7 Keutamaan Muawiyah yang Mengagumkan, Sahabat Pendiri Dinasti Umayyah

Selasa, 29 November 2022 - 11:48 WIB
6. Ahli Agama dan Berakhlak Mulia

Umar bin Khattab ketika mengangkatnya menjadi gubernur Syam berkata:

لاَ تَذْكُرُوا مُعَاوِيَةَ إِلاَّ بِخَيْرٍ

Artinya: "Janganlah kalian menyebut Muawiyah kecuali dengan kebaikan."

Ibnu Abbas berkata tentangnya: "Beliau orang yang jujur dan seorang yang faqih." (HR Al-Bukhari)

Qubaishah bin Jabir berkata: "Aku telah bersahabat dengan Muawiyah, belum pernah aku melihat orang yang paling besar kesantunannya, paling sedikit kesalahannya dan tepat dalam mengambil keputusan selain Mu’awiyah."

Muawiyah meriwayatkan hadits dari Rasulullah ﷺ sebanyak 163 hadits, yang tercantum dalam Shahih Al-Bukhari ada 4 hadits, sedangkan Muslim 5 hadits.

7. Pemimpin yang Baik dan Cakap

Cukuplah bukti atas keahliannya dalam memimpin ketika ia dipercaya oleh tiga khalifah Abu Bakar, Umar dan Utsman untuk menjadi gubernur selama 20 tahun, dan setelahnya ia menjadi khalifah juga selama 20 tahun.

Disebutkan bahwa masa kekhalifahannya adalah keadaan paling nyaman yang dirasakan oleh kaum muslimin setelah sebelumnya dibuat lelah oleh pertikaian. Abdullah bin Abbas pernah berkata:

ما رأيت رجلا كان أخلق للملك من معاوية، كان الناس يردون منه على أرجاء واد رحب، لم يكن بالضيق، الحصر، العصعص المتغضب

Artinya: "Belum pernah saya dapati orang yang lebih ahli dalam mengatur negara, selain Muawiyah. Orang-orang mendatanginya dengan perasaan senang tanpa merasa sempit, tertekan, gelisah ataupun marah."

Pernah disebut-disebut kepada Imam Al-A'masy tentang keadilan Umar bin Abdul Aziz, maka beliau berkata: "Bagaimana pula kekaguman kalian seandainya mendapati masa Muawiyah saat ia memerintah."” Mereka berkata, "Wahai Abu Muhammad apakah dalam kelembutannya saat memimpin?"

Imam A'masy menjawab: "Tidak, demi Allah, bahkan dalam keadilannya."

Imam Mujahid rahimahullah mengatakan tentangnya: "Andai kalian melihat Muawiyah, niscaya kalian akan menyangka dia itu imam Mahdi."

Bahkan Sayyidina Ali bin Abi Thalib sendiri mengakui akan hal ini. Sebuah riwayat menyebutkan, setelah selesai dari perang Shifin melawan Muawiyah beliau berkata: "Wahai manusia, janganlah kalian membenci kepemimpinan Mu’awiyah karena sesungguhnya kalau kalian kehilangan Muawiyah, niscaya kalian akan melihat kepala-kepala manusia terlepas dari badan-badan seperti buah hanzhal."

Referensi:

[1] Al Fatawa (4/458).

[2] Fathul Bari (6/102)

[3] Asy Syariah, (5/2466).
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
وَزَكَرِيَّاۤ اِذۡ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرۡنِىۡ فَرۡدًا وَّاَنۡتَ خَيۡرُ الۡوٰرِثِيۡنَ‌
Dan ingatlah kisah Zakaria, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri tanpa keturunan dan Engkaulah ahli waris yang terbaik.

(QS. Al-Anbiya Ayat 89)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More