Derita Perempuan Palestina di Tahanan Israel: Alami Pelecehan Seksual dan Pemukulan

Senin, 26 Februari 2024 - 05:15 WIB
loading...
Derita Perempuan Palestina di Tahanan Israel: Alami Pelecehan Seksual dan Pemukulan
Truk yang penuh dengan tahanan Palestina bertelanjang dada di Jalur Gaza, 8 Desember 2023 (Reuters/MEE)
A A A
Seorang wanita yang diculik oleh pasukan Israel dari sebuah sekolah di Gaza mengenang pengalaman mengerikan yang dia alami selama ditahan

Di dalam tahanan diwarnai pelecehan seksual , pemukulan, teriakan, perampasan makanan, kurangnya perawatan medis dan siksaan psikologis.

Ini adalah kehidupan dalam tahanan Israel bagi Amena Hussain (bukan nama sebenarnya).

Ibu tiga anak Palestina ini diculik oleh pasukan Israel dari tempat perlindungannya di Jalur Gaza yang dilanda perang pada akhir Desember.

Selama lebih dari 40 hari, dia ditahan dalam kondisi yang tidak terbayangkan.



Dia adalah satu dari ratusan perempuan, anak perempuan, laki-laki dan orang tua Palestina yang ditahan secara sewenang-wenang oleh pasukan Israel.

Mereka ditahan tanpa komunikasi, dan tentara Israel membawa mereka ke lokasi yang tidak diketahui dan tidak memberikan informasi tentang keberadaan mereka.

Amena adalah salah satu dari sedikit orang beruntung yang berhasil lolos. Kisah berikut ini didasarkan pada wawancara yang dia berikan kepada Middle East Eye, di mana dia mengenang pengalaman mengerikannya dalam penahanan Israel.

Serangan Malam

Amena tinggal di Kota Gaza bersama dua putrinya, berusia 13 dan 12 tahun, serta putranya, berusia enam tahun.

Empat hari setelah perang dimulai pada tanggal 7 Oktober, saudara perempuannya berpindah tinggal ke rumah mereka setelah rumahnya dibom.

Selama hampir sebulan, mereka hidup di bawah suara-suara mengerikan dari serangan udara jarak dekat yang tiada henti.



Kota ini, yang merupakan rumah bagi hampir satu juta orang sebelum perang, menjadi sasaran kampanye pengeboman.

Putus asa akan rasa aman, Amena berangkat bersama ketiga anaknya untuk berlindung di sebuah sekolah di Gaza.

Tapi itu tidak cukup.

“Tentara terus-menerus menelepon ponsel saya dan meminta semua orang meninggalkan sekolah,” kata Amena Hussain kepada MEE.

“Saya mengumpulkan anak-anak dan mencari perlindungan di sebuah sekolah di Jalur Gaza tengah di daerah Nuseirat, namun sekolah itu sangat ramai sehingga kami tidak dapat menemukan tempat untuk berdiri, apalagi, duduk atau tidur. Berkeliling sekolah mencari tempat yang aman untuk anak-anak saya sampai kami menemukan sekolah untuk tinggal di kamp pengungsi al-Bureij,” katanya.

“Saya tinggal di sana selama delapan hari berikutnya. Pada hari kesembilan, sekolah tersebut dibom oleh tentara Israel, meskipun mereka tahu bahwa sekolah tersebut menampung para pengungsi perempuan, anak-anak dan seluruh keluarga. Syukurlah saya dan anak-anak saya selamat dari pemboman tersebut. Selanjutnya, saya mencari perlindungan di sekolah lain."

Mengungsi beberapa kali dalam waktu kurang dari dua bulan, Amena merasa lega akhirnya menemukan tempat berlindung yang cocok di Jalur Gaza tengah.



Tapi mimpi terburuknya belum dimulai. Kurang dari sebulan setelah tiba di sekolah terbaru, yang tidak disebutkan namanya oleh MEE untuk melindungi identitas Amena, pasukan Israel tiba.

“Mereka dengan kejam mendobrak masuk pada pukul 02.30 lewat tengah malam, memerintahkan semua orang untuk meninggalkan sekolah. Mereka menyerang semua orang. Para tentara membawa anak-anak keluar dan menelanjangi mereka. Mereka menyeret semua pria keluar dengan celana boxer mereka. Kami tetap seperti ini sampai jam 10.00 pagi hari.

“Sekitar jam 3 sore, tentara menyuruh para perempuan tersebut untuk membawa anak-anak mereka dan pergi, lalu memerintahkan mereka menuju ke selatan. Berbicara melalui mikrofon, mereka mengatakan bahwa setiap perempuan hanya boleh membawa satu tas dan anak-anaknya. Saya mencoba mengumpulkan semua kaleng makanan yang saya bawa."

