Jumlah Marga Keturunan Nabi Muhammad SAW Berikut Nama-namanya

Jum'at, 30 September 2022 - 05:10 WIB
112. Al-Baharun (berharap anaknya mempunyai sifat seperti Nabiyullah Harun).

113. Al-Bahasyim (diambil dari nama Hasyim bin Abdullah bin Ahmad).

114. Bin Yahya (berharap anaknya mendapat keberkahan seperti Nabi Yahya yang dapat menerangi hati yang gersang).

Selain nama fam di atas, banyak juga dari mereka yang menggunakan nama langsung kedua cucu Rasulullah SAW dengan laqob "Al-Husaini atau Al-Hasani". Ini adalah hal biasa karena memang jumlah keturunan Rasulullah SAW mencapi jutaan dan tersebar di seluruh dunia. Sehingga tidak semua dari Dzurriyah Nabi menggunakan nama Fam ataupun julukan.

Di samping itu banyak juga keturunan Rasulullah SAW yang belum terdata di wilayah pelosok-pelosok yang kadang sulit dijangkau untuk dilakukan pendataan. Mereka menggunakan gelar laqob "Al-Husaini dan Al-Hasani."

Sebagian Sultan-Sultan di Nusantara, juga para Kiyai, Ajengan, Gus, Buya, Lora, dan tokoh-tokoh bangsa ada yang mempunyai nasab bersambung kepada keluarga besar Walisongo dan keluarga Fam lainnya seperti Basyaiban.

Wallahu A'lam



Referensi:

As-Sayyid Idrus Alwi Al-Masyhur, Sejarah Silsilah dan Gelar Keturunan Nabi Muhammad SAW di Indonesia, Singapura, Malaysia, Timur Tengah, India dan Afrika, Jakarta: Sara Publishing, 2010.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah dan Abu Sa'id bahwa keduanya pernah menyaksikan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Tidaklah ada suatu kaum duduk sambil berdzikir kepada Allah, kecuali para Malaikat akan mengelilingi mereka, dan akan diselubungi rahmat, akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), dan Allah akan menyebut-nyebut orang-orang yang ada disisi-Nya.

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 3781)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More