Bacaan Doa Sa’i Tujuh Putaran, Lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahannya.

Sabtu, 27 April 2024 - 07:23 WIB
loading...
Bacaan Doa Sa’i Tujuh Putaran, Lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahannya.
Sa’i juga menjadi salah satu rukun haji. Artinya, kegiatan ini harus dilakukan agar menjadikan ibadah hajinya sah. Dalam pelaksanaannya, Sa’i dikerjakan setelah melakukan Thawaf. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa Sa’i dibacakan saat jamaah melakukan aktivitas berupa lari-lari kecil di antara bukit Safa dan Marwah. Untuk diketahui, Sa’i juga menjadi salah satu rukun haji. Artinya, kegiatan ini harus dilakukan agar menjadikan ibadah hajinya sah. Dalam pelaksanaannya, Sa’i dikerjakan setelah melakukan Thawaf.

Sa’i sendiri berasal dari kata sa'aa-yas'aa-sa'yun yang memiliki arti ‘usaha keras’. Melihat dari sejarahnya, penyematan kata tersebut sangat erat hubungannya dengan kejadian Ibunda nabi Ismail AS, yakni Hajar. Saat itu, dia berusaha keras untuk menemukan air demi menyelamatkan hidupnya sekaligus nyawa anaknya.

Dikisahkan, saat itu dia sampai mengelilingi ujung bukit As-Shofa dan Al-Marwa sebanyak 7 kali. Hal inilah yang menjadi latar belakang dari Sa’i yang menjadi salah satu rukun ibadah haji .

Pada teknisnya, rukun haji Sa’i dilakukan dengan berjalan antara bukit Safa dan Marwah sebanyak 7 kali. Dimulai dari Safa terlebih dahulu dan diakhiri di Marwah.

Bacaan Doa Sa’i Lengkap dengan Latin dan Terjemahannya

اِنَّ الصَّفَا وَالۡمَرۡوَةَ مِنۡ شَعَآٮِٕرِ اللّٰهِۚ فَمَنۡ حَجَّ الۡبَيۡتَ اَوِ اعۡتَمَرَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيۡهِ اَنۡ يَّطَّوَّفَ بِهِمَا ؕ وَمَنۡ تَطَوَّعَ خَيۡرًا ۙ فَاِنَّ اللّٰهَ شَاكِرٌ عَلِيۡمٌ


“Innas Safaa wal-Marwata min sha'aaa'iril laahi faman hajjal Baita awi'tamara falaa junaaha 'alaihi ai yattawwafa bihimaa; wa man tatawwa'a khairan fa innal laaha Shaakirun'Aliim”

Artinya: “Sesungguhnya Safa dan Marwah merupakan sebagian syi‘ar (agama) Allah. Maka barangsiapa beribadah haji ke Baitullah atau berumrah, tidak ada dosa baginya mengerjakan sa‘i antara keduanya. Dan barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka Allah Maha Mensyukuri, Maha Mengetahui.

Tata Cara Melakukan Sa’i

1. Dimulai dari bukit Safa, angkat tangan ke arah Ka’bah, lalu bacalah “Bismillah Allahu Akbar.” Setelahnya, lanjutkan dengan bacaan doa Sa’i yang tertera di atas.

2. Mulai berjalan sekitar dua lampu di dinding, lalu untuk Pria yang sedang Sa’i disunahkan lari-lari kecil sembari membaca “"Laa ilaaha illallahu sodaqo wa'dahu, wanashara abdahu, wa a'azza jundahu, wa hazamal ahzaaba wahdahu."

3. Selanjutnya, kembali berjalan seperti biasa sampai menaiki bukit Marwah. Lalu, baca kembali doa Sa’i seperti yang dibacakan di Safa.

4. Setelah itu, segera berbalik dan angkat tangan ke arah Ka’bah dan bacalah doa “Bismillah Allahu Akbar.”

5. Lakukan aktivitas tersebut hingga tujuh putaran dan nantinya akan berakhir di bukit Marwah.

Demikian ulasan mengenai bacaan doa Sa’i tujuh putaran, lengkap dengan arab, latin, dan terjemahannya. Semoga bermanfaat.



Wallahu a’lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2149 seconds (0.1#10.140)