Kisah Thufail bin Amr, Pemimpin Kompi Mabrur dalam Pasukan Rasulullah SAW

Jum'at, 29 April 2022 - 18:32 WIB
loading...
A A A


Thufail bagaikan terpaku di tempat itu sampai Rasulullah pulang. Lalu ia mengikuti Rasulullah sampai ke rumahnya. Setelah beliau masuk, Thufail pun masuk pula.

Setelah mereka duduk, Thufail berkata kepada Rasulullah: “Ya, Muhammad! Sesungguhnya kaum Anda berkata kepadaku tentang diri Anda begini dan begitu. Mereka menakut-nakutiku berhubung dengan urusan agama Anda. Oleh karenanya aku menyumbat telingaku dengan kapas agar tidak mendengar perkataan Anda. Tetapi Allah menghendáki supaya aku mendengar sesuatu dari Anda. Ternyata apa yang Anda ucapkan semuanya benar dan bagus. Maka ajarkanlah kepadaku agama Anda itu!”

Selanjutnya Rasulullah mengajarkan kepada Thufail perihal agama Islam. Dibacakannya surat Al-Ikhlas dan Al-Falaq. "Demi Allah! Belum pernah aku mendengar kalimat-kalimat seindah itu. Dan belum pernah aku mengenal agama yang lebih baik daripada Islam ini," ujar Thufail.

Masuk Islam
Setelah itu ia ulurkan tangannya kepada Rasululullah, lalu mengucapkan dua kalimah syahadat. "Sejak itu aku masuk Islam. Kemudian aku menetap di Mekkah beberapa lama, mempelajari agama Islam kepada beliau. Aku menghafal ayat-ayat Al-Qur’an yang dapat ku hafal," ujar Thufail berkisah.

Ketika Thufail bermaksud hendak kembali kepada kaumnya, ia mengatakan kepada Nabi Muhammad, “Rasulullah! Aku ini pemimpin yang dipatuhi oleh kaumku. Aku bermaksud hendak kembali kepada mereka dan mengajak mereka masuk Islam. Tolonglah do’akan kepada Allah SWT, semoga Allah memberiku bukti-bukti nyata yang dapat memperkuat dakwahku kepada mereka, supaya mereka masuk Islam.”

Rasulullah lalu berdoa. Menurut Thufail, di tengah perjalanan pulang, ketika ia sampai di tempat yang dimuliakan kaumnya, keluarlah suatu cahaya di antara kedua matanya seperti lampu.

Ia berdoa: “Wahai Allah! Pindahkanlah cahaya ini ke tempat lain, karena kalau cahaya ini terletak di antara kedua mataku, aku khawatir kalau-kalau kaumku menyangka mataku telah kèna tulah karena meninggalkan agama berhala...”

Maka dengan izin Allah cahaya itu dipindahkan ke ujung tongkatnya, bagaikan sebuah kandil tergantung. Setelah ia berada di tengah-tengah kaumnya, yang pertama tama mendatanginya adalah ayahnya yang sudah berusia lanjut. “Menjauhlah daripadaku! Aku bukan lagi putera ayah, dan ayah bukan bapakku lagi!” ujar Thufail.

“Mengapa begitu, hai anakku?“ tanya sang Ayah.

“Aku telah masuk Islam. Aku adalah pengikut agama Nabi Muhammad SAW,” jawabnya.

"Wahai anakku! Bagaimana kalau aku masuk agamamu. Supaya agama menjadi agamaku pula?” tanya sang ayah.

“Kalau begitu pergilah ayah mandi lebih dahulu. Bersihkan badan dan pakaian ayah. Sesudah itu kembalilah ke sini, supaya aku ajarkan kepada ayah apa yang telah ku pelajari tentang Islam,” ujar Thufail kemudian.



Sang ayah pergi mandi membersihkan badan dan pakaiannya. Sesudah itu Thufail mengajarkan kepadanya tentang Islam. Lalu dia masuk Islam.

Kemudian datang pula isterinya. Sama seperti kepada ayahnya, Thufail berkata kepadanya, “Menjauh daripadaku! Aku bukan suamimu lagi, dan engkau tidak pula isteriku lagi.”

“Mengapa begitu, hai Thufail?” tanya isterinya heran.

“Islam telah memisahkan aku dan engkau. Aku telah masuk Islam dan menjadi pengikut Nabi Muhammad SAW,” katanya menjelaskan.

“Bolehlah aku masuk agamamu?” tanya sang isteri.

"Pergilah engkau mandi lebih dahulu ke telaga ‘Dzi Syara. Bersihkan badanmu di telaga itu!” perintah Thufail.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)