Topik Terkait: Bayar Fidyah Setelah Ramadhan

  • Golongan Perempuan yang Wajib Bayar Fidyah Setelah Ramadhan
    Muslimah
    Minggu, 09 Mei 2021 - 11:33 WIB
    Bagi kaum muslimah, tentu saja mereka ada kalanya tidak bisa menjalankan ibadah selama 1 bulan penuh. Ada kendala datang haid atau kendala lainnya, seperti hamil dan menyusui.
  • Pengertian Fidyah dan Tata Cara Membayarnya
    Tips
    Selasa, 19 April 2022 - 13:24 WIB
    Bagi muslimin yang sudah tidak mampu lagi berpuasa, Allah memberikan keringanan untuk mereka dengan adanya fidyah. Apa itu fidyah dan bagaimana cara membayarnya?
  • Tidak Bisa Qadha Puasa? Begini Cara Menunaikan Fidyah atau Pengganti Puasa
    Tausyiah
    Rabu, 08 Maret 2023 - 08:33 WIB
    Sebelum Ramadan tiba, umat muslim yang masih memiliki utang puasa wajib menggantinya dengan cara qadha di bulan-bulan sebelum Ramadan. Lalu, bagaimana yang tidak bisa qadha puasa?
  • Mereka yang Boleh Membayar Fidyah Puasa Ramadhan
    Tips
    Selasa, 04 Mei 2021 - 18:23 WIB
    Ada beberapa kelompok manusia yang diperbolehkan meninggalkan puasa dan cukup menggantinya dengan membayar fidyah dengan cara memberi makan kepada fakir miskin sesuai dengan jumlah hari yang ia tinggalkan.
  • Beginilah Kondisi Para Sahabat setelah Berakhirnya Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Minggu, 08 Mei 2022 - 09:21 WIB
    Kita perlu meneladani generasi sahabat (salafush shalih), di mana hati mereka merasa sedih seiring berlalunya Ramadhan. Mereka merasa sedih karena khawatir bahwa amalan yang telah mereka kerjakan di bulan Ramadhan tidak diterima oleh Allah taala.
  • Doa dan Dzikir Setelah Sholat Subuh Lengkap Terjemahan
    Tips
    Jum'at, 11 November 2022 - 23:26 WIB
    Bacaan doa dan dzikir setelah Sholat Subuh termasuk amalan yang sangat dianjurkan. Keutamaan berdzikir setelah sholat Subuh ini diterangkan dalam Hadis Nabi.
  • Ibu Hamil dan Menyusui, Bayar Fidyah atau Qadha Puasa?
    Tips
    Selasa, 05 Mei 2020 - 03:30 WIB
    Masalah ibu hamil dan menyusui ketika puasa Ramadhan sudah sering dibahas di berbagai kajian ilmu. Namun sampai hari ini, tema ini termasuk paling banyak ditanya.
  • Hukum Puasa bagi Orang yang Sakit, Bolehkan Fidyah Dibayar dengan Uang?
    Tausyiah
    Sabtu, 18 April 2020 - 04:22 WIB
    Menjawab banyaknya pertanyaan seputar kewajiban membayar fidyah, apakah harus menggunakan makanan pokok ataukah boleh diganti uang, begini pendapat PB NU.
  • Bacaan Wirid Setelah Sholat Fardhu Bertabur Pahala dan Keutamaan
    Tips
    Selasa, 19 September 2023 - 18:13 WIB
    Bacaan wirid setelah sholat fardhu sangat dianjurkan diamalkan setiap muslim karena terdapat pahala dan keutamaan. Berikut bacaan wiridnya.
  • Aturan dan Tata Cara Utang Puasa yang Terlewat Menurut 4 Mazhab
    Tips
    Rabu, 09 Maret 2022 - 09:36 WIB
    Menjelang Ramadhan, umat muslim yang masih memiliki utang puasa harus segera melunasinya. Namun, bagaimana dengan utang puasa yang masih terlewat karena berbagai alasan. Haruskah tetap dilunasi atau harus membyar denda?
