Benarkah Nabi Muhammad Itu Al-Abtar?

Rabu, 25 November 2020 - 17:54 WIB
2. Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

3. Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).

Para mufassir menanggapi tafsiran ayat di atas dengan beragam komentar. Di antaranya, ada yang menafsirkan kata "Al-Kautsar" sebagai nama telaga khusus yang kelak diberikan terhadap umat Nabi Muhammad di surga kelak atau boleh jadi sebelum mereka memasuki surga.

"Telaga itu panjangnya dari Kota Makkah ini hingga ke Omman. Jumlah gelasnya sebanyak bintang di langit. Warna airnya lebih putih dari susu dan rasanya lebih manis dari madu. Siapa yang meminumnya tidak akan pernah merasakan haus lagi selamanya." Demikian hadits Nabi terkait telaga Al-Kautsar itu.

Sementara itu, ada lagi para ulama tafsir yang menafsirkan bahwa yang dimaksud dengan kata "Al-Kautsar" di sana adalah keturunan yang banyak. Tafsiran tampaknya lebih tepat jika dikorelasikan dengan konteks akhir ayat yang berbicara tentang kasus "Al-Abtar" sebagai sebuah bantahan dan pembelaan langsung dari Allah terhadap kekasih-Nya Muhammad صلى الله عليه وسلم.

Seakan ayat ini sedemikian cepat dan tegasnya menjawab tuduhan keji orang-orang Musyrikin Makkah dengan menyatakan bahwa Sungguh Allah telah memberikan kamu anak keturunan dzuriat yang banyak lagi tidak terputus hingga hari kiamat kelak.

[ ]

Fakta sejarahnya yang tercatat saja bahwa pernikahan antara putri Rasulullah صلى الله عليه وسلم dengan Sayyidina Ali bin Abi Thalib kemudian melahirkan Sayyidina Hasan dan Husein. Dari Sayyidina Hasan melahirkan jutaan anak keturunan yang kemudian dikenal dengan gelar "Sayyid" atau "Syarif" atau cukup dikenal dengan gelar "Al-Hasani" saja.

Begitu juga dari keturunan Sayyidina Husein pun melahirkan jutaan anak keturunan yang juga biasa dipanggil "As-Sayyid", atau di Indonesia lebih akrab dijuluki "Habib". Para Habaib (jamak dari Habib) keturunan Nabi ini biasanya bermarga Alaydrus, Asseqaf, Al-Athas, Al-Habsyi, As-Shihab, Jamalullail, Al-Jufry, Baraqwan dan masih banyak lainnya. Mereka datang dari Yaman (Hadhramaut).

Kembali ke ayat terakhir, justru bukan sekadar bantahan atas celaan dan tuduhan tidak adil itu, bahkan sekaligus sebagai ancaman bahwa bagi siapa pun itu, baik bagi mereka yang hidup pada masa hidup Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم atau sesudah wafatnya, kini hingga hari kiamat, jika ada yang mengatakan Nabi Muhammad terputus keturunannya atau ungkapan yang menarasikan tidak ada lagi keturunan Nabi Muhammad, maka jelas dialah yang termasuk yang dikecam dalam ayat ini.

Bagi kelompok pembenci Habaib atau keturunan Rasulullah -dengan alasan apa pun itu- yang menyatakan Dzurriyah Rasulullah itu tidak ada lagi atau mereka perlu melakukan pembuktian DNA demi membuktikan keabsahan pengakuan mereka, patut disayangkan. Jangan sampai Allah memutuskan rahmat-Nya karena kebencian terhadap para Dzurriyah Nabi. Semoga Allah memberi taufik kepada kita agar senantiasa memuliakan para Dzurriyah Nabi dan ulama.

(Baca Juga: Gelar Habib dan Sejarahnya di Indonesia)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
وَاِذَا تُتۡلٰى عَلَيۡهِ اٰيٰتُنَا وَلّٰى مُسۡتَكۡبِرًا كَاَنۡ لَّمۡ يَسۡمَعۡهَا كَاَنَّ فِىۡۤ اُذُنَيۡهِ وَقۡرًا‌ۚ فَبَشِّرۡهُ بِعَذَابٍ اَلِيۡمٍ
Dan apabila dibacakan kepadanya ayat-ayat Kami, dia berpaling dengan menyombongkan diri seolah-olah dia belum mendengarnya, seakan-akan ada sumbatan di kedua telinganya, maka gembirakanlah dia dengan azab yang pedih.

(QS. Luqman Ayat 7)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More