Ketika perempuan mulai keluar dari sekolah, beberapa dari mereka dihentikan. Amena termasuk di antara mereka.

“Tentara tersebut meminta identitas saya dan membawa saya bersama sembilan wanita lainnya. Saya tidak mengenal satupun dari mereka, karena mereka berasal dari al-Bureij sedangkan saya dari Gaza. Seorang pria bertopeng menunjuk ke arah saya dan tentara tersebut memanggil nama saya. Mereka meminta saya masuk tenda, mengaku ada dokter di sana yang ingin berbicara sebentar.”

Untuk menghibur anak-anaknya, Amena mengatakan dia akan mengambilkan mereka makanan dan air dari tenda.

Namun ketika dia masuk, seorang petugas wanita Israel sudah menunggunya di dalam. Tidak ada dokter.

"Singkirkan semuanya," kata petugas itu dalam bahasa Arab.



Tanpa busana hingga celana dalamnya, Amena digeledah dari ujung kepala sampai ujung kaki.

“Ketika dia tidak menemukan apa pun, dia meminta saya untuk berdandan dan saya pikir saya akan dibebaskan, ketika tiba-tiba saya merasakan tentara di belakang saya menodongkan pistol ke punggung saya dan berteriak kepada saya untuk berjalan. 'Ke mana saya pergi?'

Saya bertanya kepada tentara tersebut, dan dia menjawab dengan menyuruh saya diam dan terus berjalan sampai dia memasukkan saya ke dalam mobil van besar bersama wanita lain di dalamnya,” kata Amena.

“Dia memborgol saya, memukul saya dengan senjatanya dan mencoba memberikan kartu identitas saya. Saat itu gelap, saya tidak dapat melihat apa pun dan tidak dapat menangkapnya. Jadi, dia kembali memukul saya dengan senjatanya dan memberikannya kepada saya. "

Van itu kemudian berangkat untuk perjalanan jauh.

Selamat Datang di Israel

Setelah empat atau lima jam, van itu sampai di tujuannya.

“Saya panik, saya merasa jauh dari anak-anak saya,” kata Amena.

Di sana, di lokasi yang dirahasiakan, dia melihat sekelompok pria Israel. Salah satu dari mereka berkata kepada para wanita tersebut:

“Selamat datang di Israel.”



"Terkejut dan ketakutan saat mengetahui bahwa saya berada di Israel, saya mulai bertanya-tanya dan berteriak: 'Bagaimana dengan anak-anak saya, apa yang akan terjadi pada mereka, saya tidak bisa membiarkan mereka sendirian, mereka tidak punya siapa-siapa.' Saya merasa menjadi gila. Mereka mengatakan anak-anak saya baik-baik saja, tetapi saya tidak mempercayai mereka."

Salah satu wanita dibebaskan pada saat itu, sementara sembilan lainnya, termasuk Amena, dibawa ke tempat yang tampaknya merupakan fasilitas penahanan.

Di sana mereka melihat sekelompok pemuda Palestina, sekitar 30 atau 40 tahun, duduk dalam cuaca dingin dan tidak mengenakan apa pun kecuali jas lab tipis.

Para wanita ditawari selimut, namun Amena tidak tahan melihat para pria menanggalkan pakaian mereka tanpa menawarkan bantuan.

"Saya mengatakan kepada para perempuan bahwa kita harus berbagi selimut dengan para laki-laki. Mereka kedinginan dalam cuaca dingin yang menyengat. Saya tidak tahan melihat mereka seperti itu. Saya memikirkan anak-anak saya dan mengkhawatirkan mereka."

Kedua kelompok kemudian mulai saling memperkenalkan diri, berharap mendapat informasi tentang keluarga mereka.

Namun tak lama kemudian, wanita tersebut dibawa keluar lagi, dengan borgol dan gelang bernomor di tangan mereka.



“Mereka memasukkan kami ke dalam bus, memaksa kami duduk dengan tubuh membungkuk. Jika saya menggerakkan kepala atau menyesuaikan tubuh saya, seorang tentara wanita akan berteriak dan memukul saya dengan senjatanya. Dia akan mengutuk dan menendang saya,” kata Hussain. MEE.

"Kemudian mereka memindahkan kami ke bus lain, di mana saya akhirnya diberi seteguk air. Hanya seteguk air. Itu adalah hal pertama yang harus kami makan atau minum dalam 24 jam sejak mereka membawa kami dari sekolah. Saya menderita diabetes dan saya menderita tekanan darah kronis. Saya sudah mengatakan hal ini kepada tentara selama ini tetapi mereka tidak peduli.

“Tetapi ketika saya akhirnya meneguk air itu, saya menghilangkan dahaga dan tertidur. Hal berikutnya yang saya tahu, hari sudah siang.”

