Mutiara Wasiat Abu Ubaidah Jelang Kematiannya karena Wabah Tha'un

loading...
Mutiara Wasiat Abu Ubaidah Jelang Kematiannya karena Wabah Thaun
Ilustrasi/Ist
Abu Ubaidah adalah salah seorang pembesar sahabat yang memiliki kedudukan penting di sisi Rasulullah SAW , salah seorang dari sepuluh orang yang dijamin masuk surga.

Baca juga: 10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga, Siapa Mereka?

Beliau tercatat ikut menghadiri perang Badar, Uhud, dan semua peristiwa penting bersama Rasulullah SAW, serta berhijrah ke Ethiopia yang kedua.

Salah satu dari lima orang yang masuk Islam di hari yang sama di hadapan Abu Bakar ash-Shiddiq Radhiyallahu ‘anhu , dia termasuk salah seorang yang mengumpulkan al-Qur'an.

Pemimpin pasukan Islam saat perang Yarmuk, yang Allah SWT menghancurkan pasukan Romawi dan sangat banyak yang terbunuh dari mereka.

Dia yang pertama kali salat sebagai imam di masjid Damaskus, dia adalah panglima tertinggi pasukan Islam di Siria.

Rasulullah SAW memberikan gelar yang diinginkan semua orang, sesungguhnya dia adalah ‘Amin (yang paling dipercaya) dari umat ini, Abu Ubaidah Amir bin Abdullah bin Jarrah bin Hilal bin Uhaib al-Qurasyi al-Fihry Radhiyallahu ‘anhu.

Dia meneruskan catatan perjalanan hidupnya yang cemerlang setelah wafatnya Rasulullah SAW bersama Abu Bakar ash-Shiddiq Radhiyallahu ‘anhu –yang dia masuk Islam lewat tangannya- maka dia adalah sebaik-baik pembantunya.

Baca juga: Abu Ubaidah bin Jarrah (2): Si Ompong Tapi Ganteng Itu Jadi Korban Thoun

Kemudian dia meneruskan torehan sejarah emasnya bersama Umar bin Khattab Radhiyallahu ‘anhu , sehingga Umar Radhiyallahu ‘anhu berkata padanya: ‘Jika aku meninggal dunia dan Abu Ubaidah masih hidup, aku akan menunjuk dia sebagai penggantiku, jika nanti Allah Subhanahu wa Ta’ala bertanya kepadaku : ‘Kenapa engkau menunjuk dia sebagai khalifah terhadap umat Muhammad SAW? Aku akan menjawab : ‘Sesungguhnya aku mendengar rasul-Mu bersabda:
halaman ke-1
cover top ayah
وَلَا تَكُوۡنُوۡا كَالَّذِيۡنَ نَسُوا اللّٰهَ فَاَنۡسٰٮهُمۡ اَنۡفُسَهُمۡ‌ؕ اُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الۡفٰسِقُوۡنَ
Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, sehingga Allah menjadikan mereka lupa akan diri sendiri. Mereka itulah orang-orang fasik.

(QS. Al-Hasyr:19)
cover bottom ayah
preload video