  • Larangan Tidur Setelah Sahur, Begini Penjelasannya
    Tips
    Selasa, 12 April 2022 - 18:30 WIB
    Dalam Islam, langsung tidur setelah santap sahur dan shalat subuh memang tidak dianjurkan, bahkan beberapa ulama menghukuminya itu adalah makruh (jika tidak ada udzur dan keperluan).
  • Aspek Hukum Puasa: Mereka yang Boleh Membayar Fidyah jika Tidak Berpuasa
    Tausyiah
    Kamis, 14 Maret 2024 - 14:44 WIB
    Orang-orang tua atau orang yang mempunyai pekerjaan yang sangat berat, sehingga puasa sangat memberatkannya, sedang ia tidak mempunyai sumber rezeki lain kecuali pekerjaan itu.
  • Doa Setelah Sholat Dhuha dan Keutamaannya yang Luar Biasa
    Muslimah
    Minggu, 21 Februari 2021 - 08:11 WIB
    Beragam keutamaan sholat dhuha, di antaranya adalah diampuni segala dosa, masuk surga lewat pintu khusus sholat dhuha, Allah akan mencukupkan rezekinya sepanjang hari, dicatat sebagai ahli ibadah dan masih banyak lagi.
  • Puasa Wanita Hamil Diganti Fidyah, Kapan Bayar dan Berapa Nilainya?
    Tips
    Minggu, 03 Mei 2020 - 04:15 WIB
    Wanita yang hamil atau menyusui dan mampu berpuasa, lalu ia tidak berpuasa karena khawatir terhadap kesehatan anaknya, ia berkewajiban mengqadha dan membayar fidyah.
  • Bacaan Zikir Setelah Salat Dhuha
    Tips
    Kamis, 21 September 2023 - 09:51 WIB
    Selain doa, ada bacaan zikir setelah salat Dhuha yang banyak keutamaan dan pahalanya bila diamalkan. Untuk bacaan zikirnya agak berbeda dengan bacaan zikir setelah salat fardhu.
  • 3 Waktu Terkabulnya Doa di Bulan Ramadhan
    Tips
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 03:25 WIB
    Bulan Ramadhan menjadi kesempatan emas untuk melakukan amal kebaikan termasuk memperbanyak doa. Ada tiga waktu mustajab dikabulkannya doa-doa di bulan mulia ini.
  • Apakah Boleh Bayar Zakat Fitrah Online?
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 12:55 WIB
    Apakah boleh membayar zakat fitrah secara online? Pertanyaan ini mengemuka dengan berkembangnya teknologi digital saat ini, termasuk perihal pembayaran zakat.
  • Cara dan Niat Fidyah Ibu Menyusui
    Muslimah
    Selasa, 28 Maret 2023 - 08:02 WIB
    Cara dan niat fidyah puasa ibu menyusui ini penting untuk diketahui kaum muslimah yang sudah menjadi seorang ibu. Fidyah sendiri adalah ibadah yang berkaitan dengan harta, sehingga disyaratkan niat dalam pelaksanaannya.
  • 7 Persiapan Menyambut Ramadhan, Nomor 2 Wajib Ditunaikan
    Tausyiah
    Selasa, 28 Februari 2023 - 17:10 WIB
    Tak terasa kita sudah berada bulan Syaban tepatnya tanggal 7 Syaban 1444 Hijriyah, bertepatan Selasa (28/2/2023). Berikut tujuh persiapan menyambut bulan suci Ramadhan.
  • Bacaan Doa Setelah Salat Tarawih dan Witir Lengkap Beserta Artinya
    Tips
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 18:28 WIB
    Doa setelah selesai mengerjakan salat tarawih dan witir ini dianjurkan untuk diamalkan. Doa tersebut biasanya disebut dengan doa kamilin.