Telanjang

Setelah hari yang panjang dan melelahkan, sekelompok perempuan tersebut tiba di tempat yang tampaknya merupakan fasilitas penahanan lain, tempat mereka menghabiskan 11 hari berikutnya.

Amena Hussain tidak tahu pasti di mana dia berada atau seperti apa fasilitas itu karena matanya sebagian besar ditutup dan hanya mendengar bahasa Ibrani di sekitarnya, yang dia tidak mengerti.

Setibanya mereka di sana, dia dibawa ke sebuah ruangan dan penutup matanya dibuka.

“Saya melihat cahaya terang dan jendela kaca yang saya curigai ada kamera pengintai,” katanya.



"Tentara wanita Israel mulai memukuli saya dan meneriaki saya agar melepas pakaian saya. Saya terkejut karena diminta melepas pakaian saya lagi. Dia menelanjangi saya hingga celana dalam. Dia terus meludahi saya dalam prosesnya," Amena Husain menambahkan.

"Selama masa penahanan saya, setiap kali kami dipindahkan antar lokasi, kami digeledah. Para petugas akan memasukkan tangan mereka ke dada dan celana saya. Mereka memukul dan menendang kami dan jika kami bergerak atau bersuara, mereka berteriak pada kami untuk tutup mulut."

Ketika tentara selesai menggeledah Amena Hussain di ruangan itu, mereka tidak mengembalikan pakaiannya.

“Saya memohon kepada tentara wanita tersebut untuk mengembalikan bra saya. Saya berkata bahwa saya tidak dapat bergerak tanpa bra tersebut tetapi dia terus berteriak bahwa saya tidak dapat memakainya. Dia melemparkan celana panjang dan T-shirt kepada saya dan mengatakan Anda hanya boleh memakai ini. Dia terus menendang saya, memukul saya dengan tongkatnya saat saya mengenakan pakaian."

"Itu benar-benar penyiksaan. Dia sangat pendendam dan sangat kejam serta penuh kebencian, sama seperti mereka semua. Mereka menganiaya saya dengan segala cara. Sangat mengejutkan melihat perempuan menganiaya perempuan lain, perempuan lain yang seusia atau bahkan lebih tua dari mereka. Betapa terkejutnya saya."

Amena Hussain kemudian dibawa ke ruangan lain di mana dia akan memberikan informasi tentang uang dan perhiasan apa yang dia miliki. Uang senilai $1.000 atau lebih yang dia bawa, bersama dengan anting-anting emasnya, diambil mereka. Dia kemudian dibawa keluar, masih ditendang dan dianiaya oleh tentara.



Kemudian, dia mendengar suara yang mirip dengan suara putrinya.

"Saya pikir saya mendengar gadis-gadis saya memanggil saya, jadi saya mulai berteriak kembali 'putri saya, putri saya', hanya untuk mengetahui bahwa itu bukan putri saya."

Kesaksian Amena Hussain tentang pelecehan yang dialaminya muncul ketika para ahli PBB pekan lalu menyatakan keprihatinannya atas laporan pelecehan seksual yang dialami perempuan dan anak perempuan Palestina yang dilakukan oleh tentara Israel.

“Setidaknya dua tahanan perempuan Palestina dilaporkan diperkosa sementara yang lain dilaporkan diancam dengan pemerkosaan dan kekerasan seksual,” kata para ahli.

Tahanan perempuan juga "menjadi sasaran perlakuan yang tidak manusiawi dan merendahkan martabat, tidak diberikan pembalut menstruasi, makanan dan obat-obatan, serta pemukulan yang kejam".

Kandang dan Interogasi

Akhirnya, Amena Hussain dibawa ke sebuah ruangan kecil bersama delapan wanita lainnya yang ditahan bersamanya serta empat wanita lainnya.

Ke-13 orang tersebut ditempatkan di sebuah ruangan kecil yang gelap, yang tampak seperti kandang tempat hewan dipelihara, menurut Amena Hussain. “Ada kasur tipis di dalam kandang, ada selimut, tapi tidak ada bantal. Rasanya seperti tidur di lantai yang dingin. Kami diborgol sepanjang waktu,” katanya.



“Kamar mandinya kotor semua dan kami takut sakit hanya karena menggunakan kamar mandi. Tidak ada air yang mengalir. Anda berjalan-jalan membawa sebotol air untuk minum dan mencuci.

“Gadis-gadis itu berusaha membantu dan mendukung satu sama lain. Kami ingin salat tetapi tidak ada air untuk berwudhu, jadi kami menggunakan tanah sebagai gantinya.

“Untuk makanan, mereka membawa sejumlah kecil setiap hari yang hampir tidak cukup untuk satu orang. Kami hampir tidak punya makanan. Sangat sulit untuk hidup tanpa makanan dan air, tanpa pakaian dan selimut.

