Surat Ar-Rahman, Latin dan Terjemahan Lengkap 1-78

Senin, 05 Juni 2023 - 17:34 WIB
Surat Ar-Rahman, latin dan terjemahan lengkap 1-78. Foto/Ilustrasi: SINDOnews
Sebelum membaca Surat Ar-Rahman , latin dan terjemahan lengkap 1-78, sebaiknya kita juga perlu tahu tentang seputar surat ini. Surah Ar-Rahman adalah surah ke-55 dalam al-Qur'an. Surah ini tergolong surat makkiyah, terdiri atas 78 ayat.

Dinamakan Ar-Rahman yang berarti Yang Maha Pemurah berasal dari kata Ar-Rahman yang terdapat pada ayat pertama surah ini. Ar-Rahman adalah salah satu dari nama-nama Allah. Sebagian besar dari surah ini menerangkan kepemurahan Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya, yaitu dengan memberikan nikmat-nikmat yang tidak terhingga baik di dunia maupun di akhirat nanti.

Ciri khas surah ini adalah kalimat berulang 31 kali Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban (Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?) yang terletak di akhir setiap ayat yang menjelaskan karunia Allah yang diberikan untuk manusia.

Berikut Surat Ar-Rahman, latin dan terjemahan lengkap 1-78:

اَلرَّحۡمٰنُۙ




Ar Rahmaan

1. (Allah) Yang Maha Pengasih,

عَلَّمَ الۡقُرۡاٰنَؕ


'Allamal Quran

2. Yang telah mengajarkan Al-Qur'an.

خَلَقَ الۡاِنۡسَانَۙ


Khalaqal insaan

3. Dia menciptakan manusia,

عَلَّمَهُ الۡبَيَانَ


'Allamalhul bayaan

4. mengajarnya pandai berbicara.

اَلشَّمۡسُ وَالۡقَمَرُ بِحُسۡبَانٍ


Ashshamsu walqamaru bihusbaan

5. Matahari dan bulan beredar menurut perhitungan,
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
فَلَمَّا نَسُوۡا مَا ذُكِّرُوۡا بِهٖ فَتَحۡنَا عَلَيۡهِمۡ اَبۡوَابَ كُلِّ شَىۡءٍ ؕ حَتّٰٓى اِذَا فَرِحُوۡا بِمَاۤ اُوۡتُوۡۤا اَخَذۡنٰهُمۡ بَغۡتَةً فَاِذَا هُمۡ مُّبۡلِسُوۡنَ
Maka ketika mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu (kesenangan) untuk mereka. Sehingga ketika mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka secara tiba-tiba, maka ketika itu mereka terdiam putus asa.

(QS. Al-An'am Ayat 44)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More