Kisah Kelahiran Nabi Muhammad SAW dan 3 Peristiwa Dahsyat

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 06:30 WIB
Nabi Muhammad SAW menikah pada usia 25 tahun dengan perempuan mulia Sayyidah Khadijah binti Khuwailid (40 tahun). Ketika Nabi berumur 40 tahun, beliau menerima wahyu pertama dari Allah melalui Malaikat Jibril di Gua Hira dan diangkat menjadi Nabi. Tiga tahun setelah itu, Nabi Muhammad SAW berdakwah secara terbuka kepada penduduk Mekkah dengan mengatakan "Tuhan itu Esa" dan menebarkan ajaran Islam.

Rasulullah SAW menyuruh pengikutnya untuk hijrah ke Habasyah pada 614 M sebelum beliau dan pengikutnya lain berhijrah ke Madinah (dulu dikenali sebagai Yathrib) pada tahun 622 M. Peristiwa Hijrah Rasulullah ini menandakan permulaan bagi kalendar Islam atau Hijriyah. Di Madinah, Rasulullah SAW menyatukan semua suku kaum di bawah Piagam Madinah.

Setelah bersengketa dengan penduduk Makkah selama 8 tahun, Beliau membawa 10.000 pasukan ke Mekkah serta membukanya. Rasulullah SAW dan pengikutnya memusnahkan patung berhala yang terdapat di Mekkah.

Pada tahun 632 Masehi, beberapa bulan selepas peristiwa Haji Wada atau Haji Perpisahan, Nabi Muhammad SAW berpulang ke rahmat Allah. Ketika wafatnya, hampir seluruh semenanjung Arab berada di bawah naungan Islam dan bersatu dengan tatanegara Islam.

Biografi Singkat

Nama lengkap: Muhammad bin Abdullah bin Abdul Mutthalib bin Hasyim bin Abdul Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka'ab bin Luay bin Ghalib bin Fihr (Quraisy).

Lahir: Mekkah, Senin 12 Rabiul Awal 570 M (53 Sebelum Hijrah) atau Tahun Gajah.

Ayah: Abdullah bin Abdul Muththalib.

Ibu: Aminah binti Wahb bin Abdu Manaf bin Zuhrah bin Kilab.

Ibu Asuh: Aminah binti Wahab, Ummu Aiman, Thuwaibah, Halimah As Saadiyah, Judzamah binti Harits, Fatimah binti Asad.

Ibu Susu: Aminah bin Wahab, Thuwaibah, Halimah As-Saadiyah.

Wafat: Madinah, 12 Rabiul Awal Tahun 11 Hijriyah (8 Juni 633 M) pada usia 63 Tahun dan dimakamkan di Rumah Sayyidah-Aisyah yang saat ini menjadi bagian dari Kompleks Masjid Nabawi Madinah.



Wallahu A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
اِنَّ الۡمُنٰفِقِيۡنَ يُخٰدِعُوۡنَ اللّٰهَ وَهُوَ خَادِعُوْهُمۡ‌ ۚ وَاِذَا قَامُوۡۤا اِلَى الصَّلٰوةِ قَامُوۡا كُسَالٰى ۙ يُرَآءُوۡنَ النَّاسَ وَلَا يَذۡكُرُوۡنَ اللّٰهَ اِلَّا قَلِيۡلًا
Sesungguhnya orang munafik itu hendak menipu Allah, tetapi Allah-lah yang menipu mereka. Apabila mereka berdiri untuk shalat, mereka lakukan dengan malas. Mereka bermaksud ria ingin dipuji di hadapan manusia. Dan mereka tidak mengingat Allah kecuali sedikit sekali.

(QS. An-Nisa Ayat 142)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More