Mengenal Rasulullah SAW Lebih Dekat, Berikut Biografinya

Kamis, 29 Oktober 2020 - 10:30 WIB
Bersama bapak saudaranya, Abu Thalib bermusafir ke Syam untuk urusan perniagaan. Di kota Busra, negeri Syam, seorang pendeta Nasrani bernama Bahira (Buhaira) bertemu ketua-ketua rombongan untuk menceritakan tentang pengutusan seorang Nabi di kalangan bangsa Arab yang akan lahir pada masa itu.

USIA 20 TAHUN

Terlibat dalam peperangan Fijar. Ibnu Hisyam di dalam Kitab 'Sirah', jilid1, halaman 184-187 menyatakan pada ketika itu usia Muhammad صلى الله عليه وسلم ialah 14 atau 15 tahun. Baginda menyertai peperangan itu beberapa hari dan berperan mengumpulkan anak-anak panah saja.

Kemudian menyaksikan 'perjanjian Al-Fudhul', perjanjian damai untuk memberi pertolongan kepada orang yang didzalimi di Makkah.

USIA 25 TAHUN

1. Bermusafir kali kedua ke Syam atas urusan perniagaan barangan Sayyidah Khadijah binti Khuwailid Al-Asadiyah.

2. Perjalanan ke Syam ditemani oleh Maisarah; lelaki suruhan Khadijah.

3. Meminang Sayyidah Khadijah. Baginda Nabi صلى الله عليه وسلم bersama pamannya Abu Thalib dan beberapa orang bapak saudaranya pergi berjumpa Amru bin Asad (bapak saudara Khadijah) untuk meminang Khadijah yang berusia 40 tahun ketika itu.

4. Mas kawin baginda kepada Sayyidah Khadijah sebanyak 500 dirham.

USIA 35 TAHUN

1. Banjir besar melanda Makkah dan meruntuhkan dinding Ka'bah.

2. Pembinaan semula Ka'bah dilakukan oleh pembesar-pembesar dan penduduk Makkah.

3. Rasulullah صلى الله عليه وسلم diberi kemuliaan untuk meletakkan 'Hajarul-Aswad' ke tempat asal dan sekaligus meredakan pertelingkahan berhubung perletakan batu tersebut.

USIA 40 TAHUN

Menerima wahyu di gua Hira' sebagai pelantikan menjadi Nabi dan Rasul akhir zaman.

USIA 53 TAHUN

1. Berhijrah ke Madinah Al-Munawwarah dengan ditemani oleh Sayyidina Abu Bakar As-Siddiq.

2. Sampai ke Madinah pada tanggal 12 Rabiul Awal (24 September 622 M).

USIA 63 TAHUN

Kewafatan Rasulullah صلى الله عليه وسلم di Madinah Al-Munawwarah pada hari Senin, 12 Rabiul Awal tahun 11 Hijriyah (8 Juni 632 Masehi). Beliau lahir dan wafat di tanggal yang sama.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنۡۢ بَيۡنِ يَدَيۡهِ وَمِنۡ خَلۡفِهٖ يَحۡفَظُوۡنَهٗ مِنۡ اَمۡرِ اللّٰهِ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوۡمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوۡا مَا بِاَنۡفُسِهِمۡ‌ؕ وَاِذَاۤ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوۡمٍ سُوۡۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ‌ۚ وَمَا لَهُمۡ مِّنۡ دُوۡنِهٖ مِنۡ وَّالٍ
Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

(QS. Ar-Ra'd Ayat 11)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More