"Tubuh saya sakit dan kelelahan. Dipukul dan dianiaya. Saya merasa akan pingsan. Saya sangat khawatir dengan anak-anak saya, bertanya-tanya apakah mereka aman, apakah mereka mempunyai makanan dan air, apakah mereka hangat dan ada seseorang untuk merawat mereka."

Kelompok perempuan tersebut menghabiskan 11 hari di fasilitas ini, dimana selama itu Amena Hussain dibawa untuk diinterogasi sebanyak dua kali, sebuah pengalaman yang tidak kalah traumatisnya.

“Mereka menanyakan banyak pertanyaan kepada saya tentang keluarga saya, suami saya dan saudara-saudara saya,” kenang Amena Hussain.

“Para tentara terus mengancam akan menyakiti anak-anak saya, meneriaki saya bahwa jika saya tidak mengatakan yang sebenarnya, mereka akan menyiksa dan membunuh anak-anak saya.

"Mereka terus bertanya tentang saudara laki-laki dan perempuan saya. Salah satu saudara laki-laki saya adalah seorang pengacara dan dua lainnya adalah profesor dan satu adalah seorang dokter dan satu tukang cukur. Mereka adalah pekerja, mereka tidak memiliki hubungan dengan hal lain. Mereka terus bersikeras bahwa mereka adalah orang-orang yang bekerja. 'aktivis', dan ketika saya tanya maksudnya, mereka bilang saya tahu jawabannya.



“Selama interogasi, mereka mengikat saya ke kursi dan seorang tentara wanita berdiri di samping saya, menendang dan mendorong saya dengan senjatanya agar menjawab dengan benar.

"Mereka juga bertanya tentang akun media sosial saya dan saya bilang kepada mereka bahwa saya hanya punya Facebook. Mereka mengancam akan terus mengawasi saya di akun itu."

Setelah menderita di fasilitas penahanan yang dirahasiakan selama 11 hari, Amena Hussain kemudian dipindahkan lagi, kali ini ke penjara.

Ujung Jalan

Saat dia tiba di sana, Amena Hussain kelelahan, kesakitan dan kelaparan. Dia tidak meminum obat diabetesnya selama berhari-hari, dan kesehatannya semakin memburuk. Teman satu selnya terus berteriak memanggil dokter, yang akhirnya datang dan menawari mereka lebih banyak makanan dan obat.

Mereka akhirnya bisa mandi untuk pertama kalinya dalam beberapa minggu.

"Itu adalah momen terbaik sepanjang waktu saya di sana. Saya merasa bebas sejenak."

Amena Hussain ditahan di penjara ini selama 32 hari. Makanan diberikan tiga kali sehari, namun setiap kali makan tidak cukup untuk satu orang. Nasi yang disajikan masih mentah.

Pada hari ke-42, akhirnya tiba waktunya pulang.

“Semua yang Anda miliki, surat-surat atau apa pun, Anda tidak dapat membawanya, tinggalkan semuanya di sini,” kata seorang tentara kepada kelompok perempuan tersebut ketika mereka bersiap untuk pergi.

"Para tentara mencuri segalanya dari saya. Saya tidak mendapatkan kembali uang tunai atau barang milik saya. Mereka hanya mengembalikan anting-anting saya di dalam amplop dan mencuri semua uang saya," kata Amena Hussain.



Namun pada titik ini, Amena Hussain mengira bagian terburuk telah berlalu, dan dia terkejut karena perjalanan pulangnya sama traumatisnya dengan perjalanan masuknya.

“Setelah tiga jam perjalanan, kami dibawa ke ruangan besar lainnya. Di sana, mereka melepas penutup mata saya dan saya melihat sekelompok wanita Palestina telanjang. Tentara wanita tersebut menendang saya dan meminta saya membuka pakaian. Saya menolak tetapi dia terus melakukannya, menendang dan memukul saya. Para prajurit terus keluar masuk ruangan, sementara kami menanggalkan pakaian."

Rombongan wanita tersebut akhirnya bisa mengenakan pakaiannya kembali jelang pembebasannya.

Namun sebelum mereka naik bus, seorang jurnalis Israel dengan kamera datang untuk mengabadikan kejadian tersebut dan merekam wajah Amena Hussain.

"Seorang tentara meminta saya untuk mengatakan 'semuanya baik-baik saja' ke kamera dan saya melakukannya. Begitu jurnalis tersebut selesai syuting, saya didorong ke dalam bus. Kami diturunkan di persimpangan Karem Abu Salem (Karem Shalom). Saya menoleh ke tentara itu dan bertanya tentang barang-barangku dan uangku. Dia berkata: 'Lari. Lari saja.'

"Lalu aku lari, bersama semua wanita lainnya."

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4010 seconds (0.1#10.140)