Heraklius Baca Surat Nabi Muhammad, Suasana Gaduh Terjadi di Kerajaan Romawi

Senin, 11 Juli 2022 - 20:18 WIB
Sejarah mencatat peristiwa besar dalam peradaban Islam ketika terjadi Perang Yarmuk. Pasukan muslim melawan tentara Romawi Timur yang dipimpin oleh Heraklius pada Tahun 636 Masehi. Perang ini terjadi pada masa kepemimpinan Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Perang yang terjadi di sekitar Sungai Yarmouk lembah Yordania ini melibatkan ratusan ribu tentara. Pasukan muslim yang berjumlah sekitar 30.000 orang harus berjuang melawan 200.000 pasukan Romawi. Atas izin Allah, Romawi akhirnya dikalahkan oleh pasukan muslim pada Tahun 15 Hijriyah.

Sebuah kemenangan yang luar biasa. Jumlah pasukan yang tak sebanding, namun berhasil dimenangkan oleh kaum muslimin. Heraklius pun mengakui kemenangan pasukan muslim. Inilah salah satu perang penting dalam sejarah peradaban Islam.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
اَوَلَمۡ يَهۡدِ لِلَّذِيۡنَ يَرِثُوۡنَ الۡاَرۡضَ مِنۡۢ بَعۡدِ اَهۡلِهَاۤ اَنۡ لَّوۡ نَشَآءُ اَصَبۡنٰهُمۡ بِذُنُوۡبِهِمۡ‌ ۚ وَنَطۡبَعُ عَلٰى قُلُوۡبِهِمۡ فَهُمۡ لَا يَسۡمَعُوۡنَ
Atau apakah belum jelas bagi orang-orang yang mewarisi suatu negeri setelah lenyap penduduknya? Bahwa kalau Kami menghendaki pasti Kami siksa mereka karena dosa-dosanya, dan Kami mengunci hati mereka sehingga mereka tidak dapat mendengar pelajaran.

(QS. Al-A'raf Ayat 100)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More