Surat An-Nas Lengkap Arab, Latin dan Keutamaan

Minggu, 06 Agustus 2023 - 19:36 WIB
مِنَ الۡجِنَّةِ وَالنَّاسِ


Minal jinnaati wannaas.

6. Dari (golongan) jin dan manusia.

Keutamaan Surat An-Nas:

1. Mengobati Penyakit dan Penangkal dari Sihir

Salah satu keutamaan Surat An-Nas dapat menyembuhkan seseorang dari penyakit seperti demam tinggi. Surat ini juga bisa menjadi amalan pelindung dari sihir. Asbabun Nuzul Surat An-Nas dan Al-Falaq ini berkaitan dengan sakit yang dialami Nabi Muhammad SAW karena disihir orang Yahudi. Dalam Tafsir al-Qummi dan Tafsir Al-Burhan diceritakan, suatu ketika Nabi mengalami sakit demam yang tinggi, lalu Malaikat Jibril dan Mikail datang membawa Surat Al-Falaq dan An-Nas untuk menyembuhkan beliau. Malaikat Jibril membaca Surat Al-Falaq dan Malaikat Mikail membaca Surat An-Nas hingga beliau sembuh.

2. Bacaan Sholat Rasulullah Ketika dalam Perjalanan

Diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, At-Tirmizi dan An-Nasa-i dari 'Uqbah bin 'Aamir bahwa Rasulullah ﷺ sholat dengan membaca Surat Al-Falaq dan Surat An-Naas dalam perjalanan.

3. Amalan Sunnah Sebelum Tidur

Bahwasanya Nabi Muhammad ﷺ apabila pergi ke tempat tidur setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangan beliau, kemudian meniupkan dalam terbukanya dan membaca Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq dan Surat An-Nas. Kemudian dengan kedua telapak tangan itu, beliau mengusap tubuh beliau, dimulai dari kepala dan wajah serta anggota tubuh lainnya. Beliau melakukan hal itu sebanyak tiga kali." (HR Al-Bukhari)

4. Wasilah Perlindungan dari Segala Keburukan

Surat An-Nas ini juga memiliki keutamaan sebagai wasilah perlindungan dari segala keburukan, seperti sihir, penyakit 'ain (pandangan mata yang dengki), gangguan setan dan penyakit buruk lainnya. Rasulullah ﷺ bersabda: "Wahai Ibnu Abbas, maukah kamu aku tunjukkan sesuatu yang paling baik digunakan untuk berlindung?" Ibnu Abbas menjawab: "Iya wahai Rasulullah." Beliau pun bersabda: "Qul a'udzu birabbil falaq (Surat Al-Falaq) dan Qul a'udzu birabbinnas (Surat An-Nas), dua surah ini." (HR An-Nasa'i)

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
فَاذۡكُرُوۡنِىۡٓ اَذۡكُرۡكُمۡ وَاشۡکُرُوۡا لِىۡ وَلَا تَكۡفُرُوۡنِ (١٥٢) يٰٓاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اسۡتَعِيۡنُوۡا بِالصَّبۡرِ وَالصَّلٰوةِ ؕ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيۡنَ (١٥٣)
Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku. Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.

(QS. Al-Baqarah Ayat 152-153)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More