Kisah Cinta Utsman bin Affan dan Ruqayyah: Dua Kali Hijrah

Kamis, 26 September 2024 - 15:15 WIB
loading...
A A A
Menurut Haekal, apa pun yang mendorong Utsman cepat-cepat hijrah, yang jelas ia berangkat dengan putri Rasulullah itu ke Abisinia, dan selama dua kali hijrah ia tetap tinggal di sana.

Sesudah itu kemudian hijrah lagi dari Makkah ke Madinah. Setelah Rasulullah merencanakan perumahan kaum Muhajirin Quraisy ke Yasrib, letak rumah Utsman berhadapan dengan rumah Rasulullah, dan pintu rumahnya berhadapan dengan pintu rumah Rasulullah.

Ruqayyah Wafat

Utsman tinggal di Madinah dengan merasakan kasih sayang Nabi dan menikmati kemudahan hidup dari kekayaannya. Oleh Rasulullah ia dijadikan sekretarisnya dan kadang sebagai penulis wahyu.



Akan tetapi Rasulullah tidak melibatkannya dalam ekspedisinya yang terjadi sebelum Perang Badar . Tatkala Rasulullah berangkat memimpin Muslimin menghadapi Quraisy dalam Perang Badar, Ruqayyah sedang dalam sakit berat.

Rasulullah mengizinkan Utsman tinggal di rumah untuk merawat istrinya. Tetapi ia tak dapat juga menolongnya; Ruqayyah meninggal dan dimakamkan ketika datang berita tentang kemenangan Muslimin dalam Perang Badar itu.

Rasulullah membagikan hasil rampasan Perang Badar itu dan Utsman mendapat bagian seperti bagian mereka yang ikut berperang. Oleh karena itu Utsman dipandang sebagai salah seorang veteran Badar.

(mhy)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1772 seconds (0.1#10.140)