Ingin Dapat Pahala Lailatul Qadar? Amalkan Zikir Ini

loading...
Ingin Dapat Pahala Lailatul Qadar? Amalkan Zikir Ini
Dalam Al-Quran dinyatakan bahwa malam Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan (83 tahun). Foto/dok SINDOnews
Salah satu keistimewaan Ramadhan adalah adanya satu malam yang diberkahi yang dikenal dengan Lailatul Qadar (malam kemuliaan). Dalam Al-Qur'an dinyatakan bahwa malam Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan (83 tahun).

Dalam Hadis Nabi disebutkan, "Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh iman dan ikhlas, niscaya seluruh dosa-dosanya yang telah lalu akan diampunkan. Dan barang siapa yang mendirikan salat di malam Lailatul Qadar , niscaya seluruh dosa-dosanya yang telah lalu akan diampunkan." (Muttafaqun 'alaih)

Betapa mulianya Lailatul Qadar dan keberkahan yang dimilikinya. Nabi berpesan: "Carilah Lailatul Qadar pada hari-hari ganjil dari sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan ." (Muttafaqun 'alaih). (Baca Juga: Begini 5 Cara untuk Meraih Malam Lailatul Qadar)

Ummul Mukminin Aisyah radhiallahu 'anha pernah bertanya kepada baginda Nabi .

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ : قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى



"Wahai Rasulullah, andai aku mengetahui bahwa aku mendapatkan malam Lailatul Qadar , apa yang seyogyanya aku ucapkan?"

Beliau menjawab, "Katakanlah: 'Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni' (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku).” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Zikir Bernilai Pahala Lailatul Qadar
Ada zikir yang diganjar pahala Lailatul Qadar bagi yang mengamalkannya meskipun bukan waktu Lailatul Qadar. Diriwayatkan oleh Abdullah bin Abbas dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, Beliau bersabda: "Siapa orang yang membaca:

‎xلاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ اْلحَلِيْمُ اْلكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ السَّمَاوَاتِ السَّبْع وَرَبِّ اْلعَرشِ اْلعَظِيْمُ ٣

Lailaha illallah Alhaliimul Kariimu Subhanallahi Robbis-Samawaatis-sab'a wa Robbii-'Arsyil 'Azhiim.

Artinya:
"Tidak ada Tuhan kecuali Allah yang Maha Penyantun lagi Maha Mulia. Maha suci Allah, Tuhan yang memiliki langit yang tujuh lapis dan Tuhan yang memiliki Arsy yang Maha Agung." sebanyak 3 kali.

Maka seperti orang yang mendapatkan malam Lailatul Qodar . (Ibnu Asakir dalam Kitab Tarikh dan dari Zuhri)

Menurut akun @habibumar_indonesia di media Instagram Minggu (10/5/2020), para ulama mengatakan barangsiapa yang membaca Zikir di atas walaupun malam itu bukan Lailatul Qodar maka ia seperti mendapatkan malam Lailatul Qodar. (Dinukil dari Kitab Kanzun Najah was Surur).

Mudah-mudahan kita diberi taufik sehingga digolongkan ke dalam orang-orang saleh. (Baca Juga: Tanda Seseorang Mendapatkan Lailatul Qadar )
(rhs)
cover top ayah
اِنَّ اللّٰهَ لَا يَغۡفِرُ اَنۡ يُّشۡرَكَ بِهٖ وَيَغۡفِرُ مَا دُوۡنَ ذٰ لِكَ لِمَنۡ يَّشَآءُ‌ ۚ وَمَنۡ يُّشۡرِكۡ بِاللّٰهِ فَقَدِ افۡتَـرٰۤى اِثۡمًا عَظِيۡمًا‏
Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), dan Dia mengampuni apa (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Barangsiapa mempersekutukan Allah, maka sungguh, dia telah berbuat dosa yang besar.

(QS. An-Nisa:48)
cover bottom ayah
preload video