Tindakan Momeka Membakar Al-Qur'an di Swedia Membuat Umat Kristen Irak Ketakutan

Selasa, 11 Juli 2023 - 08:21 WIB
loading...
Tindakan Momeka Membakar Al-Quran di Swedia Membuat Umat Kristen Irak Ketakutan
Pembakar Al-Quran di Swedia, Salwan Momeka, mengaku ateis namun keluarganya di Irak adalah penganut Kristen. Foto/Ilustrasi: Qantara
A A A
Salwan Momeka yang membakar Al-Qur'an di Swedia itu adalah warga Irak . Kedua orang tuanya ada di Irak. Dia keturunan minoritas Kristen . Hanya saja, Momeka mengaku ateis. Akibat tindakannya, orang-orang Kristen Irak kini dihinggapi rasa takut.

Dia merobek halaman-halaman Al-Qur'an, melemparkannya ke lantai dan menginjaknya. Kemudian dia membuka sebungkus daging babi, meletakkan seiris di atas Al-Qur'an , lalu membakar kitab suci umat Islam itu.

Babi benar-benar tabu bagi umat Islam. Itu semua terjadi pada hari pertama hari raya Iduladha 1444 H di depan sebuah masjid di ibu kota Stockholm, Swedia , di sekitar kedutaan Turki. Tindakan itu sangat simbolis.

Ada yang bilang Salwan Momeka tidak tahu apa yang dia lakukan. Pria berusia 37 tahun itu adalah orang Asyur dan termasuk minoritas Kristen di negara multi-etnis itu.

Dia sendiri mengatakan dia adalah seorang ateis, mungkin karena pertimbangan keluarganya, yang masih di Irak dan sekarang menghadapi permusuhan yang kuat. Ayahnya sudah resmi menjauhkan diri darinya.



Kristen di Irak

Tindakan Momeka sangat mendiskreditkan orang Kristen. Di media sosial, mereka difitnah, sesuatu yang jarang terjadi sebelumnya. Laman Qantara menyebut salah seorang yang mengikuti reaksi di internet dengan cermat adalah Mithal al-Alusi, mantan anggota parlemen Irak dan pendiri Partai Umma, yang menyebut dirinya liberal-demokratis.

"Orang-orang Kristen di Irak benar-benar bingung dan ketakutan," Alusi mengomentari situasi tersebut. "Mereka benar-benar menjauhkan diri dari atmosfir Islam yang mencirikan politik dan kehidupan di Irak, atau mereka mendekati partai dan milisi Muslim, bahkan bergabung dengan Pengawal Revolusi Iran."

Umat Kristiani memang telah menjadi jenis yang langka di Mesopotamia. Jumlah mereka berkurang lebih dari setengahnya sejak invasi Amerika dan Inggris 20 tahun lalu. Dari 1,2 juta yang pernah tinggal di sana, tinggal setengah juta saja.

Momeka juga meninggalkan Irak lima tahun lalu. Dengan tindakannya, dia telah merugikan rekan-rekan Kristennya. Dikhawatirkan bahwa lebih banyak lagi yang akan berimigrasi sekarang.

Banyak juga yang percaya Momeka tahu betul apa yang dia lakukan. Dalam sebuah video yang diposting online sehari setelah dia membakar kitab suci umat Islam, dia menjelaskan motifnya. Bukan "saudara dan saudari Muslim" yang mendorongnya untuk bertindak, tetapi para pengikut garis keras agama Syiah, pertama dan terutama Muqtada al-Sadr.



Muqtada al-Sadr mengancam akan membunuhnya. Dia juga menuduh Iran mengeksploitasi negaranya selama bertahun-tahun, mencuri uang dan minyak serta menindas rakyat. "Kamu tidak punya apa-apa selain kata-kata kosong untuk diucapkan," katanya kepada rekan senegaranya.

Pendukung Al-Sadr

Selama dua hari, pendukung al-Sadr berkumpul di luar gerbang misi diplomatik Swedia di Baghdad, membawa poster-poster yang menggambarkan al-Sadr dan ulama Syiah lainnya, menuntut ekstradisi Momeka ke Irak dan pencabutan pengasingannya di Swedia. Mahkamah Agung Irak telah mengirimkan permintaan ekstradisi ke Stockholm.

Sementara itu, demonstrasi juga terjadi di depan kedutaan Swedia di Teheran. Iran tidak akan mengirim duta besar ke Swedia untuk saat ini, menurut sumber resmi di Teheran, meskipun hubungan diplomatik antara kedua negara akan dilanjutkan segera setelah jeda yang lama. Ayatollah Besar Syiah Ali al-Sistani di Najaf, Irak, juga menganggap Swedia bertanggung jawab atas pembakaran Al-Qur'an.



Dalam sepucuk surat kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, kantor Sistani mengecam otorisasi polisi Swedia atas tindakan tersebut.

Namun biografi Momeka menjelaskan latar belakang kejahatannya. Ia lahir di Qaraqosh, sebuah kota Kristen di antara Mosul dan kota metropolis Erbil Kurdi. Salwan berusia 20 tahun ketika organisasi teroris ekstremis Sunni al-Qaeda mendatangkan malapetaka di Irak dan menyerukan penganiayaan terhadap orang Kristen.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)