya daripada istrinya terus menjadi perbincangan. Para Ulama sepakat tentang kewajiban menafkahi kedua orangtua yang miskin.
  • Bolehkah Mengirim Gambar Makanan dan Minuman pada Orang Berpuasa?
    Tips
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 11:41 WIB
    Pada saat berpuasa seperti sekarang ini, tidak sedikit di antara kita yang sering mengirimkan gambar makanan dan minuman yang menggoda kepada mereka yang sedang berpuasa. Bolehkah melakukannya?
  • Doa-doa Mustajab Orang Tua untuk Anak-anaknya
    Muslimah
    Senin, 01 Agustus 2022 - 09:30 WIB
    Mendoakan anak agar tumbuh berkembang menjadi anak saleh adalah kewajiban orang tua. Apalagi semua dan setiap orang beriman menginginkan anaknya menjadi anak yang saleh.
  • Hukum Orang Tua Menyakiti Anak dan Dalil-dalilnya
    Muslimah
    Sabtu, 12 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Tentang anak durhaka pada orang tua, mungkin sudah biasa kita dengar bahkan banyak kisah yang menceritakannya. Sebaliknya, di zaman sekarang ternyata banyak juga orang tua yang durhaka pada anaknya.
  • Kisah Hikmah : Pentingnya Orang Tua Mendoakan Kebaikan untuk Anak-anaknya
    Hikmah
    Kamis, 23 November 2023 - 11:41 WIB
    Nabi Shallallahu alaihi wa sallam mendorong setiap orang tua agar selalu berdoa untuk kebaikan anak, sebab doa akan menambah keberkahan dan kebaikan pada anak.