HARI RAYA IDUL ADHA 2020

Siap-siap Melaksanakan Puasa Tarwiyah dan Arafah

loading...
Siap-siap Melaksanakan Puasa Tarwiyah dan Arafah
Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan istimewa dalam kalender Islam, banyak amalan sunnah yang bisa dilakukan kaum muslim seperti puasa Tarwiyah dan puasa Arafah. Foto ilustrasi/alukhuwah/ist
Menjelang Hari Raya Idul Adha, umat muslim di seluruh dunia disunnahkan melaksanakan puasa Tarwiyah dan Arafah. Amalan ibadah sunnah ini dilaksanakan dua hari sebelum tanggal 10 Dzulhijjah (Idul Adha) atau biasa disebut Lebaran Haji , yaitu pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah.

Jika sesuai kalender Islam, maka pelaksanaan puasa Tarwiyah dan Arafah ini akan jatuh pada hari Rabu (29/7) dan Kamis (20/7) besok.

Kedua puasa sunnah ini sangat dianjurkan, karena memiliki keistimewaan tersendiri. Beberapa kitab fiqh dari berbagai mazhab menyebutkan disunnahkan puasa sunnah pada hari Tarwiyah.

Hadis riwayat Ibnu Abbas radhiyallahu'anhu berikut adalah dalil terkuat yang dijadikan landasan disunnahkannya puasa hari Tarwiyah.



“ما من أيام العمل الصالح فيهن أحب إلى الله، من هذه الأيام العشر” رواه البخاري.

"Tidak ada hari yang di dalamnya amal soleh lebih dicintai Allah kecuali pada sepuluh hari ini (maksudnya 10 hari bulan Dzulhijjah).( HR Bukhari)

Hadis lain:

وعن حفصة قالت: أربع لم يكن يدعهن رسول الله صلى الله عليه وسلم: صيام عاشوراء، والعشر، وثلاث أيام من كل شهر، والركعتين قبل الغداة رواه أحمد والنسائي.

"Dari Hafsah radhiyallahu'anhu : ada empat perkara yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW, yaitu puasa bulan hari Asyura (10 Muharram), (amal soleh) 10 hari pertama Dzulhijjah, tiga hari setiap bulan dan dua rakaat sebelum pagi” (HR Ahmad dan Nasa'i)
halaman ke-1
cover top ayah
وَنَادَوۡا يٰمٰلِكُ لِيَقۡضِ عَلَيۡنَا رَبُّكَ‌ؕ قَالَ اِنَّكُمۡ مّٰكِثُوۡنَ
Dan mereka berseru, “Wahai (Malaikat) Malik! Biarlah Tuhanmu mematikan kami saja.” Dia menjawab, “Sungguh, kamu akan tetap tinggal (di neraka ini).”

(QS. Az-Zukhruf:77)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video