Topik Terkait: Tidur Yang Dilarang

  • Amalan Sebelum Tidur yang Diwasiatkan Rasulullah
    Muslimah
    Selasa, 23 Februari 2021 - 17:32 WIB
    Ada amalan amalan sebelum tidur yang lebih bermanfaat dan tentunya mendatangkan pahala jika dilakukan. Islam telah memaparkannya dalam banyak riwayat baik dari Al Quran maupun As Sunnah.
  • Mengapa Tidur Setelah Sahur Dilarang? Begini Penjelasannnya
    Hikmah
    Minggu, 02 April 2023 - 03:05 WIB
    Dalam Islam, langsung tidur setelah santap sahur dan salat subuh sangat tidak dianjurkan, bahkan beberapa ulama menghukuminya itu adalah makruh (jika tidak ada udzur dan keperluan).
  • Yang Utama dan Yang Dilarang Saat Berkurban
    Muslimah
    Selasa, 28 Juli 2020 - 15:40 WIB
    Ibadah kurban yang dilaksanakan pada Hari Raya Idul Adha sampai hari tasyrik, tiada lain bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dengan berkurban, diharapkan seseorang akan memaknai hidupnya untuk mencapai ridha Allah semata.
  • Muhasabah Sebelum Tidur, Aktivitas yang Sering Dilalaikan
    Muslimah
    Minggu, 25 April 2021 - 17:42 WIB
    Banyak sekali di antara kita, atau bahkan termasuk kita, yang mengabaikan aktivitas penting, yakni muhasabah diri sebelum mereka memejamkan mata di malam hari. Ini tentu menjadi catatan penting bagi setiap muslim.
  • Doa Ketika Susah Tidur sesuai Sunah Rasulullah
    Tips
    Kamis, 08 Juni 2023 - 21:02 WIB
    Doa saat sulit tidur atau insomia ini dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Tentang insomnia ini juga pernah dialami beberapa sahabat Nabi SAW.
  • Tidur Qailullah,  Sunnah Rasulullah yang Banyak Manfaatnya
    Muslimah
    Minggu, 18 April 2021 - 11:31 WIB
    Tidur Qailullah adalah tidur di siang hari. Tidur ini ternyata merupakan salah satu sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yang sudah pasti memiliki manfaat.
  • Wasiat Rasulullah SAW yang Dianjurkan Diamalkan sebelum Tidur
    Hikmah
    Kamis, 14 September 2023 - 19:05 WIB
    Dalam kitab Durratun Nashihin disebutkan ada sebuah riwayat bahwa pada suatu malam menjelang tidur, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam berwasiat kepada istrinya Aisyah. Apa isi wasiatnya Baginda Nabi SAW ini?
  • Hukum Tidur Setelah Sholat Subuh Menurut Perspektif Islam
    Tausyiah
    Senin, 10 Mei 2021 - 03:35 WIB
    Tidur bukan sekadar melepas lelah, tetapi kebutuhan yang harus dipenuhi setiap manusia. Bagaimana hukum tidur setelah sholat Subuh menurut perpektif Islam?
  • 2 Sunnah Ketika Bangun Tidur yang Terlupakan
    Tips
    Senin, 25 September 2023 - 19:39 WIB
    Ada beberapa sunnah ketika bangun tidur yang sering dilalaikan kaum muslimin, padahal sunnah tersebut pasti memiliki kemuliaan atau keutamaan.
  • Tidur Siang, Sunah Rasulullah SAW yang Tidak akan Diambil Setan
    Hikmah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 11:44 WIB
    Tidur siang atau tidur qailulah, merupakan sunah Rasulullah Shallallahu alaihui wa sallam yang banyak sekali manfaatnya.
  • 7 Adab Sebelum Tidur, Utamakan Tidur Menghadap Kiblat
    Tips
    Selasa, 07 November 2023 - 19:59 WIB
    Agar tidur bernilai ibadah dan diberkahi Allah, hendaknya memperhatikan adab-adabnya. Salah satu adabnya adalah tidur menghadap kiblat.
  • 5 Adab Tidur Sesuai Sunnah Rasulullah SAW yang Penting Diketahui
    Tips
    Jum'at, 04 Agustus 2023 - 11:24 WIB
    Adab tidur dalam Islam yang penting diketahui kaum muslim. Ketika ingin tertidur, sebagai umat muslim kita perlu memperhatikan dan melakukan adab-adab yang sudah ada sejak zaman kenabian. Adab ketika tidur memiliki manfaat yang sebenarnya penting untuk diri kita sendiri.
  • Doa Bangun Tidur Sesuai Sunnah Lengkap Arab, Latin dan Artinya
    Tausyiah
    Rabu, 19 Oktober 2022 - 16:45 WIB
    Doa bangun tidur sesuai sunnah Nabi ternyata tidak cuma satu riwayat yang lazim dibaca kaum muslimin saat bangun. Akan tetapi ada banyak doa yang diajarkan Rasulullah.
  • Anjuran Berwudhu Sebelum Tidur, Bagaimana dengan Wanita Haid?
    Muslimah
    Rabu, 07 April 2021 - 15:11 WIB
    Sebagai muslim, kita dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu sebelum tidur. Lantas bagaimana bagi perempuan yang tengah haid? Apakah dianjurkan untuk berwudhu juga?
  • Ini Alasan Kenapa Kita Dilarang Tidur di Waktu Pagi
    Hikmah
    Senin, 23 Agustus 2021 - 07:00 WIB
    Tidur yang baik dan benar akan mendatangkan keberkahan dan kesuksesan dalam hidup. Bagaimana caranya supaya sebuah hari menjadi barokah? Jangan tidur di waktu pagi!
  • Takut Tidur Sendirian? Baca Doa yang Diajarkan Nabi Ini
    Tausyiah
    Minggu, 08 November 2020 - 20:53 WIB
    Jika pernah mengalami gangguan tidur atau takut tidur sendirian, ada baiknya mengamalkan doa yang diajarkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berikut.
  • 4 Sunnah Rasul Sebelum Tidur, Nomor 1 Sering Diremehkan
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 18:30 WIB
    Tak ada manusia yang hidupnya paling berkah dan paling produktif kecuali Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Berikut 4 Sunnah Rasul sebelum tidur patut kita tiru.
  • Amalan Sebelum Tidur yang Pahalanya Dapat Menghapus Dosa
    Muslimah
    Jum'at, 05 Maret 2021 - 19:35 WIB
    Melakukan amalan sebelum tidur untuk menambah pahala dan menghapus dosa-dosa. Amalan sebelum tidur ini menjadi ibadah sunah bagi umat Islam yang sangat dianjurkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Pengin Terhindar dari Gangguan Jin? Amalkan 4 Hal Ini Sebelum Tidur
    Tips
    Kamis, 18 Mei 2023 - 18:30 WIB
    Agar terhindar dari gangguan jin dan mimpi buruk, setiap muslim hendaknya mengamalkan 4 amalan yang dicontohkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam
  • Lakukan 2 Amalan Ini Sebelum Tidur, Akan Dapat Pahala Besar
    Muslimah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 18:07 WIB
    Rasulullah banyak memberikan contoh bagaimana agar persiapan sebelum tidur bisa bernilai ibadah. Misalnya, lakukan amalan-amalan untuk mempersempit ruang gerak dosa dan menambah amal pahala.