Topik Terkait: Adab Adab Buang Hajat (halaman 500)

  • Apakah Rasulullah Salat Tarawih 20 Rakaat? Ini Penjelasannya
    Tausiyah
    Selasa, 07 Mei 2019 - 13:44 WIB
    Ustaz Abdul Somad (UAS) memberi penjelasan seputar salat Tarawih dan ilmu fiqihnya seperti dikutip dari bukunya 30 Fatwa Seputar Ramadhan yang merujuk kepada fatwa tiga ulama besar Al-Azhar.
  • Hadis-hadis Seputar Puasa yang Perlu Diketahui (Bagian 6-Penutup)
    Tausiyah
    Selasa, 07 Mei 2019 - 18:30 WIB
    Bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan harus mengetahui apa saja keutamaan, hadits maupun sunnah-sunnah di bulan Ramadhan.
  • Puasa dengan Syukur (Bagian 1)
    Tausiyah
    Rabu, 08 Mei 2019 - 03:34 WIB
    Dari sekian banyak motivasi, tiada lagi yang lebih tinggi dan mulia dari sebuah kesadaran sejati bahwa puasa itu adalah bentuk &ldquorasa syukur&rdquo.
  • Hikmah Lapar dan Mendidik Nafsu saat Puasa
    Tausiyah
    Rabu, 08 Mei 2019 - 16:48 WIB
    Betapa agungnya ibadah puasa hingga Allah Ta&rsquoala berfiman dalam satu hadits Qudsi yang diriwayatkan langsung oleh Nabi Muhammad shallallallahu alaihi wa salam (SAW).
  • Hukum Melafazkan Niat? Ini Penjelasan Ustaz Abdul Somad
    Tausiyah
    Rabu, 08 Mei 2019 - 17:15 WIB
    Dalam Buku &ldquo77 Tanya-Jawab Seputar Shalat&rdquo yang disusun ulama sekaligus dai lulusan S2 Darul-Hadits Maroko, Ustaz Abdul Somad (UAS) menerangkan perkara tentang niat.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Kisah Perempuan yang Selalu Berbicara dengan Bahasa Alquran
    Hikmah
    Rabu, 08 Mei 2019 - 21:27 WIB
    Dalam Kitab Syarah &lsquoUqudullijain karya Syekh Muhammad bin Umar An-Nawawi diceritakan banyak kisah-kisah para Nabi, aulia dan perempuan salehah.
  • Puasa itu Pintu Kasih Sayang
    Tausiyah
    Kamis, 09 Mei 2019 - 13:47 WIB
    Bagi seorang mukmin, kita sadari betul bahwa agama ini dari awal hingga akhir, from A to Z, semuanya terbangun di atas rahmatNya.
  • Puasa Ramadhan dan Solusi Gerakan Kejujuran Nasional
    Tausiyah
    Kamis, 09 Mei 2019 - 16:15 WIB
    Dalam sebuah syarh hadits Qudsi, Imam an-Nawawi menyebutkan &ldquoAs-Shiyam sirrun bainy wa baini &lsquoabdi. Puasa adalah rahasia antara Aku dan hamba-Ku.&rdquo
  • Palestina, Sultan Hamid II dan Doa Umat Islam
    Tausiyah
    Jum'at, 10 Mei 2019 - 16:10 WIB
    Berawal dari mimpi seorang jurnalis berkebangsaan Yahudi Theodore Herzl yang ingin mendirikan negara Israel Raya, dia menerbitkan sebuah buku yang berjudul &ldquoDer Judenstaat&rdquo (Negara Yahudi).
  • Kisah Hasan Al-Bashri dan Karomah Rabiah Adawiyah
    Hikmah
    Jum'at, 10 Mei 2019 - 20:35 WIB
    Pertemuan Ulama tabiin Hasan Al-Bashri dengan sufi perempuan Rabi&rsquoah Adawiyah merupakan kisah menarik yang sarat hikmah dan pelajaran.
  • Puasa itu Membangun Solidaritas
    Tausiyah
    Minggu, 12 Mei 2019 - 03:32 WIB
    Puasa yang tidak melahirkan rasa kasih dan tenggang rasa terhadap sesama boleh jadi puasa yang masih sebatas sekadar menunaikan kewajiban.
  • Habib Jindan: Ramadhan Bulan Terbaik untuk Muhasabah
    Tausiyah
    Minggu, 12 Mei 2019 - 15:13 WIB
    Bulan Ramadhan menyimpan banyak kemuliaan dan keutamaan, salah satunya diturunkannya Alqur&rsquoan. Beruntunglah mereka yang menjadikan bulan ini sebagai momentum muhasabah.
  • 5 Kiat Agar Khusyuk dalam Salat
    Tausiyah
    Senin, 13 Mei 2019 - 14:29 WIB
    Ibadah salat merupakan kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang beriman. Bagaimana kiat dan acara agar khusyuk dalam salat, berikut penjelasannya.
  • Wasiat Malaikat Jibril kepada Rasulullah SAW
    Hikmah
    Senin, 13 Mei 2019 - 16:52 WIB
    Dalam Kitab Nashoihul Ibad karya Syeikh Nawawi Al Bantany dijelaskan satu hadits tentang wasiat Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Seperti apa wasiatnya?
  • Bagaimana Cara Puasa Rasulullah SAW?
    Tausiyah
    Senin, 13 Mei 2019 - 21:31 WIB
    Saat ini umat Islam sedang menjalankan ibadah mulia puasa Ramadhan. Lalu, bagaimanakah cara Rasulullah SAW berpuasa?
  • Tradisi Berpuasa Umat Muslim di Negeri Macau
    Hikmah
    Selasa, 14 Mei 2019 - 03:30 WIB
    Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinanti karena pahala yang berlipat ganda ketika seorang muslim melaksanakan ibadah di bulan ini.
  • Puasa Momentum Tingkatkan Portofolio Diri
    Tausiyah
    Selasa, 14 Mei 2019 - 16:03 WIB
    Ibadah puasa Ramadhan diharapkan menjadi momentum untuk menaklukan diri dan juga sebagai self assesment memperbaiki portofolio atas perilaku-prilaku yang kurang baik selama ini.
  • Puasa Itu Kunci Terkabulnya Doa
    Tausiyah
    Selasa, 14 Mei 2019 - 17:15 WIB
    Dan jika hamba-hambaKu bertanya kepada-Mu tentang AKU, sampaikan bahwa AKU sangat dekat.
  • Tausiyah AA Gym: Ramadhan Jangan Sibuk dengan Penilaian Orang
    Tausiyah
    Selasa, 14 Mei 2019 - 20:49 WIB
    KH Abdullah Gymnastiar (Founder Daarut Tauhid) menyampaikan kuliah dhuha di Masjid Asy-Syarif, kompleks Sekolah Islam Al-Azhar, BSD, Tangerang Selatan, baru-baru ini.
  • Tangisan Rasulullah yang Mengguncang Arsy
    Hikmah
    Rabu, 15 Mei 2019 - 10:37 WIB
    Sepanjang sejarah manusia, tidak ada nama yang kehidupannya diceritakan secara detail seperti kisah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam (SAW).