5 Marga Habib yang Paling Banyak Persebarannya di Indonesia

Senin, 16 Januari 2023 - 18:10 WIB
loading...
A A A
Gelar Assegaf yang disandangnya itu karena ia dikenal sebagai pengayom para wali pada zamannya yang diibaratkan sebagai atap (piyan) bangunan yang dalam bahasa Arab disebut "Sagfun" (bahasa Arab: سقف; Transliterasi: saqf).

Abdurrahman Asseggaf bin Muhammad Mauladdawilah wafat di Kota Tarim pada tahun 819 Hijriyyah.

Di Indonesia, sejumlah tokoh yang menyandang marga ini antara lain tokoh agama Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf, penyanyi religi Haddad Alwi Assegaf, dan politikus Iqbal Assegaf.



4. Alaydrus

Keluarga Alaydrus banyak melahirkan tokoh agama dan para cendekiawan Islam yang menyebarkan agama Islam di dunia ini khususnya di India dan Nusantara.

Penyebutan marga Alaydrus dimulai dari Al Habib Abdullah Alaydrus, seorang yang terkenal sebagai wali ghauts, pendiri tarekat Aydrusiyyah. Gelar Alaydrus yang disematkan kepadanya berasal dari kata “Syamsus syumus” (mataharinya matahari) dan “Muhyin nufus” (penghidup jiwa).

Imam Abdullah Alaydrus dilahirkan pada tahun 811 Hijrah di Kota Tarim Al Ghanna dan wafat pada Hari Ahad 12 Ramadhan 865 Hijrah.

5. Al-Habsyi

Sejarah marga Habib Al-Habsyi berawal dari Al-Habib Abu Bakar Al-Habsyi bin Ahmad. Dijuluki demikian karena beliau sering pergi ke negara Habasyah dan pernah tinggal di sana selama 20 tahun untuk menyebarkan agama Islam.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1823 seconds (0.1#10.140)